Cara Tracking Asiasat 9 Ninmedia Ku-band Terbaru

Cara Tracking Asiasat 9

Freqnesia akan membahas cara tracking Asiasat 9 Ninmedia terbaru, dijamin sukses menangkap sinyal satelit dengan mudah memakai antena parabola Mini LNB Ku-band.

Satelit ini mulai diburu sejak Ninmedia migrasi dari Chinasat 11 pada tahun 2020. Walaupun pilihan channel TV tidak selengkap dulu namun Ninmedia masih menjadi surganya siaran FTA di jalur Ku-band. Tidak heran banyak yang ingin mencari jika siaran menghilang di parabola.

Letaknya cukup jauh dari satelit lama Chinasat 11. Sekarang Ninmedia di orbit 122.0° Bujur Timur sedangkan dulu di 98.0° Bujur Timur. Lebih dekat dengan JCSAT4B dimana dulu BigTV mengudara.

Jangkauan Beam Asiasat 9 Indonesia

Satelit Asiasat 9 diluncurkan pada 28 September 2017 untuk menggantikan Asiasat 4 untuk orbit 122.0° Bujur Timur. Beam Ku-band untuk Indonesia menjangkau seluruh wilayah Nusantara bahkan negara tetangga seperi Malaysia, Brunei, Timur Leste dan sebagian Papua Nugini.

Jangkauan Satelit Asiasat 9 Satbeam untuk Ninmedia

Kalau dilihat dari peta di atas, satelit berada di wilayah Sulawesi tengah. Ini artinya yang tinggal di Sumatera arah parabola ke Timur, dari Jawa ke Timur Laut, dari provinsi Papua mengarah ke Barat, dari Sulawesi agak dongak ke atas dst.

Melihat kekuatan sinyal yang ditunjukkan footprint Asiasat 9 di situs satbeam, seharusnya kita bisa lock bermodalkan dish 40-50 cm. Freqnesia lebih menyarankan pakai dish lebih besar. Tujuannya agar kalian bisa menangkap sinyal Asiasat 9 dengan mudah dan menghindari sinyal hilang ketika turun hujan. Bukan rahasia umum jika Ku-band sangat rentan terhadap curah hujan tinggi.

Cara Tracking Asiasat 9 Ninmedia

Cara menangkap sinyal satelit Asiasat 9 yang berada di orbit 122.0° Bujur Timur dari Indonesia. Ini dilakukan untuk mendapatkan siaran Ninmedia yang Free to Air untuk pengguna dish mini Ku-band. Tutorial ini untuk kalian yang hanya lock Asiasat saja, 1 LNB tanpa Switch/ DiSeqC.

Mempersiapkan peralatan penangkap sinyal

Yang harus disiapkan adalah dish mini, LNB Ku-band, kabel dan receiver. Kalian tidak wajib menggunakan receiver rekomendasi Ninmedia, yang penting support DVB-S2 dan MPEG-4. Dish mini yang digunakan minimal 40 cm, lebih lebar lebih baik.

Memasang peralatan penangkap sinyal

Pastikan tidak ada yang menghalangi sinyal dari satelit. Taruh atap rumah lebih bagus karena tidak mungkin terhalang tembok, pangkas dedaunan yang dirasa dapat menghalangi. Terakhir usahakan tiang tegak lurus agar lebih mudah mencari sinyal.

Arah Asiasat 9 bisa dilihat dengan aplikasi pencari sinyal satelit seperti Satfinder atau pakai feeling saja. Satelit ini berada di 122 derajat BT artinya di atas Sulawesi Tengah, arah antena parabola sesuaikan dengan lokasi anda.

Posisi konektor LNB jika dish mengarah ke Timur atau Barat adalah Horinsontal sedangkan jika ke Utara atau Selatan adalah Vertikal.

Setelah semua terpasang dengan baik, seharusnya bar intensitas sinyal di pengaturan receiver sudah naik walaupun kualitas sinyal masih 0%.

Menambahkan satelit Asiasat 9 di receiver

Menambahkan satelit Asiasat 9 di receiver

Bagi yang sebelumnya lock Chinasat 11 dan ingin repointing ke Asiasat 9, sebaiknya factory reset dulu. Sedangkan yang fresh langsung tambahkan satelit Asiasat 9. Pertama masuk ke Menu > Instalasi. Buatlah satelit baru dengan menekan tombol MERAH. Name: Asiasat 9 sedangkan Longitude: 122.00E. Tekan tombol KUNING untuk konfirmasi.

Mengubah pengaturan antena

Mengubah pengaturan antena Asiasat 9

Pilih nama satelit yang baru dibuat lalu geser ke kanan. Pengaturan antena harus persis dengan gambar kecuali kalian pakai lebih dari 1 LNB. Setelah beres, balik lagi ke daftar satelit dan klik OK untuk memilih Asiasat 9 (pastikan ada centang).

Menambahkan transponder baru

Menambahkan transponder baru Asiasat 9

Tekan tombol SAT di remot untuk melihat daftar Transponder lalu tombol MERAH untuk menambahkan transponder baru. Data yang harus dimasukkan Frekuensi : 12655, Symbol Rate : 45000 KS/s dan Polarity : V. Ulangi lagi untuk memasukkan frekuensi Ninmedia kedua yaitu Frekuensi : 12415, Symbol Rate : 45000 KS/s dan Polarity : V.

Mengeser parabola

Usahakan mendapatkan sinyal di atas 80% agar siaran bisa cling semua. Kuncinya adalah gotik perlahan sambil terus melihat pengerakkan bar Kualitas Sinyal. Geser parabola ke kanan hingga sinyal menurun, tandai posisi tersebut lalu geser ke arah sebaliknya saat sinyal turun tandai lagi. Posisi terbaik biasanya ada di tengah-tengah kedua tanda.

Memindai Transponder

Memindai Transponder Asiasat 9

Langkah terakhir adalah scan kedua transponder dengan menekan tombol BIRU. Bagi kalian pengguna decoder Ninmedia, pilihan HANYA FTA diisi dengan NO. Tujuannya agar siaran terkunci dari Tiviplus ikut terpindai. Sebaliknya non decoder rekomendasi pilih YES. Setelah itu pilih SEARCH untuk memulai pemindaian. Tunggu beberapa saat hingga selesai. Selamat menikmati puluhan channel menarik dari Ninmedia.

Mengapa Gagal Tracking Satelit Asiasat 9?

Terkadang siaran Ninmedia masih zonk walaupun kalian sudah melakukan tutorial menangkap sinyal di atas. Tak perlu khawatir, freqnesia akan membahas beberapa hal yang mungkin menyebabkan masalah ini sekaligus solusi,

  • Arah kurang tepat: Tandanya Intensitas sinyal sudah naik namun Kualitas sinyal belum dapat. Gunakan alat pencari sinyal satelit atau panggil teknisi apabila kesulitan.
  • Tiang tidak tegak lurus: Agar lebih mudah mendapatkan arah yang tepat, tiang wajib tegak lurus. Gunakan waterpass untuk mendapatkan posisi yang tepat. Tujuan langkah ini agar nanti lebih mudah saat mengeser-geser parabola.
  • Terhalang sesuatu: Kesalahan besar pemula adalah menaruh parabola di lokasi yang kurang tepat. Pastikan antena parabola langsung mengarah ke langit tanpa halangan tembok atau pepohonan, ada baiknya ditaruh di atap. Pangkas dahan-dahan kecil yang dirasa menghalangi datangnya sinyal dari satelit.
  • Alat tempur belum terpasang baik: Cirinya adalah Intensitas sinyal yang masih 0%. Solusinya harus mengecek alat satu per satu, baca di Cara Mencari Sinyal Parabola yang Hilang.
  • LNB kurang Sensitif: Jika semua alat penangkap sinyal terpasang baik namun masih gagal lock Asiasat 9. Kemungkinan LNB kurang sensitif, tandanya adalah intensitas sinyal yang sudah naik namun kualitas sinyal mentok (tidak bisa >60%). Untuk mengatasinya harus ganti dengan LNB baru.
  • Parabola kurang besar: Secara teori seharusnya Asiasat 9 bisa tertangkap dengan dish 40 cm. Namun jika alat lain tidak dalam kondisi prima maka sinyal jadi sulit ditangkap. Solusi bagi pemula sebaiknya menggunakan dish mini > 80 cm.

Kesimpulan

Menangkap sinyal Ninmedia di Asiasat 9 itu gampang gampang susah. Sebenarnya satelit ini memiliki beam kuat yang menjangkau seluruh Indonesia. Namun bisa jadi sulit jika kurang teliti terutama saat mengatur arah parabola.

Sekian artikel cara tracking Asiasat 9 untuk mendapatkan siaran Ninmedia. Bagi yang ingin lock lebih dari 1 satelit, caranya kurang lebih sama kecuali pengaturan Antena. Untuk mendapatkan lebih banyak siaran, pengguna parabola biasanya lock bersama dengan K-Vision Measat 3a dan NEX parabola SES 9.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *