Cara Nonton Liga Spanyol di Parabola

Cara Nonton Liga Spanyol di Parabola

Informasi bagaimana cara nonton Liga Spanyol di parabola biasa. Lengkap dengan daftar TV yang menyiarkan La Liga musim 2021/2022 gratis tanpa biaya bulanan.

La Liga adalah liga profesional tertinggi dalam sistem kompetisi sepak bola di negara Spanyol. Bisa dibilang sebagai salah satu turnamen terpopuler di dunia termasuk Indonesia.

Klub-klub dari La Liga terkenal dengan kualitas terbaik yang diisi pemain bintang. Sebut saja Atletico Madrid, Barcelona, Real Madrid, Sevilla, Real Sociedad, Valencia dll. Sayang pada 2 tahun terakhir, penampilan mereka kurang greget di Liga Champions UEFA.

Pemegang Hak Siar La Liga

Pada musim 2020/ 2021, pemegang hak siar La Liga adalah beIN Sports. Selain Indonesia, channel dari Qatar ini juga memegang hak eksklusif di wilayah Brunei, Malaysia, Filipina, SIngapuran, Hongkong, Thailand dan Australia.

Seperti biasa untuk siaran melalui satelit pasti masuk Pay TV, mereka adalah K-Vision dan MNC Vision. Harga termurah Rp.69.000 saja, langsung dapat La Liga Spanyol, Serie A Italia, Major League Soccer dan Ligue 1 Prancis.

Bagaimana dengan jalur UHF Terestrial yang free to air? Pada tahun 2016-2019 masyarakat Indonesia bisa menikmati Liga Spanyol gratis di SCTV/ Indosiar. Setelah itu kabarnya beIN Sports mengandeng RCTI sebagai official broadcaster.

Sayang RCTI jarang menayangkan siaran bola dari negeri matador tsb, mereka hanya dapat 28 dari total 760 pertandingan. Mudah-mudahan musim depan La Liga balik ke SCTV atau stasiun TV lain karena RCTI sendiri sudah dapat hak siar Liga Italia.

Cara Nonton Liga Spanyol di Parabola

Lebih banyak yang merekomendasikan K-Vision, alasannya harga berlangganan murah yang tersedia di C-band dan Ku-band. Channel beIN Sports 1 HD dan Sports 2 masuk dalam tiga paket berbeda,

  • Paket BEIN (BEIN) harga Rp.69.000/ 30 hari
  • Paket Olahraga (G01) harga Rp.125.000/ hari (+ Fox Sports Group, MNC Sports dan Soccer Channel)
  • Paket Juara (J01) Rp.180.000/ 30 hari (full channel)

Bagi yang hanya ingin nonton turnamen bola Eropa, rasanya paket BEIN sudah lebih dari cukup. Sudah ada Liga Spanyol, Italia dan Prancis, untuk English Premier League yang lengkap adanya di Mola TV (NEX Parabola dan Martix Garuda).

Saluran beIN Sports tidak tersedia di Pay TV lain seperti NEX Parabola dan Nusantara HD. Bagi yang ingin nonton La Liga di parabola mau tidak mau harus beralih ke K-Vision.

Eits tenang dulu, sebenarnya ada jalan alternatif untuk menyaksikan siaran Liga Spanyol secara gratis. Jawabannya adalah feed La Liga TV yang tersedia di Asiasat 5 dan Chinasat 10.

SatelitFrekuensi
Asiasat 5 100.5°E3840 H 29720
Chinasat 10 110.5°E4077 V 22500

Siaran feed dari La Liga TV terenkripsi acakan BISS yang bisa dengan bisskey terbaru. Kodenya sering sekali rolling jadi harus berburu terus setiap ada pertandingan.

Oh iya feed disiarkan dengan codec 4:2:2, tidak semua receiver di Indonesia dapat membukanya. Oleh karena itu banyak pengguna kesal yang menyebutnya dengan feed siluman atau kodok (plesetan dari codec).

Cara murah untuk membuka codec ini adalah memakai receiver yang mendukung Webserver. Contoh Skybox a1 plus h265, Manhattan 3D combo, Getmecom HD009 dan masih banyak lagi.

Tutorial lengkap cara penggunaan Webserver bisa dicari di google atau youtube dengan kata kunci “cara webserver receiver parabola”. Yang kita butuhkan adalah HP/ PC /laptop dan wifi/ kabel LAN.

Cara kerjanya adalah receiver mengirimkan data siaran ke Laptop melalui jaringan LAN (tidak nyedot kuota). Selanjutnya codec 4:2:2 akan diterjemahkan jadi audio dan video oleh Laptop, biasanya pakai software VLC Media Player.

Kesimpulan

Cara nonton liga Spanyol di parabola yang tidak pakai ribet adalah channel beIN Sports di K-Vision. Harga berlangganan adalah Rp.69.000/ 30 hari. Selain La Liga, kita juga dapat Liga Italia, Liga Prancis dan Major League Soccer.

Alternatif adalah feed dari La Liga TV yang ada di Asiasat 5 dan Chinasat 10. Siaran hanya teracak BISS yang bisa dibuka dengan bisskey, kode selalu rolling jadi harus selalu update. Codec 4:2:2 bukan halangan berarti, asalkan receiver sudah support pasti langsung cling.

Sayang sekali musim ini, liga Spanyol cukup sulit ditonton secara gratis terutama jalur UHF terestrial. Mudah-mudahan musim depan, beIN Sports mengandeng TV lain yang belum punya hak siar liga Eropa. Sekian semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *