Frekuensi NET TV Free to Air di Berbagai Satelit

Frekuensi Net TV Free To Air

NET. singkatan dari News and Entertainment Television merupakan stasiun TV swasta yang dikelola oleh Net Visi Media. Tergabung dalam Asosiasi Televisi Nasional Indonesia bersama dengan RTV dan Kompas TV. Ketiga stasiun televisi ini bersama-sama melebarkan sayap ke siaran satelit melalui Palapa D yang disiarkan secara free to air. Berapa frekuensi NET TV terbaru di parabola?

Di awal kemunculannya banyak yang menganggap NET TV sebagai inovasi baru dalam dunia pertelevisian yang mulai membosankan, kurang mendidik, penuh drama dan lebih mementingkan rating. Channel satu ini berani tampil beda dan enggak mau menayangkan siaran mainstream yang terkesan murahan.

Sekitar akhir 2018 NET TV menggandeng Cartoon Network Indonesia untuk mengisi NET.TOON. Program yang menayangkan animasi seperti We Bare Bears, Ben 10, Power Puff Girls, The Amazing World Of Gumball dll. Para anak Indonesia pun bersorak gembira, bertambah lagi pilihan kartun untuk menemani waktu luang di pagi dan sore hari.

Frekuensi NET TV di Parabola

Hingga sekarang channel dengan slogan “Televisi Masa Kini” ini tidak terkait dengan Pay TV manapun. Masih banyak siaran free to air melalui di beberapa satelit populer.

Pilihan beragam mulai dari C-band atau Ku-band, kualitas SD atau HD dan MPEG-2 atau MPEG-4. Tinggal pilih mana yang sesuai dengan peralatan anda.

Frekuensi NET TV C-band

Pengguna parabola jaring dapat menyaksikan NET TV lewat satelit Palapa D dan Chinasat 10. Yang luar biasa tersedia tayangan dengan kualitas video High Definition (HD) di Palapa D. Jarang-jarang lho ada stasiun TV Indonesia yang bisa disaksikan gratis dengan gambar yang bening.

Tidak hanya itu NET TV masih menyediakan siaran dengan standar DVB-S untuk receiver MPEG-2. Ohya dua anggota Asosiasi Televisi Nasional Indonesia lain, Rajawali TV dan Kompas TV juga tersedia free to air dalam Palapa D.

Nama Satelit Posisi Frekuensi Keterangan
Palapa D 113.0°E 3746 H 4400 FTA
DVB-S2
MPEG-4
HD
Palapa D 113.0°E 3752 H 4700 FTA
DVB-S
MPEG-2
Palapa D 113.0°E 3960 H 30000 $Topas TV
DVB-S2
MPEG-4
ChinaSat 10 110.5°E 3560 V 30000 FTA Skynindo
DVB-S2
MPEG-4

Dari semua pilihan di atas yang paling diminati oleh para tracker adalah frekuensi NET TV HD yaitu 3746 H 4400. K-Vision dan NEX Parabola kompak tidak memasukkan channel NET ke dalam slot transponder di Palapa D. Alasannya sudah jelas karena sudah ada siaran berkualitas HD dan FTA.

Frekuensi NET TV Ku-band

Banyak sekali siaran free to air yang bisa menjadi pilihan pemilik dish parabola mini. Yang paling populer adalah Ninmedia satelit Chinasat 11 dan Garmedia Measat 3a. Alasannya karena kedua layanan TV satelit tsb memberikan banyak saluran lokal Indoneia yang bisa disaksikan gratis tanpa decoder khusus.

Nama Satelit Posisi Frekuensi Keterangan
JCSAT 4B 124.0°E 12490 H 30000 FTA BiG TV
DVB-S2
MPEG-4
Thaicom 4 119.5°E 11686 V 6666 FTA Aora
DVB-S2
MPEG-4
SES 9 108.2°E 11024 V 15675 FTA
DVB-S2
MPEG-4
SES 9 108.2°E 11921 V 45000 $NEX Parabola
DVB-S2
MPEG-4
ChinaSat 11 98.0°E 12560 V 43200 FTA Ninmedia
DVB-S2
MPEG-4
Measat 3a 91.4°E 12436 H 31000 FTA Garmedia
DVB-S2
MPEG-4
ABS 2A 75.0°E 12290 V 44000 $SMV Freesat TV
DVB-S2
MPEG-4

Dari tabel frekuensi NET di atas, terlihat bahwa tidak ada pilihan HD di jalur Ku-band. Satu hal yang menarik ketiga anggota Asosiasi Televisi Nasional Indonesia masuk transponder 11024 V 15675 di satelit SES 9. Sekali scan langsung dapat sepaket ditambah 6 saluran TV FTA lainnya.

Ohya siaran di NEX Parabola dan SMV Freesat memang teracak namun kita masih bisa menyaksikan gratis asalkan menggunakan receiver mereka. Sedangkan BiGTV dan AoraTV mulai ditinggalkan setelah banyak channel yang gelap.

Cara Mencari NET TV yang Menghilang

Sering kali tiba-tiba siaran dari Net TV hilang di parabola sehingga tidak dapat ditonton seperti biasa. Sangat menjengkelkan karena kita tidak bisa menikmati siaran NET.TOON, Ini Talkshow, Tetangga Masa Gitu, OK Jek dan program unggulan lainnya.

Jangan buru-buru naik ke atap mengatur arah dish, kita pahami dulu mengapa channel NET TV menghilang? Ada banyak hal yang mungkin jadi penyebabnya seperti frekuensi yang berubah, berhenti siaran, gangguan ataupun teracak.

Silahkan cek fanspage dan grup forum satelit dari Indonesia untuk mendapatkan info dan berita terbaru. Kalau ada masalah pasti grup akan ramai dengan keluh kesah para tracker. Jujur heran kenapa website official netmedia.co.id dan akun sosmed resmi malah jarang membahas masalah yang sering dialami pengguna parabola ini.

Frekuensi Berubah

Kasus frekuensi yang berubah adalah hal lumrah terjadi pada siaran TV melalui satelit. Solusinya adalah menghapus channel lama lalu scan ulang setelah memasukkan nomor frekuensi terbaru. Freqnesia akan update artikel ini secepatnya kalau ada perubahan.

Siaran Berakhir

Mungkin saja NET TV berhenti siaran di sebuah satelit. Kalau boleh memprediksi kemungkinan yang ada di JCSAT 4b dan Thaicom 4 bakal menghilang. Alasannya karena kedua televisi yang menempati satelit tersebut sering dikabarkan bangkrut.

Jika siaran NET TV hilang karena masalah ini maka solusinya adalah mencari siaran alternatif yang masih free to air. Gunakan tabel kode frekuensi di atas sebagai pertimbangan mau pilih yang mana.

Siaran Teracak

NET TV adalah saluran televisi yang jarang sekali teracak karena jarang juga menayangkan turnamen olahraga secara live. Dulu saat ada Opening Ceremony Asian Games 2018, acakan yang digunakan hanya BISS sehingga bisa dibuka dengan bissskey hari ini. Entah nanti mereka masih pakai jenis acakan BISS atau diupgrade ke acakan maut.

Kesimpulan

NET TV adalah salah satu stasiun televisi Indonesia yang disiarkan free to air lewat satelit. Memiliki tayangan berkualitas mulai dari berita, kartun, talkshow, sitkom, musik dan lifestyle. Anda bisa menjadikannya alternatif channel nasional yang makin sulit dinikmati melalui parabola.

Sejak awal 2019 NET TV mengalami perubahan besar, terlihat dari program acara yang ditayangkan. Mereka lebih memilih produk jadi seperti animasi dari Cartoon Network dibandingkan membuat program sendiri. Tujuannya untuk menekan cost produksi seperti untuk talent, sewa set, studio, musik dll.

Sebagai “Good People” julukan pemirsa setia NET TV, kita harus tetap mendukung channelnya anak milenial ini. Toh masih banyak program berkualitas yang ditayangkan pada prime time seperti Ini Talkshow, Tetangga Masa Gitu, Komeng Eng Ing Eng, OK Jek, Tonight Show, 86 dan masih banyak lagi.

Siaran di jalur C-band memang sedikit namun memiliki pilihan yang lengkap. Tracker dengan parabola jaring dapat menyaksikan siaran terbaik dengan kualitas HD di Palapa D. Sedangkan pengguna receiver jadul bisa memilih siaran yang support MPEG-2 dengan frekuensi 3752 H 4700 yang juga di Palapa D.

Pengguna dish mini di jalur Ku-band memiliki pilihan yang lebih banyak namun hanya tersedia kualitas SD dan MPEG-4. Sebut saja di Ninmedia, Garmedia siaran gratis dari K-Vision, BiGTV, Aora TV satelit, SMV Freesat dan NEX Parabola. Silahkan pilih mana yang sesuai dengan selera anda.

Semua satelit yang disebutkan di atas memiliki sinyal kuat dan mudah dilock dari seluruh wilayah Nusantara. Kita tidak perlu menggunakan dish terlalu lebar ataupun posisi tinggi seperti di atas atap. Sekian dulu penjelasan tentang frekuensi NET TV ini. Freqnesia akan berusaha secepat mungkin update jika ada perubahan data.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *