Frekuensi One 31 Terbaru di Thaicom 6

Frekuensi One 31 C-band terbaru mengudara melalui satelit Thaicom 6 sedangkan Ku-band di Thaicom 8 dan LaoSat 1. Masih satu induk dengan channel GMM 25 di bawah naungan GMM Grammy.

Disiarkan Free to Air namun akan teracak ketika ada siaran bola dengan hak siar. Sering kali hanya menerapkan enkripsi BISS yang mudah dibuka dengan bisskey One 31 hari ini.

Channel dari negeri Gajah Putih ini viral di kalangan pengguna parabola ketika musim bola, sebut saja FIFA World Cup 2022 Qatar. Banyak yang lock Thaicom 6 demi siaran gratis tanpa biaya berlangganan.

Frekuensi One 31 C-band dan Ku-band

SatelitFrekuensiFormat/ Bisskey
Thaicom 6 78.5°E3920 H 30000MPEG-2/ SD/ Biss
Thaicom 6 78.5°E4080 H 30000MPEG-4/ HD/ Biss
Thaicom 8 78.5°E11560 H 30000MPEG-2/ SD/ Biss
Thaicom 8 78.5°E11680 H 30000MPEG-4/ HD/ Biss
LaoSat 1 128.5°E10850 H 40000MPEG-4/ HD/ Maut

Pengguna parabola jaring LNB C-band dijamin mudah mendapatkan sinyal dari Thaicom 6. Beam SE Asia dari satelit menjangkau seluruh wilayah Indonesia (cek gambar).

Cara Tracking Thaicom 6

Adanya frekuensi yang mendukung MPEG-2 dinilai ramah dengan receiver model lama. Selain itu siaran MPEG-2/ SD tidak mudah macet-macet jika kualitas sinyal menurun.

Yang paling penting dalam transponder ini terdapat channel TV Thailand yang dapat hak siar World Cup 2022. Sebut saja True 4U, Nation TV, Channel 3, Channel 7 dan NBT.

Sedangkan untuk pengguna dish mini LNB Ku-band disarankan lock Thaicom 8 yang juga terletak di 78.5° Bujur Timur. Arah parabola dari Indonesia ke barat dengan posisi sedikit miring.

Sayangnya wilayah Indonesia outbeam kecuali ujung utara pulau Sumatera. Butuh alat tempur terutama dish yang lebar untuk bisa lock. Kalau cuma dish bawaan Pay TV seperti K-Vision itu kemungkinan susah sinyal.

Meskipun berada di transponder milik True Vision tetapi siaran One 31 kadang masih memakai BISS bukan acakan maut. Bisalah dijadikan alternatif gratisan kalau tidak ada uang untuk beli paket.

Cara Tracking One 31 di Thaicom 6

  1. Nyalakan TV dan receiver lalu tambahkan Thaicom 6 78.5°E di daftar satelit. Masukkan dua frekuensi One 31 C-band dan pastikan pengaturan antena sudah sesuai dengan LNB.
  2. Kendorkan baut di tiang antena lalu geser perlahan parabola ke arah barat sambil cek pergerakan bar kualitas sinyal.

    Disarankan memakai alat bantu atau setidaknya aplikasi tracking android seperti DVBFinder, Satellite Pointer, SatFinder atau Satellite Director.
  3. Setelah dapat sinyal, cobalah geser sedikit ke atas – bawah dan kiri – kanan untuk mendapatkan kualitas sinyal terbaik. Kencangkan baut kembali setelah puas dengan sinyal yang ditangkap.
  4. Terakhir tinggal scans kedua transponder One 31 yang sebelumnya sudah dimasukkan ke pengaturan receiver. Seharusnya ada beberapa channel lain yang akan muncul.

Siaran One 31 ini free to air yang bisa ditonton dengan sembarang receiver. Acakan hanya diterapkan ketika ada program sports live sehingga siaran gelap/ pelangi.

Sayangnya hanya siaran bola dan sports lain yang bisa dinikmati tanpa terkendala bahasa. Padahal ada banyak program menarik terutama TV series, drama dan film.

Informasi terkait program dan jadwal tayang dapat dilihat via situs official https://www.one31.net. Sosial media ada di Facebook, Twitter, Instagram ataupun Youtube dengan username one31thailand.

Cara Membuka Siaran One 31 yang Teracak + Bisskey Hari Ini

Hingga sekarang jenis enkripsi untuk mengacak siaran hanyalah BISS. Kebanyakan receiver DVB-S2 di pasaran sudah support jenis acakan BISS, mungkin cuma bawaan Pay TV yang tidak dibekali fitur ini.

Silahkan mencari bisskey One 31 terbaru malam ini di grup facebook forum satelit. Selanjutnya masukkan deretan kode tersebut di pengaturan receiver. Dalam beberapa detik seharusnya siaran gelap akan kembali cling.

Beberapa receiver dibekali fitur auto roll. Asalkan terkoneksi internet, receiver akan mencari sendiri bisskey terbaru untuk mengantikan yang sudah berubah. Alat tambahan yang dibutuhkan bernama wifi dongle. Koneksi bisa dari wifi rumahan atau cukup tethering dari handphone.

Perlu diperhatikan bahwa menonton spillover dari negara tetangga ini illegal lho. Setiap wilayah sudah ada pemilik hak siar dari sebuah program, misalnya Piala Dunia 2022 yang dipegang NEX Parabola.

FIFA pun mengancam akan mencabut hak siar milik TV Thailand karena dinilai gagal memenuhi standar enkripsi sinyal penyiaran. Sepertinya ada laporan bahwa transmisi siaran Thailand dinikmati oleh Indonesia dan Laos.

Dalam waktu dekat, mungkin TV Thailand akan mulai menerapkan acakan maut untuk menghindari sanksi dari FIFA tsb.

Freqnesia selalu menyarankan untuk berlangganan yang legal saja. Bagi yang belum terjangkau terestrial DVB-T2, pilihan termurah di Indonesia adalah Vidio.

Harga langganan cuma Rp. 59.000 untuk nonton via tablet/ handphone. Ini sudah full match namun untuk streaming perlu koneksi internet dan kuota yang tidak sedikit.

Untuk via satelit memang mahal dengan harga Rp. 799.000. Itupun harus menggunakan receiver dari NEX Parabola, pengguna Pay TV lain wajib beli receiver baru seharga Rp. 300.000-an.

Inilah mengapa akhirnya banyak yang memilih siaran gratis dari Thailand dibanding menambah pengeluaran sekitar sejuta.

Semoga kedepannya setelah ASO selesai, lebih banyak masyarakat Indonesia yang terjangkau sinyal terestrial. Wong cilik tidak perlu berlangganan paket untuk nonton bola di TV.

Kesimpulan

One 31 menayangkan program berkualitas secara free to air via satelit. Pengguna parabola jaring bisa lock satelit Thaicom 6 sedangkan dish mini ada di Thaicom 8.

Siaran bola yang teracak dengan lambang $ dapat dibuka dengan nomor bisskey terbaru. Asalkan masih menerapkan enkripsi BISS, One 31 akan selalu menjadi alternatif nonton sports gratisan.

Thaicom 6/ 8 ini ibaratnya Telkom 4 bagi Indonesia, hampir semua TV dari Thailand mengudara via satelit dengan orbit 78.5°E tersebut. Sekali scan langsung bisa dapat ratusan channel.