Ingin Tahu Frekuensi K Vision C-band dan Ku-band Terbaru 2023? Cek Disini!

Update terbaru tahun 2023 mengenai frekuensi K Vision Ku-band dan C-band. Pengguna dapat mencari informasi tentang cara setting, transponder, harga paket, kelebihan & kekurangan serta daftar channel gratis.

K-Vision menawarkan dua jenis produk STB (Set Top Box) yaitu Bromo C2000 untuk frekuensi C-band yang disiarkan melalui satelit Telkom 4 108.0°BT dan Cartenz K2000 untuk frekuensi Ku-band di satelit Measat 3a 91.4°BT.

Kemudian, K-Vision mengeluarkan decoder baru yaitu GOL untuk Garmedia yang dapat diterima dari satelit Measat 3a. GOL merupakan singkatan dari Gardiner, Optus dan LGsat. Transponder ini menyediakan siaran Free to Air yang dapat ditangkap dengan decoder lainnya.

Daftar Frekuensi K Vision Terbaru

Untuk C-band, ada di satelit Telkom 4 dengan frekuensi 3860 V 31000 dan 4060 V 31000. Sedangkan untuk siaran Ku-band, ada di Measat 3a dengan frekuensi 12396 H 31000 dan 12436 H 31000.

Secara default, frekuensi K Vision sudah dikonfigurasi pada receiver. Namun terkadang data yang ditambahkan tidak lengkap, seperti hanya ada satelit Telkom 4 di receiver Bromo C2000 tanpa satelit Measat 3a atau sebaliknya di Cartenz K2000.

Untuk itu, pengguna harus menambahkan frekuensi secara manual atau melakukan upgrade pada software (SW) receiver.

Cara setting K Vision itu mudah, pastikan arah antena parabola sudah tepat maka sinyal akan langsung terdeteksi. Lanjut dengan memasukkan nomor frekuensi di pengaturan dan lakukan scan. Channel FTV dan FTA pasti langsung cling sedangkan yang bertanda dollar bisa dibuka dengan berlangganan paket premium.

Namun jika tidak ada sinyal setelah semua peralatan terpasang, pengguna dapat membaca artikel “Cara Mengatasi Decoder Tidak Dapat Menerima Sinyal K Vision“. Dengan sedikit cek dan setting, sinyal pasti bisa ditangkap.

Frekuensi K Vision Ku-band di Measat 3a

Frekuensi K Vision Ku-band yang pertama adalah 12396 H 31000 yang berisi channel premium yang dienkripsi dengan sistem Conax/ Neotion SHL. Frekuensi kedua adalah 12436 H 31000 yang memiliki beberapa channel Free to Air. Transponder ini dahulu dikenal dengan nama Garmedia.

Siaran televisi yang disiarkan melalui satelit Measat 3a orbit 91.4°BT ditujukan untuk pengguna yang menggunakan dish mini dengan LNB Ku-band. Untuk dapat menonton siaran yang dienkripsi, pengguna harus menggunakan receiver khusus seperti Cartenz atau GOL. Kemudian, aktivasi paket K-Vision yang sesuai dengan kebutuhan.

12396 H 31000

Frekuensi K Vision di Measat 3a Ku-band
Foto Oleh Abong

Berikut ini adalah informasi lengkap tentang frekuensi K Vision terkuat dan saluran televisi yang dapat anda nikmati.

  • Frekuensi 12396 MHz
  • Polaritas Horisontal
  • Symbol Rate 31000 kSps / kHz
  • FEC 2/3

Sebagian besar channel yang ada di frekuensi K Vision di Measat 3a di atas masuk dalam paket premium. Cara untuk membuka siaran yang terkunci hanyalah dengan berlangganan paket dan menggunakan decoder khusus.

Metode lain seperti bisskey, powerVu, atau key lain tidak dapat digunakan. Saat ini, mencari siaran gratis di parabola semakin sulit. Tidak hanya program bola, banyak channel TV Nasional yang hanya tersedia di Pay TV.

12436 H 31000

frekuensi garmedia siaran gratis K Vision di Measat 3a

Garmedia adalah siaran digital gratis dari K-Vision yang bekerja sama dengan tiga produsen receiver yaitu Gardiner, Optus, dan LGsat.

Receiver yang direkomendasikan untuk Garmedia sering dikenal dengan sebutan GOL, singkatan dari ketiganya, yaitu Gardiner G-88HD Ottimo, Optus OP-66HD dan LGsat LG-101 Stars.

Berbeda dengan frekuensi sebelumnya yang banyak siaran terkunci, di Garmedia lebih banyak channel yang dapat disaksikan secara gratis. Sayang untuk kualitas kurang bagus, lebih banyak channel lokal.

Frekuensi Garmedia Ku-band di satelit Measat 3a adalah 12436 H 31000. Berikut ini adalah data lengkap frekuensi tersebut beserta tabel daftar saluran televisi yang tersedia di dalamnya.

  • Frekuensi 12436 MHz
  • Polaritas Horisontal
  • Symbol Rate 31000 kSps / kHz
  • FEC 2/3

Terdapat kurang dari 40 channel TV lokal dan internasional, mayoritas free to air yang dapat disaksikan dengan receiver MPEG-4 merk dan tipe apa saja.

Kehadiran Garmedia bertujuan untuk meningkatkan persaingan K-Vision dengan Ninmedia sebagai layanan siaran TV melalui satelit Ku-band terbaik.

Strategi ini terbukti berhasil, sejak pertengahan tahun 2019, K-Vision menjadi lebih populer. Hal ini disebabkan karena stasiun TV nasional yang lebih lengkap, bahkan menyediakan RCTI, MNC TV, dan GTV yang sekarang tidak tersedia di Ninmedia. Selain itu, paket siaran premium K-Vision dinilai lebih berkualitas dari segi hiburan atau olahraga.

Frekuensi K Vision C-band di Telkom 4

Frekuensi K Vision yang tersedia melalui satelit Telkom 4 adalah 3860 V 31000 dan 4060 V 31000. Frekuensi ini dapat digunakan untuk mencari siaran yang hilang di decoder Bromo C2000 dengan perangkat dish jaring dan LNB C-band.

K-Vision memutuskan untuk melakukan migrasi ke Telkom 4 atau yang juga dikenal sebagai satelit Merah Putih. Ini dilakukan setelah kegagalan launch satelit Nusantara 2 yang seharusnya menempati slot 113° (sebelumnya ditempati oleh satelit Palapa D yang sudah habis masa operasinya).

Frekuensi K Vision di Telkom 4 terbaru
Foto oleh John Mark Smith dari Pexels

3860 V 31000

Frekuensi K-Vision di Telkom 4 ini menyediakan deretan channel premium dari HBO. Jumlah hanya sebanyak 26 channel, dan kemungkinan akan bertambah lagi di masa yang akan datang. Diharapkan, K-Vision dapat menambahkan saluran TV baru, terutama program film dan olahraga.

Berikut ini adalah informasi frekuensi lengkap beserta daftar saluran televisi yang tersedia di dalamnya.

  • Frekuensi 3860 MHz
  • Polaritas Vertikal
  • Symbol Rate 31000 kSps / kHz
  • FEC 2/3

Sekarang terlihat bahwa tiga channel dari MNC Group sudah disiarkan dalam format HD 720. Meskipun demikian, banyak yang menganggap bahwa kualitas siaran belum sesuai dengan standar “real HD”. Semoga ini bisa menjadi sebuah awal yang baik bagi perkembangan televisi di Indonesia.

Yang terupdate, kini ada saluran TVN yang sangat diminati karena program drama dan variety show dari Korea Selatan. Selain itu, ada juga Sport Passion (SPO TV) yang fokus menayangkan program olahraga.

4060 V 31000

Transponder Telkom 4 ini bisa dibilang sebagai pengganti transponder 3600 V 31000 yang dulu di satelit Palapa D. Terisi dengan stasiun TV nasional yang sudah tersedia dalam pilihan siaran gratis (FTA) di satelit Telkom 4.

Berikut ini adalah informasi frekuensi lengkap untuk pengaturan decoder beserta daftar saluran televisi yang tersedia di dalamnya.

  • Frekuensi 4060 MHz
  • Polaritas Vertikal
  • Symbol Rate 31000 kSps / kHz
  • FEC 2/3

Perlu diingat bahwa masa operasi satelit Telkom 4 masih cukup lama, sehingga tidak perlu khawatir jika akan hilang kembali. Sebaiknya, alihkan arah parabola Anda dari Palapa D ke Telkom jika siaran K-Vision yang Anda nikmati masih gelap.

Cara Setting K-Vision Bromo dan Cartenz

Cara tracking satelit Telkom 4 dan Measat 3a itu mudah untuk dilakukan. Tidak perlu alat tempur mahal atau dish yang super lebar karena sinyal menjangkau seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Walaupun menggunakan LNB yang berbeda yaitu Ku-band dan C-band, cara untuk mencari sinyal satelit ini tetap sama. Anda hanya perlu bersabar untuk mencari arah yang tepat agar dapat mendapatkan kualitas sinyal terbaik.

1. Pasang Antena Parabola

Pastikan lokasi yang dipilih tidak terhalang oleh bangunan atau pohon. Tujuannya agar parabola langsung mengarah ke tempat dimana satelit berada tanpa halangan berarti.

Pemasangan tiang harus kuat agar tidak mudah digerakkan oleh angin kencang atau hujan. Untuk parabola jaring sebaiknya jangan ditaruh atap demi faktor keamanan. Mengingat kualitas sinyal yang luber, ditaruh bawah pun SQ bisa di atas 80%.

2. Pasang LNB, Kabel hingga ke Receiver

Selanjutnya pasang LNB ke bracket yang tersedia, dan hubungkan kabel dari LNB ke receiver. Pastikan kabel tidak tertekuk yang dapat menyebabkan kerusakan. Lebih baik jika kabel tidak terkena hujan secara langsung.

Jangan menempelkan kabel dengan atap yang terbuat dari logam seperti seng atau baja ringan. Jenis atap seperti ini mudah panas hingga menyebabkan kabel cepat rusak. Selain itu ditakutkan terjadi konslet hingga kesetrum kalau kabel terkelupas.

3. Masukkan Nomor Frekuensi K-Vision Terbaru

Untuk dapat menonton siaran dari K-Vision, masukkan nomor frekuensi terbaru ke dalam pengaturan receiver. Caranya adalah masuk ke menu Instalasi, pilih Daftar Satelit, dan klik tombol merah untuk menambahkan satelit baru.

Sesuaikan pengaturan antena dengan LNB Freq yang digunakan, yaitu C-band 5150 dan Ku-band 9750-10600. Pilih letak pemasangan LNB di DiSEqC atau pilih Disable jika tidak menggunakan.

Setelah itu, masukkan Transponder/ TP mulai dari Frekuensi, Simbol Rate, dan Polaritas. Pastikan informasi ini sesuai dengan frekuensi K-Vision terbaru dan jenis LNB yang digunakan.

Jika intensitas sinyal sudah muncul, berarti alat sudah terpasang dan berfungsi dengan baik. Namun jika intensitas sinyal masih 0 dan kualitas sinyal juga 0, coba copot dan pasang kembali kabel di antena dan receiver. Jika masih tidak ada perubahan, mungkin terdapat kerusakan pada salah satu perangkat.

4. Mengatur Arah Parabola ke Satelit

Bagi yang ingin mengunci satelit Telkom 4, satelit ini berada di 108° garis bujur timur. Jika dilihat dari peta berada di sebelah Barat kota Pontianak. Dari Jawa, posisi parabola menghadap atas lalu geser ke Utara.

Sedangkan untuk satelit Measat 3a berada di 91.4° garis bujur timur. Jika dilihat pada peta berada di sebelah barat provinsi Sumatera Utara. Dari Jawa, posisi parabola menghadap atas lalu geser perlahan ke Barat Laut.

Untuk menemukan arah satelit, Anda dapat menggunakan aplikasi tracking android seperti Satfinder. Geser perlahan parabola hingga mendapatkan sinyal terbaik yang ditandai dengan kualitas sinyal yang stabil di layar televisi. Kunci posisi parabola setelah mencapai tingkat kualitas sinyal sekitar 80-90%

5. Scan

Langkah terakhir adalah melakukan scan di Set Top Box dengan memindai kedua transponder dari K-Vision. Klik tombol Biru pada remot dan pilih opsi “Tidak” pada menu “Hanya FTA” karena siaran K-Vision bukan merupakan siaran gratis (FTA) tetapi teracak.

Tunggu beberapa menit hingga proses scan selesai dan Anda dapat menikmati channel gratis (bonus paket dan Free to View). Kalau masih ada siaran yang ditandai dengan $ (dollar), itu berarti siaran tersebut teracak dan dapat dibuka dengan berlangganan paket K-Vision.

Cara Membuka Siaran Teracak di K Vision

K-Vision, seperti kebanyakan layanan televisi berlangganan satelit, menggunakan enkripsi Conax/ Neotion SHL untuk melindungi siarannya dari pemasangan ilegal.

Kedua algoritma enkripsi ini sering disebut sebagai acakan maut karena sulit untuk dibobol (tidak seperti bisskey atau PowerVu). Oleh karena itu, sulit untuk menonton siaran K-Vision tanpa berlangganan dan menggunakan kartu akses yang sesuai.

  1. Membeli Decoder Rekomendasi K-Vision
    Sebagian besar decoder terbaru dari K-Vision sifatnya hybrid, yang berarti dapat digunakan untuk menerima sinyal satelit pada frekuensi C-band maupun Ku-band.

    Namun, untuk mendapatkan kualitas sinyal yang optimal, disarankan untuk membeli decoder khusus untuk masing-masing frekuensi. Misalnya, decoder Bromo C2000 dapat digunakan untuk sinyal C-band, sedangkan decoder Cartenz K2000 atau Gol dapat digunakan untuk sinyal Ku-band.
  2. Aktivasi Akun
    Anda dapat mengirimkan pesan melalui WhatsApp ke nomor 0811 8500 828 dengan format “REG(spasi)NAMA#NO HP#NO SERIAL#NO CAS#KODE SALES“. Setelah mengirimkan pesan tersebut, Anda akan menerima balasan dari K-Vision yang mengonfirmasi bahwa pendaftaran pelanggan dengan nama tertentu telah berhasil dilakukan.
  3. Cek Hasilnya
    Setelah melakukan aktivasi paket FTV (Free to View), Anda seharusnya dapat menonton siaran-siaran bonus yang tersedia. Namun, jika ingin lebih yakin, Anda dapat mengecek status paket dengan mengirim pesan “CEKPAKET(spasi)Nomor Pelanggan” ke nomor WhatsApp K-Vision. Akan ada balasan dari K-Vision yang mengonfirmasi bahwa paket FTV telah diaktifkan dan siap untuk ditonton.

Sebagai catatan, paket bonus aktivasi dan daftar channel FTV (Free to View) sering mengalami perubahan. Sejak tahun 2022, channel MNC Group bukan bonus aktivasi decoder, tetapi diubah menjadi bonus paket berlangganan.

Proses aktivasi paket FTV dapat menjadi membingungkan bagi para pengguna pemula. Untuk itu, disarankan untuk meminta bantuan ke toko tempat Anda membeli decoder K-Vision. Bagi yang membeli dengan bantuan teknisi, biasanya sudah dibantu untuk proses aktivasi dan instalasi.

Daftar Paket K-Vision Cartenz dan Bromo

Perlu diingat, informasi di bawah diambil dari Revisi-Brosur-K-Vision untuk periode terbaru, dan ditulis sesuai dengan apa yang tertera pada website resmi K-Vision. Sebaiknya selalu cek website resmi atau kontak K-Vision untuk informasi yang lebih terbaru.

Link Download Brosur Paket K-Vision Terbaru

https://www.k-vision.tv/uploads/pdf/revisi-brosur-k-vision.pdf

Paket Cling – CL-01

Harga Rp.9900/ 30 hari. My Cinema Asia, My Family Channel, My Cinema, My Kidz, Fight Sports, Net Geo Channel, Nat Geo Wild, MTV 90s, MTV Live, Mnc News, OKTV, ENT, Rock Extreme, Rock Entertainment, IE, Vision Prime, Music TV, Zoo Moo, Kids TV, Zee Bioskop, Muslim TV, TVN.

Paket Jowo – JW01

Harga Rp.15ribu/ 30 hari: Channel Jowo dan MNC Sports HD

Paket Film – FILM (Free paket Joss 30 hari)

Harga Rp. 89ribu/ 30 hari. Chanenl Jowo, HBO, HBO Hits, HBO Family, HBO Signature, Cinemax, Celestial Movies, Celestial Classic, TVN Movies.

Paket BEIN – BEIN (Free paket Joss Gibol 30 hari)

Harga Rp.79ribu/ 30 hari: Bein Sports HD 1 dan Bein Sports HD 3.

Paket Joss – 1201 (Free paket Cling 30 hari)

Harga Rp.19.900/ 30 hari. Harga Rp. 89 ribu/ 30 hari: Rock Ent, Rock Extreme, Fight Sports, MTV 90s, MTV Live, My Cinema, My Cinema Asia, My Family, My Kids, Nat Geo CH, Nat Geo Wild, Zee Bioskop, Zoo Moo, IE, Kids TV, ENT, MNC News, Muslim TV, OK TV, Vision Prime, Music TV, AFN, Animal Planet, Discovery CH, AXN dan One.

Paket SPOTV – 2101 (Free paket Joss Gibol 30 hari)

Harga Rp.79ribu/ 30 hari: SPO TV dan SPO TV 2.

Paket Juara – J01 (Free paket Joss 30 hari)

Harga Rp.199.000/ 30 hari: Bein Sports HD 1, Bein Sports HD 3, Rock Extreme, Rock Entertainment, Fight Sports, HBO, HBO Hits, HBO Family, HBO Signature, Cinemax, Celestial Movies, Celestial Classic, Thrill, Kix, Music TV, IE, KIDS TV, MNC News, MNC Sports, MTV 90s, MTV Live, Muslim TV, My Cinema Asia, My Kids, My Cinema, My Family, NatGeo Channel, NatGeo Wild, Nick Jr, Nickelodeon, OK TV, Vision Prime, SPOTV, SPOTV2, TVN, TVN Movies, Zee Bioskop, Zoo Moo, AFN, Animal Planet, Discovery Channel, AXN dan One.

Paket Olahraga (Free paket Joss 30 hari)

Harga Rp.125.000/ 30 hari: Bein Sports HD 1, Bein Sports HD 3, MNC Sports, Soccer Channel, SPOTV dan SPOTV 2.

Gibol Liga 1 (Free paket Cling 30 hari)

Harga Rp.39.000/ 30 hari: MNC Sports, Soccer Channel

Bonus Channel Gratis Bromo

Didapatkan setelah membeli salah satu paket di atas dengan receiver Bromo. Mereka adalah RCTI, GTV, MNC TV, MNC Shop, Trans TV, Trans 7, ANTV, Arirang, MIC.

Bonus Channel Gratis Cartenz

Didapatkan setelah membeli paket Cartenz yaitu RCTI, GTV, MNC TV, iNews, MNC News, MNC Shop, Trans TV, Trans 7, SCTV, Indosiar, ANTV, NET, TVRI, RTV, Kompas TV, Metro TV, TV One, Berita Satu, O Channel, KTV, Jawa Pos TV, Bali TV, Daai TV, Reformed 21, TV MU, TV 9 Nusantara, Elshinta TV, INTV, Zing, Arirang TV, Quran TV, Channel News Asia, NHK World, DW TV, Anhui TV, France 24, CGTN Documantari, MIC, CDI.

Mengapa bonus channel pada paket Cartenz lebih banyak dibandingkan dengan Bromo? Alasannya karena di satelit Telkom 4 sudah tersedia banyak channel televisi nasional dan lokal yang dapat ditonton secara gratis (FTA)

Sedangkan pada satelit Measat 3a tidak tersedia televisi nasional dan lokal. Oleh karena itu, K-Vision menambahkan lebih banyak channel di jalur Ku-band pada satelit Measat 3a untuk memberikan kesetaraan dalam jumlah channel bonus.

Mengapa RCTI, GTV, MNCTV dan iNews Hilang di K-Vision?

K-Vision kembali membuat kehebohan di kalangan pengguna parabola baik C-band maupun Ku-band dengan pengumuman terbarunya. Keempat channel dari MNC Group yaitu RCTI, MNCTV, GTV dan iNews tiba-tiba tidak dapat diakses.

Hal ini disebabkan karena adanya kebijakan baru dari K-Vision yang diterapkan mulai tanggal 1 Januari 2022, dimana keempat channel tersebut tidak lagi termasuk dalam paket Free to View, tetapi harus berlangganan paket tertentu untuk dapat menonton channel tersebut.

cara berlangganan paket cling K-Vision

Untuk dapat menonton kembali channel-channel dari MNC Group, pengguna parabola harus berlangganan salah satu paket K-Vision, termasuk paket terbaru yaitu Cling yang dijual dengan harga Rp.9.900/ hari.

Harga paket Cling super murah, apa lagi channel yang ditawarkan mirip paket Joss Rp.19.900/30 hari. Selagi promo, disarankan beli Cling yang aktif 12 bulan dengan kode CL12 yang harganya cuma Rp.90.000.

Freqnesia mencatat bahwa keempat stasiun TV dari MNC Group masih dapat ditonton secara gratis, namun hanya sebagai bonus pembelian paket. Hal ini jauh berbeda dibandingkan sebelumnya yang gratis setelah aktivasi decoder dan pembelian paket pertama.

Kebijakan ini cukup mengecewakan karena K-Vision menyatakan bahwa siaran TV Nasional akan gratis hingga 15 tahun. Namun, dalam waktu kurang dari 3 tahun, aturan tersebut sudah berubah.

Penawaran dari K-Vision ini masih worth it! Harga paket Cling Rp.90.000/12 bulan, hitungannya menjadi Rp.250/ hari. Channel yang ditawarkan keren-keren yang jarang ditemui di TV digital antena biasa.

Kelebihan dan Kekurangan K-Vision

Sebelum membeli receiver K-Vision, ada baiknya untuk melakukan evaluasi terhadap kelebihan dan kekurangan. Hal ini akan membantu untuk membuat keputusan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Kelebihan K-Vision

  • Satelit Mudah Dilock
    Satelit Telkom 4 berada di posisi 108.0° Bujur Timur, sementara Measat 3a berada di 91.4° Bujur Timur. Kedua satelit ini mudah dilock dari Indonesia. Posisi parabola yang tegak akan memudahkan untuk menerima sinyal tanpa terhalang oleh pepohonan atau tembok.
  • Sering Mendapatkan Hak Siar Turnamen Olahraga Timnas Indonesia dan Bola Eropa
    Dari berbagai jenis siaran, program olahraga selalu menjadi primadona. Pay TV yang sering menayangkan siaran olahraga adalah K-Vision dan NEX Parabola. Keduanya kerap mendapatkan hak siar dari turnamen bola dan olahraga Indonesia, Asia Tenggara bahkan Dunia.
  • Siaran TV Nasional yang Lengkap
    Di Indonesia, terdapat berbagai macam pilihan layanan TV berlangganan melalui satelit. Untuk kelengkapan channel TV Nasional, K-Vision bisa dikatakan sebagai salah satu yang terbaik.
  • Bonus Siaran Premium
    K-Vision sering menawarkan bonus channel berkualitas setiap bulannya. Sayang untuk mengakses gratisan harus membeli salah satu paket berlangganan.
  • Receiver Hybrid
    Receiver keluaran terbaru dari K-Vision dilengkapi fitur Hybrid yang bisa digunakan untuk lock C-band dan Ku-band. Pengguna cukup ganti LNB dan arah parabola jika ingin lock Telkom 4 C-band dan Measat 3a Ku-band.
  • Berpengalaman
    K-Vision merupakan layanan siaran TV Satelit yang diluncurkan pada tanggal 8 April 2014. Jauh lebih dulu dibandingkan dengan pesaingnya seperti NEX Parabola dan Nusantara HD.

    Selama periode operasionalnya, K-Vision selalu meningkatkan layanan untuk mengikuti perkembangan jaman dan memenuhi kebutuhan penonton yang semakin beragam. K-Vision terus berinovasi untuk menyediakan program-program yang berkualitas, serta menyediakan fitur-fitur yang memudahkan akses bagi penonton.
  • Teknisi Dimana-mana
    K-Vision menjadi pilihan banyak orang sebagai penyedia layanan siaran TV Satelit sejak tahun 2014. Teknisi K-Vision memiliki pengalaman dalam menangani berbagai permasalahan, baik itu dari sisi software, hardware, masalah teknis, tracking dan lainnya.
  • Tutorial Dimana-mana
    Jika ingin mengatasi masalah K-Vision tanpa perlu memanggil teknisi, Anda dapat mencari informasi melalui tutorial artikel atau video yang tersedia di internet. Beberapa sumber yang dapat dipercaya seperti Freqnesia atau video tutorial di platform YouTube memberikan panduan yang detail dan mudah diikuti bagi pengguna.
  • Di bawah Naungan MNC Group
    Tidak dipungkiri, stasiun TV dari MNC Group memiliki kualitas di atas rata-rata. Andai di masa depan muncul kebijakan baru terkait penyiaran, pengguna K-Vision bisa diuntungkan.

Kekurangan K-Vision

  • Tidak Support Bisskey
    Untuk masyarakat yang mencari siaran bola gratis, receiver K-Vision bukanlah pilihan yang tepat. Seperti namanya, TV berlangganan tidak akan menyediakan fitur yang merugikan dirinya sendiri.
  • Peraturan Berubah-ubah
    K-Vision sering mengeluarkan kebijakan yang cenderung “pelit”, misal perubahan channel MNC Group yang sebelumnya Free To View menjadi bonus pembelian paket. Namun, anehnya, Pay TV lainnya juga mengikuti kebijakan ini sehingga semakin sulit untuk menonton televisi secara gratis melalui satelit.

Kesimpulan

K-Vision dapat menjadi pilihan terbaik bagi para pengguna parabola yang belum terjangkau siaran UHF. Masyarakat tidak perlu berlangganan setiap bulan, cukup membeli paket sekali dan langsung dapat bonus puluhan channel yang dapat dinikmati secara gratis.

Saat ini, K-Vision sedang dalam performa terbaik sebagai layanan TV berlangganan untuk kalangan menengah ke bawah. Tidak hanya menyediakan stasiun TV nasional yang lengkap, namun juga channel premium menarik seperti Nick dan HBO. Tak lupa juga dengan deretan channel olahraga yang dapat disaksikan dengan harga yang terjangkau.

Jika Anda bingung dalam memilih paket yang sesuai, silakan perhatikan daftar channel yang diberikan serta biaya langganan setiap bulannya. Pertimbangkan kebutuhan dan kondisi keuangan. Jika ingin menonton siaran K-Vision secara gratis, silahkan menargetkan frekuensi K Vision Ku-band di Measat 3a yang berisi banyak siaran Free to Air.

4 pemikiran pada “Ingin Tahu Frekuensi K Vision C-band dan Ku-band Terbaru 2023? Cek Disini!”

  1. Jika tidak berlanggan k vision ku band, chanel apa saja yang masih bisa di tonton secara free.
    Trimakasih atas penjelasan nya
    Salam hangat

    Balas
    • Di 12436 H 31000 banyak yang gratis mas..
      Frekuensi Garmedia Measat 3a Ku band..
      dalam artikel ini yang TANPA $ itu Free to Air..

      Kalau channel premium gratisan gonta ganti tiap bulan..
      biasanya beli paket tertentu dapat bonus..

      Balas
    • Bang saya masih awam bgt sama dunia satelit hehe, di 2022 yg katanya jaman tv digital, daerah saya masih belum terjangkau sinyal digital. Saya punya dish parabola yang gede yg biasa untuk menangkap sinyal telkom 4, minta rekomendasi receiver apa yg bisa saya beli, kalo pake reciver kvision bisa ga pake dish biasa?

      Balas
      • Kalau sudah pakai dish jaring dan lock Telkom 4 sebaiknya pilih K-Vision atau NEX Parabola untuk mendapatkan semua channel TV Nasional.

        Semua Pay TV bisa pakai dish biasa, tidak harus beli parabola dari dari teknisi.. Yang perlu dibeli cuma pada receiver saja. Ga perlu ubah arah parabola karena K-Vision C-band disiarkan via Telkom 4.

        Balas

Tinggalkan komentar