Frekuensi Ajwa TV Terbaru di Parabola

Frekuensi Ajwa TV Terbaru

Ajwa TV merupakan channel televisi terbaru dari Surya Citra Media (SCM) yang menghadirkan konten Islami sesuai dengan nilai Islam yang damai, sejuk, indah dan rahmatan lil aalamin. Channel satu ini bisa dinikmati melalui aplikasi Vidio dan NEX Parabola. Berapa frekuensi Ajwa TV terbaru?

Nama Ajwa diambil dari jenis kurma yang merupakan favorit Nabi Muhammad SAW. Buah tersebut dipercaya dapat menangkal berbagai penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan. Dengan penamaan ini diharapkan Ajwa TV memberi manfaat dan tuntunan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Bernaung di bawah SCM, ini artinya Ajwa TV seinduk dengan SCTV, Indosiar, O Channel dan Mentari TV. Tidak heran walaupun masih baru namun saluran televisi ini mampu bersaing dengan channel Islami lain. Ketika siarannya menghilang pasti banyak yang mencari nomor frekuensi terbaru.

Frekuensi Ajwa TV di Parabola

Seperti dibahas sebelumnya, channel Islami dengan slogan “Cermin Indahnya Islam” ini selalu masuk NEX Parabola. Di awal kemunculannya Ajwa TV hanya tersedia di Telkom 4 untuk pengguna parabola jaring jalur C-band. Kurang dari sebulan setelah itu juga hadir di satelit SES 9 untuk dish mini Ku-band.

Yang menarik walaupun masuk Pay TV namun siarannya tetap Free To Air. Kita tidak harus menggunakan decoder khusus untuk menonton. Kebanyakan channel Islam memang Free to Air melalui satelit. Bedanya Ajwa TV disiarkan dengan HD 1080 yang dijamin lebih cling dibandingkan channel HD lain.

Frekuensi Ajwa TV di Telkom 4

Frekuensi Ajwa TV di Telkom 4
Foto oleh Krisna Patria II

Hanya satu pilihan siaran untuk C-band yaitu di Telkom 4. Berada di Frekuensi 3900 Mhz, Polarisasi V, Symbol Rate 29.800, FEC 3/4, Modulasi DVBS2-8PSK. Transponder ini milik Matrix Garuda dan NEX Parabola.

SatelitFrekuensiKeterangan
Telkom 4 108.0°E3900 V 29800FTA, HD 1080, MPEG-4

Seperti kebanyakan channel baru di parabola, Ajwa TV tidak menggunakan MPEG-2. Format video MPEG-2 dirasa sudah ketinggalan jaman, apalagi sekarang siaran HD lebih disukai penonton. Channel lama seperti SCTV dan Indosiar pun mulai mengupgrade siarannya.

Pada era digitalisasi seperti sekarang disarankan menggunakan receiver MPEG-4. Lebih bagus ke Pay TV yang memberikan bonus channel Free To View dengan TV Nasional yang lengkap. Pilihan terbaik adalah K-Vision, Nusantara HD dan NEX Parabola.

Frekuensi Ajwa TV di SES 9

Pihak Ajwa TV jarang mempromosikan siaran di satelit SES 9 Ku-band. Lihat saja website official dan akun sosial media, yang mereka sebutkan hanya Telkom 4 saja. Kemungkinan bagian promosi sosial media tidak paham tentang siaran melalui satelit.

Berada di Frekuensi 11101 Mhz, Polarisasi V, Symbol Rate 45.000, FEC 3/5, Modulasi DVBS2-8PSK. Sama dengan C-band, transponder ini milik Matrix Garuda dan NEX Parabola.

SatelitFrekuensiKeterangan
SES 9 108.2°E11101 V 45000FTA, HD 1080, MPEG-4

Oh iya bagi kalian pecinta channel Islami, wajib lock 11861 H 45000 di SES 9. Transponder milik NEX Parabola tersebut diisi oleh Insan TV, Quran TV, Sunna TV, Ashiil TV dan channel Islam lainnya. Semua disiarkan Free to Air namun sayang gambar hanya Small Definition (SD).

Cara Mencari Siaran Ajwa TV yang Menghilang

Terkadang saluran Ajwa TV tiba-tiba gelap di televisi. Hal ini bisa disebabkan kerusakan pada peralatan antena parabola hingga receiver ataupun hal lain. Jangan buru-buru mengotak atik karena bisa saja solusinya cukup memegang remot.

Sama dengan siaran TV melalui satelit lainnya, kadang terjadi perubahan frekuensi pada Ajwa TV. Anda wajib mencari frekuensi baru, silahkan kunjungi website official ajwatvindonesia.com atau akun sosial media @ajwatv.indonesia di Facebook dan Instagram. Kemungkinan mereka akan menginformasikan frekuensi Ajwa TV terbaru

Sebagai bagian dari NEX Parabola, Ajwa TV jarang gonta ganti kode frekuensi. Ini berbeda dengan Magna Channel yang sempat hilang dan pergi dari SES 9. Kedua saluran televisi sama-sama mengudara pertama kali pada semester kedua tahun 2020 kemarin.

FAQ

  • Berapa frekuensi Ajwa TV di Telkom 4?

    3900 V 29800 yang merupakan transponder Matrix Garuda/ NEX Parabola. Siaran free to air dengan format MPEG-4 resolusi HD 1080.

  • Berapa frekuensi Ajwa TV terbaru di SES 9?

    11101 V 45000 yang dimiliki oleh Matrix Garuda/ NEX Parabola. Siaran free to air yang bisa ditonton dengan receiver MPEG-4. Kualitas gambar sudah HD 1080 yang cling.

Kesimpulan

Walaupun tergolong channel baru namun Ajwa TV sudah tersedia di C-band dan Ku-band. Channel milik SCM ini selalu masuk transponder NEX Parabola yang sama-sama bernaung di bawah Elang Mustika Teknologi (EMTEK).

Pengguna parabola jaring silahkan lock satelit Telkom 4 sedangkan dish mini bisa menargetkan SES 9. Keduanya berada di orbit yang sangat dekat yaitu 108.0° dan 108.2° Bujur Timur. Satelit tersebut cukup mudah ditangkap sinyalnya dari seluruh wilayah Nusantara.

Sekian artikel tentang frekuensi Ajwa TV terbaru dari freqnesia.com. Kedepannya akan selalu diupdate ketika terjadi perubahan informasi. Jangan lupa bookmark dan share jika dirasa bermanfaat bagi teman-teman.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *