Frekuensi DMTV Malang Terbaru

Frekuensi DMTV Malang Terbaru

DMTV merupakan stasiun televisi lokal kebanggaan warga Malang Raya yang disiarkan secara Nasional melalui satelit. Program acara yang disiarkan meliputi Syiar Islam, Pendidikan dan Budaya. Berapa frekuensi DMTV Malang terbaru di parabola?

Dulu ada yang menduga DMTV dimiliki Majelis Sholawat Darul Musthofa. Sebenarnya tidak karena mereka hanya bekerja sama untuk konten Syiar Islam. Stasiun TV ini dimiliki dan dioperasikan oleh PT. Dina Media Televisi yang merupakan kepanjangan dari DMTV.

Bagi yang ingin melihat cuplikan program siaran, silahkan kunjungi channel Youtube Official dari DMTV. Terlihat bahwa program acaranya kebanyakan Syiar melalui Kajian, Sholawat dan Renungan Kalbu. Selain itu mereka juga memberikan tontonan pendidikan anak terutama Sekolah Dasar. Tak lupa program budaya seperti pagelaran Wayang Kulit.

Frekuensi DMTV Malang di Parabola

Meskipun secara terestrial hanya menjangkau wilayah Malang Raya, DMTV bisa dinikmati dari seluruh Nusantara melalui satelit parabola. Siaran Free to Air tersedia di jalur C-band dan Ku-band yang bisa ditonton gratis tanpa receiver khusus. Luar biasanya lho, channel lama seperti Temanggung TV saja hanya tersedia di C-band.

Frekuensi DMTV Malang di Telkom 4

Frekuensi DMTV Malang di Telkom 4
Foto oleh Servis Kidul Kua Kragan

Saat ini hanya ada satu pilihan yaitu frekuensi 3766, Polarisasi Horisontal dengan Simbol Rate 21818. Transponder ini diisi deretan channel TV Islami, TV lokal dan deretan TV Daerah milik TVRI. Frekuensi ini wajib dilock bagi kalian pecinta siaran gratis. Sayangnya semua menggunakan format video MPEG-4, tidak ada yang bisa ditangkap receiver MPEG-2.

SatelitFrekuensiKeterangan
Telkom 4 108.0°E3766 H 21818FTA, MPEG-4

Siaran di Telkom 4 sempet mengalami perubahan di akhir Januari 2021. DMTV yang ada di 3720 H tidak bisa ditonton seperti biasanya. Akhirnya banyak pemirsa setia yang mencari nomor frekuensi terbaru.

Frekuensi DMTV Malang di SES 9

Pengguna parabola mini dapat lock transponder kedua dari NEX Parabola di SES 9. Frekuensi 11861, Polarisasi Horisontal dan Simbol Rate 45000. Channel di transponder ini rata-rata free to air yang berisi deretan TV Islami dan lokal.

SatelitFrekuensiKeterangan
SES 9 108.2°E11861 H 45000FTA, MPEG-4, NEX Parabola

Sayang sekali jika transponder ini hanya terisi 19 channel saja. Simbol rate 45000 sebanding dengan transponder utama NEX Parabola 11921 V yang diisi 35 channel lebih. Mudah-mudah kedepannya jumlah siaran free to air makin bertambah banyak. Sayang sekali Magna Channel hilang dari frekuensi ini.

Cara Mencari Siaran DMTV Malang yang Menghilang

Seperti yang terjadi pada akhir Januari 2021, siaran DMTV Malang tiba-tiba menghilang. Siaran gelap yang tidak bisa dinikmati seperti biasa. Jangan buru-buru mengotak atik parabola atau panggil teknisi, mungkin solusinya cukup memencet tombol remot.

Penyebab paling umum adalah perubahan frekuensi, jarang sekali televisi lokal mengacak siaran. Yang pertama kali kalian lakukan adalah mengecek akun sosial media di Facebook @officialdmtvmalang dan IG @dmtvmalang. Admin cukup aktif mengumumkan frekuensi DMTV terbaru di postingan dan informasi profil.

Jika kode frekuensi berganti, solusinya cukup masukkan frekuensi terbaru lalu scan ulang. Kalian juga bisa scan buta Telkom 4 karena biasanya siaran hanya pindah transponder bukan pindah satelit. Jangan lupa hapus siaran lama yang sudah gelap. Gampang banget kan?

FAQ

  • Berapa frekuensi DMTV di Telkom 4?

    Hanya ada satu pilihan free to air di C-band yaitu 3766 H 21818 yang disiarkan dengan format MPEG-4. Sayang siarannya masih Small Definition (SD).

  • Berapa frekuensi DMTV di SES 9?

    Saluran TV ini masuk transponder Free to Air dari NEX Parabola yaitu 11861 H 45000. Disiarkan dengan format video MPEG-4 dan kualitas SD.

Kesimpulan

Sebagai TV lokal, DMTV sangat serius mengenalkan siarannya hingga seluruh Nusantara. Channel TV dari Malang ini tersedia di jalur C-band untuk parabola jaring di Telkom 4. Sedangkan di Ku-band untuk pengguna dish mini ada di SES 9. Kedua satelit bisa ditangkap dari wilayah Indonesia dengan mudah.

Apabila siaran tiba-tiba gelap sedangkan channel lain normal, kemungkinan besar disebabkan perubahan frekuensi. Saat itu terjadi freqnesia akan sesegera mungkin mengupdate artikel frekuensi DMTV malang. Tidak ada salah share jika tulisan ini bermanfaat bagi teman-teman. Terima kasih kunjungannya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *