Frekuensi Mentari TV Terbaru di Parabola

Frekuensi Mentari TV di Telkom 4

Mentari TV adalah saluran televisi terbaru dari Elang Mustika Teknologi (EMTEK) yang fokus dengan program anak. Mulai mengudara di awal Januari 2021 lewat satelit digital (DVB S2) dan digital UHF terestrial (DVB T2). Berapa frekuensi Mentari TV terbaru di Telkom 4?

Program acara yang disiarkan mirip dengan Hip Hip Horee! yang juga dimiliki EMTEK. Konon menurut netizen, Mentari TV dipersiapkan untuk menyongsong era digitalisasi di Indonesia. Prediksi pada akhir tahun 2022 siaran analog terestrial akan dinonaktifkan dan Indonesia akan full digital.

Walaupun disiarkan Free to Air (FTA) namun Mentari TV mengudara dengan kualitas High Definition (HD). Kapan lagi ada program untuk anak dengan gambar bening yang bisa ditonton dengan sembarang receiver MPEG-4. Tidak heran banyak yang berburu kode frekuensi jika siaran Mentari TV hilang di parabola.

Frekuensi Mentari TV Terbaru

Frekuensi Mentari TV di Telkom 4 HD
Foto oleh Ali Naturals

Channel anak berkualitas HD ini viral di awal tahun 2021, sempat muncul namun hilang dan akhirnya menetap di Telkom 4. Saat ini hanya tersedia di C-band untuk parabola jaring.

Bagaimana dengan pengguna dish mini? Melihat adanya NEX Parabola di SES 9, kemungkinkan di Ku-band juga akan muncul di satelit yang mengorbit di 108.2° Bujur Timur tersebut. Kita tungggu saja informasi terbaru, toh belum ada sebulan sejak Mentari TV HD mengudara melalui satelit.

SatelitFrekuensiKeterangan
Telkom 4 108.0°E4015 H 7400FTA, HD 1080, MPEG-4

Dalam transponder ini juga ada Indosiar HD dan SCTV HD, sayang keduanya terenkripsi yang tidak bisa ditonton dengan sembarang receiver. Yang Free To Air hanya Mentari TV dan O Channel. Resolusi siaran keempat channel EMTEK ini adalah 1080p, pastinya lebih cling dibandingkan HD biasa.

Cara Mencari Siaran Mentari TV di Parabola

Di awal tahun 2021 Mentari TV hanya mengudara di jalur C-band saja tepatnya Telkom atau satelit Merah Putih. Satelit ini merupakan surganya siaran Indonesia yang free to air di C-band.

  1. Tracking Satelit Telkom 4

    Kebanyakan pengguna parabola jaring pasti sudah lock satelit Telkom 4 jadi langkah ini bisa dilewati.

    Jika ternyata belum lock, arahkan parabola ke arah 108° Bujur Timur, di peta berada di barat pulau Kalimantan. Dari Jawa mengarah agak ke Utara, Kalimantan ke Barat dan Aceh ke Timur. Lebih baik gunakan bantuan alat Satfinder untuk mencari arah satelit.

  2. Masukkan Frekuensi di Pengaturan

    Masukkan frekuensi Mentari TV terbaru secara manual di daftar transponder satelit Telkom 4 108.0°E.

  3. Scan Transponder

    Terakhir tinggal scan transponder yang baru anda masukkan. Jangan lupa pilihan “Hanya FTA” dengan jawaban “Ya”. Agar Indosiar dan SCTV yang terenkripsi tidak ikut terpindai.

Yang tidak mau ribet mencari nomor frekuensi terbaru, tinggal scan buta Telkom 4. Nantinya receiver akan memindai semua siaran pada satelit yang mengorbit di 108 Bujur Timur tersebut. Sekarang memang hanya ada satu pilihan, namun kemungkinan channel anak ini akan muncul di NEX Parabola yang sama-sama milik EMTEK.

FAQ

  • Frekuensi Mentari TV di Telkom Terbaru?

    Channel milik EMTEK ini disiarkan dengan format video MPEG-4 HD 1080p di frekuensi 4015 H 7400. Hingga sekarang masih free to air yang bisa ditonton dengan receiver MPEG-4 dan LNB C-band.

Kesimpulan

Nama mentari TV cukup pasaran, sebelumnya sudah banyak channel yang menggunakan nama tersebut. Bedanya saluran baru milik EMTEK ini menggunakan nama lengkap “Mentari TV Indonesia” dengan slogan “Menyinari Dunia Anak Indonesia“. Minim sekali informasi yang bisa dicari bahkan website official pun belum aktif.

Frekuensi Mentari TV yang bisa dilock hanya ada di Telkom 4 untuk parabola jaring C-band. Pengguna dish mini Ku-band sebaiknya bersabar dulu. Prediksi freqnesia tidak akan lama Mentari TV akan mengudara di satelit SES 9 tempat NEX Parabola berada.

Oke sekian dulu artikel tentang informasi terbaru tentang transponder yang menyiarkan Mentari TV. Apabila nanti ada informasi terbaru, freqnesia akan sesegera mungkin melakukan update.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *