Cara Memasukkan Biss Key di Receiver Nex Parabola

Cara Memasukkan Biss Key di Receiver Nex Parabola

Berikut ini adalah cara memasukkan biss key di receiver NEX Parabola. Channel yang awalnya terkunci bisa terbuka asalkan memakai kode terbaru yang masih aktif.

Sejak akhir tahun 2019 receiver khusus dari Pay TV lebih diminati masyarakat di bandingkan biasa. Alasannya karena siaran TV Nasional yang lengkap, kualitas HD dan tentu saja bonus channel premium. Sulitnya mencari siaran alternatif bola juga membuat banyak tracker nyerah lalu memilih beli paket saja.

Receiver rekomendasi Pay TV jarang sekali ada yang support acakan BISS. Nah menariknya beberapa varian NEX Parabola dapat digunakan untuk bisskey bahkan bisa untuk feed siluman La Liga. Tidak heran decoder dari Pay TV milik EMTEK ini diburu pengguna parabola.

Cara Memasukkan Biss Key di Receiver Nex Parabola

Perlu diingat receiver yang digunakan oleh NEX Parabola itu keluaran Matrix. Pada beberapa produk, terlihat mereka menggunakan casing lama yang dicat ulang (cek gambar di bawah, samar-samar terlihat logo lama). Kurang lebih cara input bisskey mirip dengan decoder Matrix lain seperti Burger S2.

Receiver NEX Parabola Hitam Dangdut keluaran Matrix

Berikut ini adalah langkah input kode bisskey di decoder NEX Parabola,

Tutorial ini menggunakan Mola Hitam yang paling populer untuk BISS. Menurut pengalaman user dalam forum NEX Parabola di Facebook, semua varian decoder punya SW/ Firmware yang support BISS kecuali Merah.

Buka Channel yang Teracak

Cara Membuka Siaran Terkunci di Receiver NEX Parabola

Pertama bukalah channel yang terkunci, terlihat ada lambang $ (dollar) yang aktif. Siaran gelap dengan jendela status “Encrypt Program”. Kurang lebih seperti pada gambar di atas.

Tekan Tombol Biru di Remote Receiver

Jika berada di channel yang teracak ($) maka tombol biru berfungsi membuka jendela input BISS. Namun jika bukan maka tombol ini berfungsi membuka email masuk.

Masukkan 16 Digit Kode Biss Key

Cara input kode bisskey di decoder NEX Parabola Mola Hitam

Kalian bisa memasukkan dengan Keyboard di Layar yang dibuka dengan tombol OK atau bisa diketik dengan tombol remot langsung. Pastikan menggunakan kode terbaru agar siaran terkunci dapat terbuka.

Tekan Tombol Kuning untuk Menyimpan

Setelah bisskey tersimpan maka siaran seharusnya cling. Jika tidak kemungkinan besar kode biss key yang dimasukkan salah atau sudah rolling lagi.

Tidak Bisa Input Biss Key di NEX Parabola

Bagi yang ingin membuka CNN dan CNBC Indonesia, kadang ada masalah yaitu kedua channel tidak ada lambang dollarnya. Solusi masalah ini adalah hapus channel tersebut, lalu scan ulang transponder dimana keduanya berada. Setelah muncul $, lakukan langkah-langkah input kode biss key di atas.

Receiver keluaran terbaru dari NEX Parabola kebanyakan tidak support BISS. Secara hardware sebenarnya masih support, namun SW/ firmware-nya tidak. Kita harus downgrade SW ke versi 2, yang sekarang rata-rata sudah versi 3 dan 4. Bagi yang kesulitan mintalah bantuan teknisi atau toko dimana anda beli.

Oh iya downgrade ini artinya kita akan menggunakan firmware lama yang sudah ketinggalan jaman. Banyak yang tidak bisa mengurutkan channel. Inilah mengapa di luar sana para mastah bikin SW Custom sendiri. SW terbaru bisa kalian cari di grup facebook NEX Parabola, di sana para master berbagi ilmunya.

Kesimpulan

Receiver NEX Parabola adalah buatan Matrix yang tidak jauh berbeda dengan keluaran Matrix lainnya. Ini termasuk firmware, tidak heran menu input kode Bisskey sekilas sama dengan yang terdahulu. Simpelnya cukup buka channel teracak, tekan tombol BISS lalu input ke16 digit kode. Otomatis siaran terkunci akan cling.

Kebanyakan receiver NEX Parabola yang sekarang itu hanya SW-nya saja yang tidak bisa BISS tapi hardwarenya masih bisa. Inilah mengapa disarankan downgrade ke SW versi 2 yang mendukung BISS. Yang paling gampang dicari SW-nya adalah warna Hitam dan Kuning, selain itu Biru, Hijau dan Putih juga kabarnya bisa.

Sekian artikel tentang Cara Memasukkan Biss Key di Receiver Nex Parabola. Terbukti cara untuk input sangatlah mudah, yang merepotkan adalah setting SW. Bicara tentang BISS, nonton bola dengan Bisskey memang gratis namun sangat ribet karena harus berburu setiap ada laga. Kalau ada rejeki lebih gampang beli paket saja.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *