Cara Tracking Thaicom 8 Ku-band Terbaik

Banyak yang bertanya apakah ada cara tracking Thaicom 8 Ku-band dengan dish mini? Satelit dengan orbit 78,5° Bujur Timur ini viral setelah hilangnya siaran bola di Thaicom 6 C-band.

Seperti kita ketahui mayoritas pengguna LNB Ku-band di Indonesia itu pakai dish mini. Biasanya bekas Pay TV seperti BigTV atau K-Vision. Parabola jaring pun bisa lho lock sinyal Ku-band Thaicom 8 asalkan ganti LNB.

Faktanya yang menentukan itu adalah kualitas sinyal yang diperoleh. Jika luber pasti mudah dilock meskipun lebar dish hanya 60 cm, sebaliknya jika jauh dari jangkauan pasti bakal kesulitan.

Footprint Jangkauan Satelit Thaicom 8 78,5° Ku-band

Beam satelit dengan pita frekuensi Ku dikenal memiliki sinyal kuat namun beam terbatas yang hanya mengcover negara/ wilayah dimana channel TV berasal.

Hal ini berlaku untuk Thaicom 8 Ku-band yang menjangkau negara Thailand, Laos, Vietnam, Kamboja dan Myanmar. Channel-channel di Thaicom 5/ 6/ 8 memang dari negara tersebut.

footprint-satelit-Thaicom-8-Ku-band-beam-SE-Asia
Jangkauan beam Thaicom 8 Ku-band South East Asia

Lihatlah peta jangkauan di atas, hanya sebagian wilayah Sumatera yang tercover. Daerah Indonesia lain berada di luar beam atau disebut dengan istilah “outbeam” .

Satelit ini mengudara di 78,5° yang jika dilihat di peta berada di selatan India. Dari semua wilayah Indonesia pasti arahnya ke barat. Yang membedakan itu sudut kemiringan dan arah geser ke utara.

Posisi parabola lebih nunduk dibandingkan Measat 3a namun tidak turun banget seperti NSS 12. Sangat dekat dengan satelit ABS2 yang menyiarkan SMV Freesat TV.

Rekomendasi Dish Parabola Untuk Tracking Thaicom 8 Ku-band

Rekomendasi Dish Parabola Untuk Tracking Thaicom 8 Ku-band

Ukuran dish parabola untuk lock tergantung jarak rumah dengan beam. Makin jauh dari beam dijamin makin pelit kualitas sinyal dan butuh dish lebih lebar.

Misalnya bagi yang tinggal di Aceh atau Sumatera Utara sisi Timur, cara tracking Thaicom 8 Ku-band bisa dilakukan dengan dish mini bawaan Pay TV (60-80 cm). Penempatan LNB Offset pun bisa lock.

Sedangkan bagi yang tinggal di wilayah Selatan pulau Sumatera, butuh dish berukuran 100 – 120 cm (4 feet). Kalian juga bisa mengakali dish mini dengan tambahan modifikasi sayap. Pasang LNB fokus lebih disarankan dibanding offset.

Tutorial dari para master di Youtube bisa disearch dengan kata kunci “modifikasi dish mini”. Ada banyak bahan yang bisa dijadikan sayap, sesuaikan saja dengan isi dompetmu.

Wilayah Jawa sedikit sulit namun banyak yang sukses lock dengan dish solid 6 feet dan LNB Prime Focus. Harga lumayan yang kurang cocok bagi tracker pemula.

Perlu diingat beam Ku-band itu kuat sehingga bisa dilock dengan payung mini namun jangkauan sempit. Jika ada kendala hujan/ awan gelap pasti akan langsung ambyar sinyalnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Sinyal Parabola Hilang Saat Hujan

Kalaupun sukses lock Thaicom 8 Ku-band tidak ada jaminan siaran akan lancar. Apalagi untuk SQ di bawah 50% pasti sering cekat cekot bikin kurang nyaman ketika nonton.

Cara Tracking Thaicom 8 Ku-band

  1. Siapkan alat tempur sesuai rekomendasi. Pastikan tiang antena tegak lurus agar memudahkan ketika mencari sinyal. Posisi parabola sedikit condong, untuk itu pastikan tidak ada pohon yang menghalangi.
  2. Buka menu pengaturan receiver lalu daftar satelit, tambahkan satelit baru Thaicom 8 dengan Longitude 78,5°E.
  3. Masukan frekuensi 11560, polaritas H dan simbol rate 30000. Ini transponder full channel Thailand sebut saja True4U, NBT, JKN 18, GMM 25, One 31, Channel 3 dan masih banyak lagi.
  4. Setting antena bisa pakai 9750/10600 (Universal).
  5. Geser perlahan antena parabola ke arah barat sambil terus mengecek pergerakan SQ (Signal Quality). Setelah dapat sinyal, sedikit geser dikit ke utara – selatan untuk memaksimalkan kualitas sinyal yang diperoleh.

    Penggunaan aplikasi tracking parabola disarankan agar lebih mudah mencari arah satelit yang benar. Yang sering dipakai antara lain Satfinder, Satellite Director ataupun Satellite Pointer.
  6. Kembali ke menu pengaturan receiver, lakukan pemindaian ke frekuensi TV Thailand yang sudah ditambahkan sebelumnya. Dalam beberapa menit seharusnya ada banyak siaran yang didapat.

Bagi yang kesulitan bisa tambahkan juga frekuensi K-Vision di Measat 3a 91.4°E dan SMV Freesat TV di ABS 2A 75°E untuk bantuan.

Jika dapat ABS 2A yang dapat sinyal berarti terlalu turun, harus dinaikkan perlahan. Sedangkan kalau Measat 3a yang dapat sinyal berarti harus diturunkan lagi.

Thaicom 8 Ku-band meskipun bisa dilock namun sinyal sering loncat-loncat terutama wilayah Indonesia Timur. Dari Jawa saja kalau kurang pas, masih sering loss.

Siaran Piala Dunia di Thaicom 8 Ku-band

FIFA memberikan teguran keras pada Thailand karena dinilai tidak mampu memenuhi standar transmisi penyiaran World Cup 2022. Alasannya karena spillover siaran yang bisa dinikmati negara tetangga termasuk Indonesia.

Dampaknya banyak siaran seperti True 4U, GMM 25, Channel 7, PPTV HD 36, ONE 31, Thairath TV dan JKN 18 yang stop siaran menayangkan Piala Dunia di Thaicom 6 C-band.

Jika seperti ini terus, kedepannya tidak mengejutkan jika yang Ku-band akan menghilang sebelum Laga Final nanti. Kemungkinan lain adalah penggunaan acakan maut mengantikan BISS yang dinilai gagal.

Freqnesia pribadi lebih menyarankan berlangganan paket dari pemegang hak siar. Di Indonesia FIFA World Cup 2022 disiarkan via satelit oleh NEX Parabola.

Harga Rp. 799.000 untuk full match plus ada channel premium sebagai bonus. Kesanya mahal namun jika dibandingkan paket Piala Dunia 2018 jauh lebih murah.

Pilihan lebih murah yang bisa dibilang terbaik adalah streaming via Vidio Premier. Hanya Rp. 59.000 untuk full match yang bisa ditonton via HP dan Tablet.

Bukankah kebanyakan masyarakat sudah berlangganan wifi unlimited? Cukup dengan kecepatan 4-5 Mbps pasti lancar untuk streaming dengan resolusi 480p – 720p.

Semoga kedepannya semua daerah tercover UHF terestrial untuk antena biasa. Apalagi sekarang proses digitalisasi sedang dikebut. Harapannya tercipta keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia di siaran free to air.

Kesimpulan

Bisa tidaknya cara tracking Thaicom 8 Ku-band ditentukan oleh alat tempurmu. Banyak mastah yang membuktikan bahwa satelit geostasioner 78,5° BT ini bisa dilock dari Indonesia.

Kebutuhan lebar parabola tergantung jarak tempat tinggal dengan beam satelit. Dish bekas Pay TV dengan lebar 60cm hanya bisa dipakai untuk wilayah Sumatera bagian Utara.

Mencari siaran bola gratis via satelit dengan antena parabola memang selalu penuh tantangan. Perburuan bisskey, modifikasi alat tempur dan goyangin payung menjadi menu setiap hari. Seru sih namun capek juga, semoga pembaca freqnesia diberkahi banyak rejeki biar bisa beli paket.

Tinggalkan komentar