Frekuensi GTV di K-Vision dan NEX Parabola

Pembahasan tuntas frekuensi GTV terbaru di satelit mulai dari Telkom 4, K-Vision, NEX Parabola dan Nusantara. Baik itu C-band untuk parabola jaring ataupun Ku-band bagi pengguna dish mini.

GTV singkatan dari Global Televisi (dulu dikenal dengan Global TV) merupakan salah satu saluran TV terbaik dari Indonesia dengan memiliki slogan “Pilihan Terbaik Keluarga Indonesia”.

Anak-anak milenial mengenal Global TV sebagai TV yang kartun banget. Walaupun serial kartun tidak sebanyak dulu namun untungnya Spongebob Squarepants masih dipertahankan.

Frekuensi GTV di K-Vision

Frekuensi GTV di Telkom 4 Terbaru
Foto oleh Erick Jozt

Berikut ini adalah frekuensi GTV di K-Vision baik itu Bromo C2000 C-band ataupun Cartenz K2000 Ku-band.

Nama SatelitFrekuensi
Telkom 4 108.0°E3860 V 31000
Telkom 4 108.0°E4060 V 31000
Measat 3a 91.4°E12436 H 31000

Di satelit Telkom 4 yang mengudara di 108° Bujur Timur, siaran yang HD ada di transponder 3860 V. Untuk Ku-band siaran Global TV SD dan HD berada dalam transponder sama.

Sayang sekali kualitas HD dari GTV di K-Vision mentok 720p, berbeda dengan RCTI yang lebih cling dengan 1080p.

Di awal tahun 2022, banyak pelanggan yang bertanya “kenapa siaran GTV hilang di parabola?”. Padahal dulu teknisi menjanjikan gratis selamanya asal beli decoder K-Vision.

Pernyebabnya adalah kebijakan baru dimana GTV serta ketiga channel MNC Group lainnya hanya bisa dinikmati setelah membeli paket berlangganan.

Hal ini sedikit berbeda dengan dulu dimana gratis setelah aktivasi bagi pelanggan baru. Sekarang gratis sebagai bonus membeli paket. Freqnesia menyarankan beli paket CLING seharga Rp.9.900/ 30 hari.

Frekuensi GTV NEX Parabola

Frekuensi GTV Ku-band Terbaru
Foto oleh Angga Harahap

Berikut ini adalah frekuensi GTV di NEX Parabola C-band dan Ku-band apapun type decoder yang digunakan.

Nama SatelitFrekuensi
Telkom 4 108.0°E4180 V 29800
SES 9 108.2°E11921 V 45000

Sayang sekali siaran di Telkom 4 tidak bisa ditargetkan oleh pengguna Matrix Garuda. Padahal Pay TV lama ini sekarang dikelola dan diadministrasikan oleh NEX Parabola.

Tak ada pilihan gambar Cling dengan format video High Definition, kita harus puas dengan siaran Small Definition.

Itulah frekuensi GTV 2022 di dua Pay TV paling populer saat ini. Sebenarnya masih ada yang lain sebut saja di Nusantara HD, Transvision ataupun siaran Uplink dari MNC Media yang teracak Conax.

Tidak ada harapan mencari siaran yang gratis ataupun yang mendukung format MPEG-2. Saat ini pengguna parabola wajib memilih salah satu Pay TV.

Cara Mencari GTV yang Menghilang

Foto oleh Polina Zimmerman dari Pexels

Meskipun sudah kehilangan banyak kartun dari Nickelodeon namun Global TV masih diminati anak Indonesia. Favorit mereka adalah Spongebob Squarepant yang ditayangkan setiap hari mulai pagi, siang dan sore.

Tidak heran banyak orang tua yang ingin mengembalikan siaran GTV yang hilang demi hiburan sang anak.

Sayangnya semua siaran GTV pasti terkunci, ada lambang $ (dollar) di sampingnya yang berarti scrambled/ teracak. Bisskey tidak dapat digunakan karena acakannya bukanlah BISS melainkan Conax, Irdeto, Videoguard atau ABV.

Ganti Receiver

Sama halnya dengan channel RCTI dan MNCTV yang dimiliki Media Nusantara Citra, saat ini tidak ada siaran FTA untuk Global TV. Cara termurah untuk nonton GTV di parabola adalah membeli K-Vision, Nusantara HD atau NEX Parabola.

Syaratnya cukup membeli receiver rekomendasi dan beli paket, GTV langsung cling kembali di layar televisi anda. Alternatif lain ada dalam paket langganan TransVision dan MNC Vision yang harganya lumayan mahal.

Pertimbangan baik-baik sebelum membeli receiver, Pay TV memiliki kelebihan masing-masing terutama program premium olahraga.

Jika hanya ingin menargetkan channel dari MNC Group, K-Vision bisa dibilang pilihan terbaik. Alasannya karena 60% saham Pay TV ini sudah diakusisi oleh MNC Vision Networks. Pasti tayangan lebih ekslusif dibandingkan tempat lain.

Jika tidak ingin membeli receiver rekomendasi Pay TV, solusinya adalah melupakan Global TV. Cari channel favorit baru toh sekarang banyak TV lokal yang punya siaran menarik. Dengan parabola kita dapat mencari ratusan channel gratis dengan lock beberapa satelit dalam satu dish.

Beralih Ke UHF

Ohya siaran GTV tidak hanya hilang di siaran melalui satelit lho. Daerah Malang, Kediri hingga Madiun juga kehilangan channel ini di terestrial antena UHF pada pertengahan 2019. Alasannya karena masalah legalitas ijin frekuensi.

Namun sejak proses digitalisasi dikebut pemerintah, GTV mulai hadir kembali di TV Digital. Perlahan tapi pasti banyak daerah bisa kembali nonton Spongebob.

Cobalah pasang antena biasa kembali, semoga kali ini daerahmu sudah tercover sinyal teresrial. Gunakan aplikasi pencari sinyal digital untuk mencari arah yang benar.

Streaming Online

Jika ingin nonton banget bisa streaming online. Sama saja dengan jalur parabola, pilihannya juga sangat minim terbatas dengan layanan dari MNC Group seperti situs official GTV, RCTI+ dan Vision+.

Kalau tujuan kalian hanya ingin nonton Spongebob, lebih baik nonton di layanan lain seperti Netflix. Kalian juga bisa berlangganan Nickelodeon di Parabola. Versi Global TV terlalu banyak sensor yang kadang membuat cerita terkesan aneh.

Kesimpulan

Pada tahun 2022 siaran free to air dari GTV telah menghilang di berbagai satelit C-band dan Ku-band. Semua teracak 24 jam setelah sebelumnya hanya teracak di prime time (sore-malam). Keputusan ini tentu mengecewakan pecinta Spongebob terutama anak-anak.

Solusi untuk pengguna parabola jaring dan mini hanyalah siaran free to view dari Pay TV.

Para teknisi biasanya menawarkan receiver dari K-Vision, Nusantara HD dan NEX Parabola dengan harga 300 ribuan rupiah. GTV dapat dinikmati gratis dengan receiver tsb tanpa berlangganan setiap bulan. Update: sekarang wajib beli paket untuk bonus gratis.

Sama hanya dengan channel MNC Group lainnya, GTV juga bisa ditonton dengan Live Streaming di aplikasi RCTI+ dan situs rctiplus.com. Selain siaran langsung, kita dapat nonton ulang program acara 7 hari kebelakang. Mantap kan? Untuk menikmati layanan ini harus menggunakan internet yang cepat plus stabil.

Freqnesia akan sesegera mungkin mengupdate artikel frekuensi GTV ini jika terjadi perubahan kode. Tujuan kami adalah menyajikan informasi akurat yang up to date kepada seluruh pengguna parabola di Indonesia. Semoga dapat membantu teman-teman untuk mendapatkan kembali siaran Global TV yang hilang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.