Frekuensi iNews Terbaru di Parabola

Frekuensi iNews Terbaru

iNews singkatan dari Indonesia News adalah saluran televisi swasta yang didirikan oleh PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC Media). Seperti namanya News yang berarti Berita, sebagian besar acara yang ditayangkan adalah program berita. Pada artikel ini freqnesia akan memberikan kode frekuensi iNews terbaru di berbagai satelit termasuk siaran free to air di Palapa D.

Pasti banyak yang menduga bahwa iNews adalah stasiun televisi yang baru mengudara 5 tahun yang lalu. Faktanya channel satu ini diluncurkan sejak 2007 dengan nama Sun TV dan berubah menjadi SindoTV pada 2011. Selanjutnya pada tahun 2015 ganti lagi dengan nama iNews TV. Terakhir kata TV dihilangkan hingga jadi seperti yang sekarang.

Konten beragam mulai dari berita nasional (politik, hukum, peristiwa dan megapolitan), ekonomi, olahraga, lifestyle, internasional, teknologi, travel dan otomotif. Selain itu iNews sering mendapatkan hak siar turnamen olahraga seperti Liga Futsal Profesional Indonesia, Eredivisie dan Proliga 2019. Tayangan sports inilah yang menjadi alasan para tracker berburu nomor frekuensi dan bisskey terbaru jika siaran iNews hilang.

Frekuensi iNews di Parabola

Sejak pertengahan tahun 2019 channel MNC TV, RCTI dan Global TV teracak 24 jam di televisi satelit. Hal ini membuat pemirsa setia iNews was-was. Mereka takut channel favoritnya menyusul karena juga bernaung di bawah MNC Group. Ditambah lagi pada awal Juli siaran yang ada di satelit JCSAT 4b tiba-tiba menghilang.

Frekuensi iNews C-band

Pengguna parabola jaring memiliki dua pilihan siaran free to air (FTA) di satelit Palapa D. Kebetulan salah satunya masih bisa disaksikan dengan receiver MPEG-2.

iNews menempati transponder milik MNC Media yang sepaket dengan RCTI, GTV dan MNC TV. Bedanya yang lain teracak acakan maut sedangkan iNews aman-aman saja.

Nama Satelit Posisi Frekuensi Keterangan
Palapa D 113.0°E 3774 H 6500 FTA MNC Media
DVB-S
MPEG-4
Palapa D 113.0°E 4140 V 29900 $Nex Parabola
DVB-S2
MPEG-4
Palapa D 113.0°E 3808 V 8800 FTA MNC Media
DVB-S
MPEG-2
SES 7 108.2°E 2595 H 20000 $MNC Vision
DVB-S2
MPEG-4

Untuk siaran yang free to view bisa didapatkan dari NEX Parabola. Tidak terlihat iNews dalam transponder yang ditempati K-Vision paket Bromo. Sepertinya memang sengaja karena sudah ada siaran FTA di Palapa D.

Sempat terjadi perubahan frekuensi di Desember 2019 sehingga siaran iNews menghilang. Siaran yang awalnya berada di 4186 V 8800 pindah ke 3808 V 8800. Hal ini membuat banyak pengguna receiver kebingungan walaupun solusinya sangatlah mudah, cukup ganti frekuensi dan scan ulang.

Frekuensi iNews Ku-band

Saat ini hanya tersedia dua pilihan bagi pengguna parabola mini yaitu K-Vision atau NEX parabola. Keduanya mewajibkan penggunaan receiver khusus untuk menikmati siaran televisi Nasional. Sayang sekali padahal dulu iNews juga ada di BiGTV JCSAT 4b dan sempat mampir ke Ninmedia Chinasat 11.

Nama Satelit Posisi Frekuensi Keterangan
SES 9 108.2°E 11921 V 45000 $Nex Parabola
DVB-S2
MPEG-4
Measat 3a 91.4°E 12436 H 31000 $K Vision
DVB-S2
MPEG-4

Ohya iNews tidak masuk ke TransVision satelit Measat 3a. Artinya pengguna Nusantara HD tidak akan mendapatkannya sebagai bonus promo. Aneh sekali padahal televisi berlangganan dari Trans Crop ini terkenal dengan pilihan channel televisi yang lengkap.

Cara Mencari iNews yang Menghilang

Sering kali siaran iNews yang awalnya normal tiba-tiba gelap sehingga tidak bisa disaksikan seperti biasa. Jangan buru-buru mengubah settingan receiver ataupun arah parabola. Kita pahami dulu mengapa siaran menghilang, ada banyak kemungkinan seperti teracak, gangguan, maintenance, ganti frekuensi atau berhenti siaran.

Kita dapat mencari informasi terbaru di grup facebook berisi pengguna parabola Indonesia. Jika memang iNews hilang berjamaah seluruh Nusantara pasti banyak orang yang membicarakannya. Kalau tidak ada info kemungkinan peralatan anda yang bermasalah, silahkan cek satu persatu.

Berganti Frekuensi

Seperti yang terjadi pada Desember 2019 kemarin, tiba-tiba siaran iNews menghilang dari satelit Palapa D. Asumsi pun melebar kemana-mana, banyak yang bilang bahwa iNews akan menyusul stasiun TV dari MNC lainnya. Ternyata hal tersebut salah, iNews masih free to air hanya frekuensi saja yang berubah.

Solusi untuk mengatasi perubahan frekuensi adalah menghapus frekuensi lama dan menggantinya dengan yang baru. Selanjutnya cukup scan ulang dan hasilnya pasti siaran cling kembali. Biasanya hanya pindah transponder saja walaupun tidak menutup kemungkinan akan pindah satelit.

Berhenti Siaran

Misalnya pada awal Juli 2019 dimana iNews tutup tirai di BiG TV. Kemungkinan besar hilang permanen karena tidak ada tanda untuk balik lagi. Satu-satunya cara menonton kembali adalah mencari satelit lain yang masih menayangkan. Gunakan tabel frekuensi iNews di atas sebagai bahan pertimbangan.

Saat ini yang free to air hanya ada di Palapa D, transponder 3774 H 6500 dan 4186 V 8800. Tidak ada yang gratis di jalur Ku-band. Alternatif lain adalah streaming online misal RCTIplus.com dan MeTube.id. Keduanya merupakan situs resmi yang juga dimiliki oleh Bapak Hary Tanoesoedibjo (pemilik dari MNC Group).

Siaran Olahraga Teracak

Inews sering mendapatkan hak siar Sports salah satunya Proliga 2019. Sayangnya saat pertandingan dimulai, siaran di parabola pasti teracak. Semua channel dari MNC Group tidak menggunakan BISS melainkan acakan maut Conax. Mencari bisskey iNews terbaru kemanapun dijamin tidak dapat membuka acakan tersebut.

Kalau anda tinggal di daerah terjangkau sinyal terestrial sebaiknya pasang antena UHF kembali karena iNews cling di terestrial. Nah bagi yang mengandalkan parabola, carilah channel alternatif yang menyiarkan pertandingan tersebut. Biasanya ada feed di satelit Telkom 3s atau Palapa D. Siarannya berjenis feed sehingga frekuensi sering berubah-ubah dan hanya aktif saat liga berlangsung.

Kesimpulan

Tidak seperti stasiun televisi milik MNC Group lainnya, iNews masih memiliki siaran FTA di satelit Palapa D jalur C-band. Pengguna parabola jaring bisa lock dengan receiver lama yang support standar DVB-S dan format MPEG-2.

Sedangkan di Ku-band, iNews hanya ada dalam paket NEX Parabola dan K-Vision. Keduanya free to view artinya gratis asalkan menggunakan receiver mereka. Kualitas iNews dikedua Pay TV tersebut tidak jauh berbeda. Tetapi jika disuruh memilih, freqnesia menyarankan K-Vision. Alasannya karena iNews dan K-Vision sama-sama bernaung di bawah PT Media Nusantara Citra Tbk.

Sekian dulu artikel tentang frekuensi iNews terbaru di berbagai satelit baik itu C-band ataupun Ku-band. Jangan lupa bookmark laman ini untuk mendapatkan solusi dari siaran iNews yang menghilang di parabola. Freqnesia akan secepat mungkin mengganti data di atas ketika ada perubahan frekuensi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *