Frekuensi JTV Terbaru di Palapa D dan UHF

Frekuensi JTV di Palapa D dan Ninmedia

JTV singkatan dari Jawa Pos Media Televisi adalah stasiun TV swasta regional pertama dan terbesar di Indonesia. Secara terestrial telah menjangkau sebagian besar wilayah Jawa Timur. Selain itu juga disiarkan free to air melalui satelit sehingga bisa dinikmati dari seluruh Nusantara. Berapakah frekuensi JTV terbaru di parabola dan UHF?

Channel satu ini mengandalkan program berisi informasi dan hiburan yang diangkat dari kearifan lokal terutama dari Jawa Timur. Sebut saja Pojok Kampung, Ndoro Bei, Anehe Jagad, Mangan Weenak dan acara lain yang Satus Persen Jatim. JTV sendiri merupakan bagian dari Jawa Pos Group yang merelai acara Jawa Pos TV termasuk program Viceland.

Pemirsa setia JTV tidak hanya berasal dari provinsi Jawa Timur saja. Banyak masyarakat luar daerah yang menyukai gaya bahasa khas Suroboyoan yang unik. Tidak heran channel dengan slogan Rona Jawa Timur, Warna Indonesia ini menjadi salah satu TV regional terpopuler.

Frekuensi JTV di Parabola

Channel JTV disiarkan secara free to air lewat satelit Telkom 4 C-band dan Garmedia Measat 3a Ku-band. Jarang-jarang lho ada stasun televisi regional yang tersedia dalam dua jalur seperti ini. Apalagi yang dipilih adalah satelit populer yang sering dilock pengguna parabola Indonesia.

Frekuensi JTV C-band

Pilihan terbaik untuk pemilik parabola jaring adalah Telkom 4 dengan frekuensi 4080 H 32677. Siarannya menggunakan standar DVB-S dan format video MPEG-2. Satu transponder dengan saluran televisi yang juga FTA yaitu Sinema Indonesia X, tvOne, Metro TV dan I AM Channel. Di Palapa D memang masih ada siaran JTV namub lebih baik yang Telkom 4.

Nama SatelitPosisiFrekuensiKeterangan
Palapa D 113.0°E 3880 H 29900FTA
DVB-S
MPEG-2
Telkom 4108.0°E4080 H 32677FTA
DVB-S
MPEG-2

Satelit satu ini jangkauannya sampai luar negeri lho misal Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina dan sebagian Australia. Warga Jatim yang merantau ke luar negeri bisa menyaksikan JTV dengan bermodalkan decoder minimal DVB-S, parabola jaring dan LNB C-band.

Frekuensi JTV Ku-band

Siaran yang free to air berada di Garmedia satelit Measat 3a. Kita bisa menyaksikan gratis asalkan memakai decoder support MPEG-4 dan standar DVB-S2. Selain itu ada pilihan free to view dari SMV FreesatTV, gratis asalkan dengan decoder rekomendasi yang disebut dengan MMP Raja Ampat.

Nama SatelitPosisiFrekuensiKeterangan
ChinaSat 1198.0°E12560 V 43200FTA Ninmedia
DVB-S2
MPEG-4
Measat 3a91.4°E12436 H 31000FTA Garmedia
DVB-S2
MPEG-4
Measat 3b91.5°E12643 H 30000$TransVision
DVB-S2
MPEG-4
ABS 2A75.0°E12290 V 44000$SMV FreesatTV
DVB-S2
MPEG-4

Dulu JTV juga sempat mampir di Ninmedia yang ada di satelit Chinasat 11. Sayangnya sekarang sudah hilang dan pindah lagi ke Measat 3a. TransVision bisa dipertimbangkan asalkan memakai receiver Nusantara HD yang harganya lumayan terjangkau.

Frekuensi JTV UHF

Jawa Pos Media Televisi mempunyai afiliasi biro JTV dan surat kabar yang tersebar di beberapa kabupaten Jawa Timur. Masing-masing biro memiliki program acara berbeda yang diliput dari daerah sekitarnya misal JTV Madiun punya Suguhan Sepincuk Berita dan Mlaku-Mlaku.

Berikut ini adalah tabel data frekuensi JTV di antena UHF lengkap dengan MHz,

Biro JTVUntuk WilayahUHF
JTV SurabayaGerbangkertosusila
Pasuruan
Probolinggo
60 UHF
799.25 MHz
JTV MalangMalang
Batu
Kab. Malang
34 UHF
575.25 MHz
JTV MadiunMadiun
Magetan
Ngawi
Ponorogo
42 UHF
639.25 MHz
JTV Kediri Kediri
Blitar
Tulungagung
31 UHF
551.25 MHz
JTV JemberJember50 UHF
703.25 MHz
JTV BojonegoroBojonegoro
Tuban
41 UHF
631.25 MHz
JTV BanyuwangiBanyuwangi36 UHF
591.25 MHz
JTV PacitanPacitan25 UHF
503.25 MHz
JTV TrenggalekTrenggalek50 UHF
703.25 MHz
JTV BondowosoBondowoso
Situbondo
37 UHF
599.25 MHz

Data di atas diambil dari laman situs wikipedia yang sewaktu-waktu bisa berubah. Kebetulan semua saluran TV lokal tsb sudah freqnesia bahas dalam artikel sebelumnya yaitu Frekuensi Jawa Pos TV UHF. Kalau tempat tinggal anda belum ada dalam tabel, coba naikkan dan arahkan antena ke kota terdekat.

Kesimpulan

JTV merupakan stasiun televisi regional pertama dan terbesar di Indonesia yang disiarkan secara terestrial untuk wilayah Jawa Timur. Selain itu ada siaran melalui satelit yang dapat ditangkap dari seluruh Indonesia dan negara tetangga. Alternatif lain adalah jaringan TV kabel dan TV Internet (IPTV).

Siaran yang disarankan untuk pengguna parabola jaring ada di satelit Telkom 4. Kebetulan ada pilihan dengan kualitas sama yaitu MPEG-2. Sedangkan Ku-band berada dalam satelit Measat 3a. Keduanya free to air artinya bisa disaksikan gratis dengan sembarang merek dan tipe receiver.

Itulah frekuensi JTV terbaru baik itu di parabola maupun antena UHF. Makin hari channel kebanggaan masyarakat Jawa Timur ini makin berkembang. Sayangnya belum bisa dibilang sebanding dengan TV Nasional. Masih banyak siaran home shopping ataupun talkshow yang menjual produk tertentu. Kita doakan saja yang terbaik!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *