Cara Membuka Siaran yang Mengaktifkan Batas di Parabola

Cara Membuka Siaran yang Mengaktifkan Batas

Pasti banyak yang bertanya apa maksud dari siaran TV mengaktifkan batas. Tulisan ini kadang muncul di layar televisi pengguna parabola, semacam tanda bahwa saluran TV tidak bisa dilihat seperti biasa. Bagaimana cara membuka siaran yang mengaktifkan batas?

Tulisan ini bisa muncul untuk saluran TV apa saja, satelit mana saja baik itu dalam ataupun luar negeri. Sering muncul ketika ada pertandingan olahraga seperti bola, tinju, badmindton dll.

Pengguna parabola jaring pasti lock satelit Palapa D dan Telkom 3s. Dengan kombinasi ini kita bisa mendapat banyak channel TV Indonesia kecuali ketiga channel dari MNC Group. RCTI, MNCTV dan GTV adalah tiga channel TV di Palapa D yang siarannya mengaktifkan batas. Freqnesia akan membahas tuntas masalah ini mulai dari arti hingga cara mengatasi.

Maksud dari Siaran TV Mengaktifkan Batas

Mengaktifkan batas di siaran TV parabola maksudnya adalah pembatasan hak siar. Ada banyak istilah menyebutnya seperti Channel Scrambled, Channel Diacak dll. Tanda lain bahwa siaran teracak yaitu munculnya lambang dollar ($) di depan nama channel.

Lihatlah gambar di bawah ini channel CCTV 5 ada $-nya dan mengaktifkan batas sedangkan CCTV 13 tidak ada $-nya dan bisa ditonton dengan lancar. Hal ini terjadi karena CCTV 5 teracak dengan enkripsi Videoguard sebaliknya CCTV 13 free to air tanpa acakan.

Contoh lain adalah ketika ada pertandingan bola. Hak siar milik stasiun TV hanya untuk terestrial UHF saja sehingga siaran yang melalui parabola diacak. Saluran TV yang awalnya bisa ditonton tiba-tiba berubah gelap. Jadi bukan masalah ganti frekuensi, siaran terganggu, hilang sinyal, parabola bergeser, receiver rusak atau alasan lain.

Ohya tulisan mengaktifkan batas hanya muncul pada channel yang tidak masuk ke dalam transponder milik Pay TV. Kalau masuk Pay TV, yang muncul bukan layar gelap melainkan permohonan maaf karena program acara tidak bisa ditonton. Kadang juga diisi oleh program pengganti seperti Movie atau Home Shopping.

Cara Membuka Siaran yang Mengaktifkan Batas

Seperti dibahas sebelumnya, layar TV yang gelap dengan tulisan mengaktifkan batas berarti siaran TV teracak. Bisa tidaknya membuka siaran tersebut tergantung pada jenis acakan yang digunakan. Kita juga harus menggunakan receiver yang sudah support acakannya.

Kalau teracak BISS (Basic Interoperable Scrambling System) kemungkinan bisa dibuka dengan bisskey terbaru. Banyak channel TV luar negeri yang menggunakan enkripsi BISS misal True4U dan PPTV HD 36 di Thaicom 6. Saluran TV Indonesia seperti NET dan tvOne juga masih menerapkan BISS untuk mengacak program siaran olahraga live. Jenis acakan lain yang dapat dijebol adalah PowerVu dan Tandberg.

Bagaimana dengan MNC Group di Palapa D? Sayang sekali acakan yang digunakan adalah Conax. Acakan Irdeto, Conax, StreamGuard, ABV, Tongfang, Navigrasion, Starguide dll disebut acakan maut karena tidak bisa dibuka dengan mudah. Perlahan tapi pasti banyak channel dalam dan luar negeri yang beralih ke acakan maut untuk melindungi siarannya.

Ketiga stasiun TV MNC Group sekarang hanya bisa dinikmati di parabola melalui TV berlangganan saja. Masih gratis tanpa membeli paket premium namun wajib menggunakan receiver khusus. Mereka adalah K-Vision, NEX Parabola dan Nusantara HD. Harga receiver seragam sekitar 300.000 rupiah di marketplace online, di daerah pelosok pasti lebih mahal ditambah biaya pengiriman.

Akhir Kata

Maksud dari mengaktifkan batas adalah siaran teracak karena adanya pembatasan hak siar. Pada receiver lain sering disebut dengan Channel Teracak/ Scrambled Channel. Pengguna parabola Indonesia sering menemui tulisan ini di siaran MNC Group di Palapa D frekuensi 3808 V 8800 berformat MPEG2.

Ada tidaknya cara membuka siaran yang mengaktifkan batas tergantung acakan yang digunakan. Saat ini yang bisa dibuka adalah BISS, PowerVu dan Tandberg. Mayoritas receiver yang beredar di pasaran sudah support jenis acakan tersebut.

Apabila siaran tidak bisa dibuka karena menerapkan acakan maut, sebaiknya mencari alternatif dengan streaming online atau IPTV. Kekurangan dari streaming adalah butuh koneksi internet lancar dan kuota yang banyak. Lebih cocok bagi anda yang sudah berlangganan paket internet rumahan.