Frekuensi Magna Channel Terbaru

Frekuensi Magna Channel di Telkom 4

Magna Channel adalah stasiun TV swasta yang diluncurkan Media Group pada 16 Juli 2020. Saluran ini seinduk dengan Metro TV dan BNTV. Mereka mengklaim dirinya sebagai stasiun televisi terestrial digital pertama yang berskala nasional di Indonesia. Berapa frekuensi Magna Channel di Telkom 4?

Saat ini Magna Channel menjangkau 22 kota di UHF terestrial yang terus bertambah luas jangkauannya. Bagi yang belum tercover sinyal terestrial dapat menyaksikan melalui Over the Top, TV fiber, TV kabel dan tentu saja TV satelit parabola.

Sebagai stasiun TV baru, program acara Magna Channel cukup menarik. Mereka sering membahas wisata, kuliner, budaya, drakor, musik, kisah inspirasi dan masih banyak lagi. Yang paling dicari para pemain game Mobile Legends adalah siaran MPL Indonesia pada season 6 kemarin. Tidak heran ketika siaran hilang banyak yang mencari nomor frekuensi terbaru.

Frekuensi Magna Channel di Parabola

Pengguna parabola dapat menonton siaran Magna Channel secara gratis. Siaran tersedia free to air (FTA) baik itu di jalur C-band parabola jaring dan Ku-band untuk dish mini. Kita bisa menonton tanpa harus menggunakan decoder khusus milik Pay TV.

Frekuensi Magna Channel C-band

Frekuensi Magna Channel MPEG-2 di Parabola
Foto oleh Denny Batistuta

Awalnya Magna Channel mengudara di Palapa D lalu pindah ke Telkom 4. Satu hal yang menarik adalah kualitas siaran dengan format 1080i HDTV 16:9. Pasti gambar cling dengan warna yang tajam. Tidak ada pilihan MPEG-2 bagi pengguna decoder lama.

Nama SatelitFrekuensiKeterangan
Telkom 4 108.0°E4156 H 3777FTA, MPEG-4, HD

Transponder 4156 H 3777 juga ditempat oleh BNTV yang sama-sama HD 1080. Media Group terlihat serius merilis channel TV baru dengan kualitas terbaik. Diharapkan dunia pertelivisian mampu bersaing dengan platform streaming.

Frekuensi Magna Channel Ku-band

Akhirnya muncul juga siaran bagi pengguna parabola mini. Channelnya generasi milenial ini masuk ke dalam transponder dari NEX Parabola. Sayangnya kualitas gambar tidak sebagus yang di Telkom 4 karena hanya Small Definition (SD).

Nama SatelitFrekuensiKeterangan
SES 9 108.2°E11861 H 45000FTA, MPEG-4

11861 H 45000 adalah frekuensi NEX Parabola terbaru yang berisi full channel FTA. Dalam transponder tersebut ada banyak channel religi dan stasiun TV lokal. Sebagian besar persis dengan yang ada di Ninmedia Asiasat 9. Selain itu ada beberapa channel dari negeri Cina.

Frekuensi Magna Channel UHF

Channel dari Media Group ini mengudara di 22 kota, yakni Aceh, Medan, Palembang, Pematang Siantar, Jakarta, Banten, Bandung, Cirebon, Serang, Garut, Tegal, Tasikmalaya, Purwokerto, Sukabumi, Samarinda, Bontang, Semarang, Surakarta, Banjarmasin, Nunukan, Kediri, Madiun, Jember, Surabaya, Banyuwangi dan Yogyakarta.

Perlahan tapi pasti, jangkauan siaran melalui UHF terestrial makin luas dengan cepat. Di awal kemunculannya stasiun televisi seinduk dengan Metro TV ini hanya bisa ditonton dari 11 kota saja lho. Berikut ini tabel frekuensi Magnal Channel UHF.

Nama KotaFrekuensi UHFNama KotaFrekuensi UHF
Aceh41 UHFTasikmalaya33 UHF
Medan36 UHFPurwokerto34 UHF
Palembang44 UHFSukabumi33 UHF
Pematang Siantar44 UHFSamarinda40 UHF
Jakarta32 UHFBontang40 UHF
Yogyakarta27 UHFSemarang36 UHF
Bandung32 UHFSurakarta27 UHF
Cirebon32 UHFBanjarmasin43 UHF
Serang32 UHFNunukan42 UHF
Garut23 UHFKediri47 UHF
Tegal38 UHFMadiun27 UHF
Jember46 UHFSurabaya25 UHF
Banyuwangi34 UHF

Kalau kalian pengen cari frekuensi Magna Channel Mhz. Tinggal konversi saja dengan rumus UHF x 8 + 303,25. Misalnya frekuensi Samarinda 40 UHF berarti 40 x 8 + 303,25 = 320 + 303, 25 = 623,25 Mhz. Jika ingin tang lebih simpel tinggal scan manual di pengaturan televisi.

Cara Mencari Magna Channel yang Menghilang

Cara mencari siaran Magna Channel di Parabola
Foto oleh 祝 鹤槐 dari Pexels

Sering kali tiba-tiba siaran TV hilang meskipun tidak ada kerusakan alat tempur. Jangan buru-buru mengotak atik parabola, bisa saja solusinya cukup mengotak atik pengaturan saja. Berikut ini merupakan penyebab dan cara mengatasi siaran yang hilang di parabola.

Frekuensi Berubah

Kasus siaran hilang akibat frekuensi yang berubah adalah hal paling lumrah. Pertama-tama silahkan cek akun fanspage Magna di twitter @MagnaChannelTV, facebook fb.com/MagnaChannelTV dan instagram.com/MagnaChannelTV. Adakah pengumuman resmi dari admin? BTW situs website official saat belum aktif.

Kedua cek juga grup facebook, telegram atau whatsapp yang berisi pengguna parabola. Jika memang ada perubahan frekuensi biasanya grup akan ramai. Segera hapus siaran lama lalu masukkan frekuensi Magna Channel terbaru dan scan ulang.

Pindah Satelit

Yang satu ini terjadi beberapa waktu yang lalu ketika Magna Channel migrasi dari Palapa D ke Telkom 4. Agar bisa menonton kembali, pemirsa harus mengubah arah parabola dari 113.0°E ke 108.0°E. Setelah itu masukkan frekuensi baru dan scan ulang. Panggil teknisi kalau kesulitan repointing.

Telkom 4 atau disebut juga satelit Merah Putih masa operasinya masih lama jadi tidak perlu khawatir akan migrasi lagi. Andai terjadi sesuatu alternatif hanya ada di SES 9 Ku-band, kita harus ganti LNB untuk menonton kembali.

Bukan kedua hal di atas? Cek lagi apakah cuma Magna Channel yang hilang atau semua saluran TV. Bisa saja ada masalah pada decoder, colokan, kabel, LNB, Switch atau parabola.

Oh iya untuk siaran di Telkom 4 sering hilang karena data yang error. Program receiver kebingungan menentukan PID dari Magna Channel, akhirnya siaran tidak muncul. Tutorial lengkap ada di satelitindonesia.com.

FAQ

  • Berapa frekuensi Magna Channel di Telkom 4?

    4156 H 3777 adalah transponder yang ditempat Magna Channel. Frekuensi ini satu-satunya pilihan bagi pengguna parabola C-band.

  • Kapan Magna Channel hadir di kotaku?

    Doakan saja semoga ketika digitalisasi TV Indonesia selesai Magna Channel sudah hadir di seluruh wilayah Indonesia. Bagi yang belum terjangkau UHF terestrial bisa memanfaatkan streaming atau TV satelit di parabola.

  • Berapa frekuensi Magna Channel di SES 9?

    Hadir di NEX Parabola dengan transponder 11861 H 45000. Siarannya free to air sehingga bisa ditonton dengan sembarang receiver.

  • Adakah frekuensi Magna Channel MPEG-2?

    Tidak ada. MPEG-2 sudah ditinggalkan oleh saluran televisi baru.

Kesimpulan

Saat ini Magna Channel sudah tersedia baik itu di C-band dan Ku-band. Pengguna parabola jaring bisa lock Telkom 4 sedangkan dish mini lock SES 9. Semua disiarkan free to air yang bisa ditonton dengan sembarang receiver. Sayangnya hanya ada 2 siaran saja, andai ada error kita hanya bisa pasrah.

Sekian artikel tentang frekuensi Magna Channel di Telkom 4 dan SES 9 terbaru. Freqnesia memprediksi saluran televisi dari Media Gorup ini akan hadir di satelit lain terutama Ku-band. Mungkinkah di Measat 3a atau Asiasat 9? Biarlah waktu yang akan menjawab semua.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *