Frekuensi MNC TV Terbaru C-band dan Ku-band

Frekuensi MNC TV Terbaru di Parabola

MNC TV adalah salah satu stasiun TV swasta yang dimiliki oleh PT Media Nusantara Citra Tbk, selain RCTI, GTV dan iNews. Dalam artikel ini freqnesia akan berbagi frekuensi MNC TV 2019 di berbagai satelit serta cara menonton siaran secara gratis tanpa berlangganan paket setiap bulan.

Saluran TV ini dulu bernama TPI (Televisi Pendidikan Indonesia) yang didirikan oleh Mbak Tutut Soeharto yang fokus menyiarkan program edukatif saja. Merupakan TV swasta ketiga di Indonesia setelah RCTI dan SCTV. Seiring berjalannya waktu mereka berganti konsep dengan menambah program musik dangdut dan sinetron Indonesia. Ingat kan Kuis Dangdut yang dipandu Jaja Mihardja, Apaan Tuuuhh?

Pada tahun 2010 namanya diganti menjadi MNC TV karena program acara yang disiarkan sudah tidak cocok dengan nama TPI yang berbau pendidikan. Kini channel satu ini lebih disukai anak-anak berkat kesuksesan animasi dari negeri Jiran seperti Upin Ipin dan Boboiboy. Tak lupa sinetron yang menargetkan anak seperti Raden Kian Santang dan Si Madun. Tidak heran apabila channel MNC TV hilang di parabola pasti banyak anak yang nangis, orang tua pun berusaha secepat mungkin mencari kode frekuensi terbaru.

Frekuensi MNC TV di Parabola

Sama dengan RCTI yang sudah dibahas dalam artikel sebelumnya Frekuensi RCTI Terbaru, di tahun 2020 tidak ada siaran free to air (FTA) dari MNC TV. Cara termurah dan termudah adalah siaran free to view dari K-Vision atau NEX Parabola. Artinya gratis namun wajib menggunakan receiver rekomendasi dari masing-masing Pay TV.

Frekuensi MNC TV C-band

Dua transponder milik MNC Media di satelit Palapa D dulu adalah teman setia untuk menyaksikan channel TV dari MNC Group. Di sanalah satu-satunya siaran yang masih support DVB-S dengan format video MPEG-2. Kini semua tinggal kenangan, channel di dalamnya teracak Conax kecuali iNews.

Nama Satelit Posisi Frekuensi Keterangan
Palapa D 113.0°E 3600 V 31000 $K Vision
DVB-S2
MPEG-4
Palapa D 113.0°E 3774 H 6500 $MNC Media
DVB-S
MPEG-4
Palapa D 113.0°E 4140 V 29900 $Nex Parabola
DVB-S2
MPEG-4
Palapa D 113.0°E 3808 V 8800 $MNC Media
DVB-S
MPEG-2
SES 7 108.2°E 2565 V 22500 $MNC Vision
DVB-S2
MPEG-4
Telkom 4 108.0°E 3924 H 7500 $NusantaraHD
DVB-S2
MPEG-4

Terlihat sangat sedikit pilihannya sehingga pemirsa setia MNC TV C-band mau tidak mau harus memilih K-Vision atau NEX Parabola. MNC Vision juga bukan pilihan yang bagus karena mahalnya paket setiap bulan. Kalau tidak ingin ganti receiver, solusinya adalah mengiklaskan dan mencari channel favorit lain, misal NET yang sering menayangkan kartun.

Frekuensi MNC TV Ku-band

Sama halnya dengan jalur Ku-band, di sini tidak ada pilihan free to air hanya free to view. Persaingan ketat untuk pemirsa masyarakat menengah ke bawah juga terjadi antara K-Vision dengan NEX Parabola. Selain itu ada TransVision yang paket berlangganannya lumayan mahal.

Nama Satelit Posisi Frekuensi Keterangan
Telkom 3S 118.0°E 12560 H 10000 $TransVision
DVB-S2
MPEG-4
SES 9 108.2°E 11921 V 45000 $Nex Parabola
DVB-S2
MPEG-4
Measat 3a 91.4°E 12436 H 31000 $K Vision
DVB-S2
MPEG-4
Measat 3b 91.5°E 12643 H 30000 $TransVision
DVB-S2
MPEG-4

Sekilas deretan nomor frekuensi terbaru MNC TV Ku-band mirip dengan RCTI, perbedaannya hanya tidak ada pilihan siaran HD dari K-Vision. Faktanya channel dari MNC Group memang sudah lama sekali menghilang di jalur Ku-band, terakhir ada di transponder Ninmedia namun akhirnya berhenti siaran.

Cara Mencari MNC TV yang Menghilang

MNC TV adalah salah satu televisi swasta yang hingga saat ini memiliki banyak program animasi untuk anak. Apalagi Upin Ipin yang sudah mendapat tempat di hati pemirsa setia. Para orang tua pun lebih suka anaknya menyaksikan kartun dibanding acara alay yang saat ini mendominasi TV Indonesia.

Inilah mengapa ketika siaran MNC TV menghilang pasti banyak yang mencari solusi mendapatkannya kembali. Jika dulu saat MNC TV teracak di jam prime time, mungkin masih ada harapan dengan bisskey terbaru hari ini namun sekarang rasanya mustahil. Semua siaran di C-band dan Ku-band menggunakan acakan Conax, Irdeto, ABV ataupun Videoguard yang sering disebut acakan maut.

Ganti Recevier

Solusi termudah menyaksikan channel MNC TV hilang di parabola adalah membeli receiver K-Vision atau NEX Parabola. Kita tidak perlu berlangganan paket terus menerus setiap bulan. Siarannya free to view artinya GRATIS namun wajib menggunakan receiver mereka. Pemirsa setia cukup mengeluarkan uang 300ribuan untuk membeli receiver baru.

Pilih mana K-Vision atau NEX Parabola? Cukup membingungkan karena keduanya punya kelebihan masing masing. Pertimbangkan mulai dari channel yang didapatkan serta paket premium. Silahkan bandingkan sendiri dengan membaca artikel sebelumnya,

Freqnesia tidak terkait dengan kedua pay TV tsb. Menurut kami kelebihan dari NEX Parabola adalah channel lokal yang lebih banyak dan punya Shopee Liga 1 yang merupakan liga terbaik di Indonesia. Sedangkan K-Vision punya paket premium FOX Group dan liga-liga eropa. Di jalur Ku-band ada Garmedia siaran gratis dari K-Vision yang punya deretan channel lokal FTA.

Mana yang lebih populer? Jelas K-Vision karena sudah melayani masyarakat Indonesia tahun 2014. NEX Parabola sendiri baru resmi rilis sejak Oktober 2019, meskipun begitu PayTV ini dikelola profesional yang sudah berpengalaman. Pilih yang mana terserah anda, Your Life Your Choice! Sesuaikan dengan kebutuhan tentunya keuangan.

Kesimpulan

Saat ini tidak ada pilihan free to air untuk menyaksikan MNC TV di televisi satelit, sejak tanggal 17 Juli 2019 ketiga channel MNC Group hanya ada di televisi berlangganan. Semua teracak acakan maut, solusi termurah adalah ganti receiver dan memilih Pay TV yang memberikan promo free to view.

Baik itu di parabola jaring C-band ataupun mini Ku-band, ada dua pilihan Pay TV yang bersaing ketat memikat pelanggan kalangan menengah ke bawah yaitu K-Vision dan NEX Parabola. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilih dengan bijak sebelum membeli receiver yang mana.

Jika belum ada rejeki atau tidak ada keinginan ganti receiver karena tracker sejati tidak akan beli Pay TV. Solusinya terbaik adalah melupakan MNC TV dan cari channel favorit lain. Toh masih banyak channel lokal free to air yang menayangkan program animasi untuk anak-anak anda. Misalnya NET yang saat ini menayangkan The Amazing World Of Gumball, We Bare Bears, Ben 10: Classic dan Power Puff Girls. Atau ANTV dengan Munki and Trunk, Rimba dan Masha The Bear.

Sekian dulu artikel yang membahas frekuensi MNC TV terbaru 2020 ini. Sayang sekali satu-satunya cara mencari siaran yang hilang adalah ganti receiver. Solusi alternatif yang bisa dipilih adalah streaming, kebetulan MNC Group meluncurkan program baru bernama RCTIplus dimana kita bisa streaming Live atau ulang tujuh hari kebelakang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *