frekuensi Nusantara HD Terbaru di Telkom 4 dan Measat 3b

Frekuensi Nusantara HD

Persaingan siaran TV satelit makin panas, TransVision tidak mau kalah dengan kompetitor. Pada awal Oktober 2019, Pay TV di bawah Trans Crop tersebut mengandeng Tanaka untuk meluncurkan decoder baru yang diberi nama Nusantara HD. Paket terbaru ini menyasar masyarakat menengah ke bawah.

Freqnesia akan membahas frekuensi Nusantara HD sekaligus daftar channel di dalamnya. Di awal kemunculannya, pay TV ini kurang diminati masyarakat. Mungkin karena channel TV di C-band yang sedikit, ketentuan bonus siaran Free to View yang membingungkan dan citra TransVision sebagai Pay TV mahal.

Nusantara HD baru mulai ngehits di tahun 2020 karena banyak orang yang kecewa dengan kualitas gambar Pay TV tetangga. Seperti jargonnya “saat nya beralih ke tontonan yang benar benar HD“. Kualitas siaran dari Nusantara HD dijamin lebih tajam dan tidak pecah meskipun ditonton dengan TV layar lebar.

Frekuensi Nusantara HD

Sama halnya dengan K-Vision dan NEX parabola, channel dari Nusantara HD juga disiarkan melalui jalur C-band dan Ku-band. Pita frekuensi C berada di satelit Telkom 4 108° Bujur Timur sedangkan Ku-band di satelit Measat 3b 91.5° Bujur Timur.

Masing-masing memiliki kelebihan, Ku-band untuk parabola mini memiliki lebih banyak channel HD. Di sisi lain C-band sangat minim channel HD, kabar baiknya Telkom 4 merupakan satelit dengan deretan TV Indonesia free to air terbanyak. Apalagi setelah berakhirnya masa aktif satelit Palapa D, banyak channel yang migrasi ke Telkom 4.

Berikut ini adalah frekuensi Nusantara HD terbaru,

Pita Frekuensi Satelit Frekuensi Nusantara HD
C-band Telkom 4 3924 H 7500
Telkom 4 4109 H 10000
Ku-band Measat 3b 12563 V 30000
Measat 3b 12563 H 30000
Measat 3b 12603 V 30000
Measat 3b 12603 H 30000
Measat 3b 12643 V 30000
Measat 3b 12643 H 30000

Receiver Nusantara HD dilengkapi teknologi Hybrid sehingga bisa digunakan untuk menangkap sinyal C-band dan Ku-band. Jika ingin beralih pita frekuensi, kalian cukup ganti LNB saja. Bagi pengguna parabola jaring lebar bisa gonta ganti dengan mudah, sebaliknya untuk parabola mini 45cm sedikit sulit kalau ingin dapat sinyal Telkom 4.

Frekuensi Nusantara HD C-Band

Berada di satelit Telkom 4 bisa dibilang sebuah kelebihan dari Nusantara HD. Mayoritas pengguna parabola jaring pasti sudah lock satelit ini. Kalau ingin beralih ke receiver Nusantara HD, tidak perlu tracking parabola. Tinggal masukkan frekuensi baru dan scan, otomatis langsung cling (asalkan udah aktivasi).

Semua channel Nusantara HD di Telkom 4 dilindungi dengan acakan StreamGuard. Jadi mustahil membuka siaran yang terkunci tanpa menggunakan receiver rekomendasi dan membeli paket premium.

Di dekat Telkom 4 108° BT terdapat Chinasat 10 110° BT yang bisa dilock bersamaan dengan 1 LNB pakai sekat. Satelit tersebut ditempati Skynindo yang kadang menggratiskan siaran premium pada hari tertentu. Kombinasi ini pastinya jauh lebih mantap dibandingkan PalKom yang hanya berisi channel FTA.

Kategori Daftar Channel
TV Nasional MNC TV, GTV, RCTI
Channel Premium Fox Family Movies, Fox Crime, Fox Action, Nat Geo Wild, Nat Geo People, Zee Bioskop, Thrill, Duck TV, Boomerang, Celestial Movies, Mola Sports Free, Fox Sports 3

Jumlah channel Nusantara HD di C-band sangat sedikit dan jauh dari kata lengkap. Oleh karena itu pelanggan wajib scan saluran TV Free To Air di Palapa D dan Telkom 4 untuk melengkapi daftar channel. Hal inilah yang membuat Nusantara HD kurang populer di Indonesia yang mayoritas pengguna C-band.

Frekuensi Nusantara HD Ku-Band

Nusantara HD di jalur Ku-band menggunakan transponder yang sama dengan TransVision di Measat 3b. Tidak heran jika banyak siaran yang sudah High Definition (HD). Sayangnya jumlah siaran HD tidak sebanyak TransVision, wajar karena biaya berlangganan yang lebih murah.

Kategori Daftar Channel
TV Nasional Trans TV HD, Trans 7 HD, Indosiar, SCTV, Metro TV, MNC TV, GTV, RCTI, ANTV, tvOne, TVRI, JakTV, Berita Satu, Kompas TV, Daai TV, RTV, Bali TV, tvMu, TV9, Saling Sapa TV, U Channel
Channel Eksklusif Lingua Channel HD, InsertLive HD, Bioskop Indonesia, Dunia Anak, Insert, Ch. Seru!, Dunia Lain, Eat & Go, T Music, Khazanah, Jendela
Channel Premium Fox Family Movies HD, Fox Crime HD, Nat Geo Wild HD, Net Geo People HD, Star Chinese Channel, Star Chinese Movies Legend, Zee Bioskop, Thrill, Da Vinci, Baby First, Duck TV, MTV Live, Comedy Central, Outdoor Channel, CGTN Documentary, CCTV 4, TV5 Monde, ABC Australia, Bloomberg, CNA, Aljazeera, DW, Euronews, France24, CGTN, Arirang, Alquran Alkareem, Russia Today, TVRI Sports

Oh iya satelit Measat 3b itu hampir satu orbit dengan Measat 3a dimana siaran gratis K-Vision berada. Kalian bisa memanfaatkan hal ini untuk mencari channel tambahan. Selain itu juga bisa digabung dengan Ninmedia yang banyak pilihan FTA. Ini penting untuk melengkapi channel lokal yang belum ada seperti NET.

Jenis acakan untuk TransVision di Measat 3b adalah StreamGuard dan Irdeto. Mustahil membobol siaran tanpa membeli paket dan receiver khusus. Beruntungnya tersedia banyak paket Nusantara HD dalam bentuk Minipack dengan harga terjangkau.

Daftar Paket TransVision Nusantara HD

Menurut website official Nusantara HD memiliki 39 channel HD dan 55 channel SD di C-band dan Ku-band. Sialnya siaran di C-band jauh lebih sedikit dibandingkan Ku-band, oleh karena itu sebaiknya pelanggan Nusantara HD memilih Measat 3b dibandingkan Telkom 4. Siaran TV dengan kualitas HD hanya tersedia di Measat 3b saja.

daftar paket Nusantara HD terbaru lengkap dengan channel dan harga

Minipack Nusa 1

Bisa dibilang sebagai paket ekonomis yang dihargai dibawah 30 ribu per 30 hari (sangat murah hanya seribu perhari). Ada beberapa paket berisi kartun animasi yang cocok untuk hiburan anak-anak. Selain itu ada hiburan drama dan film dari Korea Selatan, Jepang dan Cina.

  • Nusa Anak Hebat: Disney Channel HD, Cartoon Network HD, Boomerang HD, Nickelodeon, Nick Jr dan Disney Junior. Harga Rp.30.000/ 30 hari.
  • Nusa Anak: Disney Channel HD, Nickelodeon. Harga Rp.20.000/ 30 hari.
  • Nusa Disney: Disney Channel HD, Disney Jr. Harga Rp.20.000/ 30 hari.
  • Nusa Nick: Nickelodeon, Nick Jr. Harga Rp.10.000/ 30 hari.
  • Nusa Kartun: Carton Network HD, Boomerang HD. Harga Rp.10.000/ 30 hari.
  • Nusa Hiburan Barat: Fox HD, Fox Crime HD, Fox Life HD, AXN HD, Blueant Entertainment HD. Harga Rp.20.000/ 30 hari.
  • Nusa Hiburan Asia: tvN Movies HD, tvN HD, Sony One HD, GEM HD, KBS World HD, Celestial Movies. Harga Rp.30.000/ 30 hari.
  • Nusa Olahraga: Mola Sports FC. FREE.

Minipack Nusa 2

Satu hal yang menarik dari Nusantara HD adalah adanya HBO dan Fox dalam satu pay TV. Keduanya merupakan jaringan televisi luar negeri yang menayangkan TV seri barat berkelas. Deretan channel dari Fox dan HBO disiarkan dengan kualitas High Definition, gambar dijamin tajam dan bening.

  • Nusa Lengkap: Fox HD, FoxLife HD, Fox Crime HD, FOX Sport 3 HD, Fox Family Movies HD, Fox Action Movies HD, Fox Movies HD, Nat Geo Channel HD, Net Geo Wild HD, [V] Channel HD, Star Chinese Movies HD, Star Chinese Channel, Da Vinci, Duck TV, Baby First, Thrill, Zee Bioskop. Harga Rp.60.000/ 30 hari.
  • Nusa Film Hebat: HBO HD, HBO Hits HD, HBO Signature HD, HBO Family HD, Cinemax HD, Cinema World HD, Celestial Movies. Harga Rp.100.000/ 30 hari.
  • Nusa HBO: HBO HD, HBO Signature HD, HBO Hits HD, Cinemax HD. HBO family HD. Harga Rp.80.000/ 30 hari.
  • Nusa Olahraga: Fox Sports HD, Fox Sports 2 HD, Fox Sports 3 HD, Fight Sports HD. Harga Rp.50.000/ 30 hari.
  • Nusa Film: Fox Movies HD, Fox Action Movies HD. Harga Rp.30.000/ 30 hari.
  • Nusa Premium: Fox Movies HD, Fox Action Movies HD, HBO Signature HD, HBO HD, HBO Hits HD, HBO Family HD, Cinema World HD, Cinemax HD, tvN Moviews HD, tvN HD, KBS World HD, Sony One HD, GEM HD, KIX HD, Fashion TV HD, Disney Channel HD, Cartoon Network HD, FOX HD, AXN HD, Boomerang HD, Fox Life HD, Fox Crime HD, Blue Ant Entertainment HD, Fox Sports HD, Fox Sports 2 HD, Fox Sports 3 HD. Harga Rp.200.000/ 30 hari.

Tanya Jawab

Berapa frekuensi Nusantara HD Terbaru?

C-band ada di satelit Telkom 4 dengan frekuensi 3924 H 7500 dan 4109 H 10000. Sedangkan Ku-band ada di satelit Measat 3b dengan frekuensi 12563 H 30000,12603 V 30000 dan 12643 H 30000.

Berapa harga receiver Nusantara HD?

Harga yang direkomendasikan adalah Rp. 310.000 seperti yang ada di toko online (belum ongkir). Bagi yang tinggal di daerah mungkin lebih mahal karena ditambah biaya distribusi.

Dimana bisa membeli receiver Nusantara HD?

Decoder bisa didapatkan di lebih dari 4000 toko parabola mitra Tanaka yang tersebar di seluruh Indonesia. Tentunya juga tersedia secara online di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Buka lapak dan pedagang online lainnya.

Apakah receiver Nusantara HD bisa digunakan untuk C-band dan Ku-band?

Bisa karena sudah dibekali dengan teknologi Hybrid. Kalian tinggal ganti LNB dan pengaturan di receiver saja. Sayangnya receiver ini tidak bisa digunakan untuk membuka BISS dan acakan lainnya.

Pilih Nusantara HD C-band atau Ku-band?

Jika bicara tentang kualitas gambar dan jumlah channel gratis tentu saja Ku-band di Measat 3b. Nusantara HD Ku-band bahkan jauh lebih baik dibandingkan K-Vision ataupun NEX Parabola jika kualtias gambar yang dibandingkan.

Apa kelebihan Nusantara HD dibandingkan Pay TV lain?

Silahkan lihat di daftar paket minipack, terlihat bahwa kebanyakan siaran (terutama Ku-band) memiliki kualitas gambar HD. Selain itu Nusantara HD memiliki daftar channel hiburan yang jauh lebih lengkap seperti Fox dan HBO.

Kesimpulan

Saat ini Nusantara HD bisa dinikmati di pita frekuensi C atau Ku, sayangnya kualitas keduanya beda jauh. Banyak paket Minipack yang hanya bisa dinikmati dengan lock Measat 3b, sedangkan satelit Telkom 4 hanya memiliki beberapa channel saja. Inilah mengapa pelanggan disarankan pilih Ku-band dibandingkan C-band.

Beruntungnya receiver buatan Tanaka ini dilengkapi teknologi Hybrid sehingga bisa lock kedua satelit. Sayangnya receiver rekomendasi ini tidak bisa digunakan untuk membuka acakan bahkan BISS sekalipun.

Sekian dulu artikel tentang Frekuensi Nusantara HD terbaru baik itu di Telkom 4 ataupun Measat 3b. Kalau boleh memprediksi kemungkinan nanti TransVision akan memperbanyak siaran di C-band. Jangan lupa mengunjungi official website untuk melihat update harga dan daftar channel paket terbaru.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *