Frekuensi RCTI di Parabola Terbaru 2019

Frekuensi RCTI di Parabola Terbaru

RCTI atau Rajawali Citra Televisi Indonesia merupakan stasiun TV swasta pertama di Indonesia. Meskipun muncul banyak pesaing baru namun tetap menjadi salah satu yang terbaik hingga sekarang. Tidak heran banyak orang yang sesegera mungkin mencari kode frekuensi RCTI terbaru jika channel satu ini menghilang di parabola.

Sejak pertengahan Juli 2019, channel yang merupakan bagian dari MNC Group ini sudah tidak bisa dinikmati secara gratis. Semua siaran yang awalnya free to air berubah teracak 24 jam. Sebelumnya hanya teracak saat prime time (sore hingga malam) dan kembali clear di jam lainnya. Saat ini cara membuka siaran RCTI yang diacak hanyalah berlangganan paket Pay TV, bukan dengan bisskey ataupun kode lainnya.

Eits tunggu dulu ternyata ada dua televisi berlangganan yang menayangkan RCTI secara free to view. Artinya cukup memakai receiver khusus dan beli paket sekali, pengguna dapat menyaksikan RCTI gratis. Mereka adalah K-Vision dan Nex Parabola, harga receiver tidak sampai Rp.300.000 di marketplace online belum termasuk ongkir.

Frekuensi RCTI di Parabola

Saat artikel ini ditulis total ada 11 transponder dari 6 satelit berbeda yang ditempati saluran RCTI. Semuanya menggunakan acakan maut seperti Conax, ABV, Irdeto dan Videoguard. Cara membuka siaran RCTI teracak yang paling mudah adalah menggunakan receiver rekomendasi lalu beli paket Pay TV.

Frekuensi RCTI C-Band

Di pita frekuensi C untuk pengguna parabola jaring, saluran TV milik Hary Tanoe ini mayoritas ada di satelit Palapa D dan sebagian di SES 7.

Nama Satelit Posisi Frekuensi Keterangan
Palapa D 113.0°E 3600 V 31000 $K Vision
DVB-S2
MPEG-4
Palapa D 113.0°E 3934 H 7200 $MNC Media
DVB-S
MPEG-4
Palapa D 113.0°E 4140 V 29900 $Nex Parabola
DVB-S2
MPEG-4
Palapa D 113.0°E 3808 V 8800 $MNC Media
DVB-S
MPEG-2
SES 7 108.2°E 2565 H 22500 $MNC Vision
DVB-S2
MPEG-4
SES 7 108.2°E 2625 H 22500 $MNC Vision
DVB-S2
MPEG-4
HD
Telkom 4 108.0°E 3924 H 7500 $NusantaraHD
DVB-S2
MPEG-4

Kebanyakan sudah menggunakan format video MPEG-4, satu-satunya yang masih MPEG-2 ada di transponder MNC Media Palapa D. Sayang sekali sudah teracak Conax, pengguna MPEG-2 yang ingin nonton RCTI wajib ganti receiver. Sedangkan tayangan yang sudah berkualitas HD hanya di MNC Vision, Pay TV yang merupakan gabungan dari Indovision, OkeVision dan Top TV.

Frekuensi RCTI Ku-Band

Pengguna parabola mini dapat menargetkan satelit Telkom 3s, SES 9, Measat 3a ataupun Measat 3b jalur Ku-band. Semua siaran sudah memenuhi standard DVB S2 dan menggunakan format video MPEG-4. Perlu diingat yang K-Vision memang ada siaran HD namun bukan true HD yang super bening.

Nama Satelit Posisi Frekuensi Keterangan
Telkom 3S 118.0°E 12560 H 10000 $TransVision
DVB-S2
MPEG-4
SES 9 108.2°E 11921 V 45000 $Nex Parabola
DVB-S2
MPEG-4
Measat 3a 91.4°E 12396 H 31000 $K Vision
DVB-S2
MPEG-4
HD
Measat 3a 91.4°E 12436 H 31000 $K Vision
DVB-S2
MPEG-4
Measat 3b 91.5°E 12643 H 30000 $TransVision
DVB-S2
MPEG-4

Itulah nomor frekuensi RCTI terbaru baik itu C-band dan Ku-band yang diambil dari situs lyngsat pada bulan Oktober 2019. Informasi di atas dapat berubah sewaktu-waktu, freqnesia akan sesegera mungkin mengupdate artikel ini saat ada perubahan. Kami akan berusaha menyajikan data yang up to date.

Sinyal semua satelit di atas mudah ditangkap dari seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke tanpa perlu dish lebar. Kuncinya arah satelit harus tepat lalu geser-geser sedikit hingga mendapatkan kualitas sinyal terbaik. Apabila mengalami kesulitan tracking sebaiknya gunakan jasa teknisi.

Cara Mencari RCTI yang Menghilang

Sering kali penonton siaran TV melalui satelit mengeluhkan tentang RCTI yang menghilang di parabola. Hal ini jelas sangat menjengkelkan karena tidak bisa menyaksikan program acara favorit seperti Tukang Ojek Pengkolan, Dunia Terbalik, Indonesian Idol, Silet, Sergap dll.

Kenapa siaran RCTI hilang di parabola? Berikut ini adalah analisa dari freqnesia, pada bulan Juli 2019 diberitakan bahwa MNC Vision Networks mengakuisisi saham mayoritas K-Vision sebesar 60%. Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sekaligus membuka peluang baru dalam memenangkan segmen pasar menengah ke bawah (dikutip dari okezone) .

Siaran RCTI dkk diacak 24 jam bertujuan agar banyak pemirsa setia stasiun TV dari MNC Group yang beralih ke paket K-Vision. Lihat saja promosi K-Vision selalu menuliskan “Dapatkan channel-channel MNC Group“. Cara termurah untuk menikmati kembali TV dari MNC Group adalah ganti ke receiver K-Vision.

Terlepas dari itu semua K-Vision adalah salah satu PayTV terbaik dengan pilihan paket menarik dengan harga terjangkau. Channelnya cukup lengkap mulai dari hiburan film box office, sports, kartun dan tayangan edukatif. Contoh Fox, Bein Sports, Nickelodeon, My Cinema, NatGeo Channel, Zee Bioskop, Zoo Moo dll. Detail lengkap silahkan baca artikel sebelumnya Frekuensi K-Vision Terbaru.

Ganti Receiver

Percaya atau tidak hingga saat ini masih banyak orang yang belum sadar bahwa RCTI, MNC TV dan GTV teracak 24 jam di parabola.

Sebut saja pengguna Ninmedia yang menyuruh teknisi mencarikan channel RCTI di televisinya. Aneh kan? Padahal siaran di Ninmedia sudah berakhir lama sekali. Ada juga pengguna Palapa D yang ingin membuka siaran RCTI dengan bisskey. Mencari bisskey kemanapun hasilnya pasti zonk, wong sekarang memakai acakan maut.

Freqnesia tekankan sekali lagi, di tahun 2020 ini channel RCTI hanya ada dalam paket TV berlangganan. Kalaupun gratis itupun harus menggunakan receiver khusus, teknisi biasanya menawarkan receiver dari K-Vision dan Nex Parabola sebagai solusi. Selain itu ada paket yang lebih mahal yaitu MNC Vision dan TransVision.

Di K-Vision dan NEX Parabola siarannya free to view artinya gratis namun wajib menggunakan receiver mereka. Mau tidak mau pengguna harus ganti receiver, untuk harga siapkan dana sekitar Rp.300.000-an. Termasuk masih murah dan bisa digunakan untuk lock satelit lain. Harga di toko Online lebih murah dibandingkan Offline namun tambah ongkir.

Streaming Online

Pada 8 Agustus 2019, MNC Group meluncurkan program baru yaitu RCTI+ (dibaca RCTI plus). Layanan Video On Demand gratis yang menayangkan siaran dari RCTI, MNC TV, GTV dan iNews. Kita bisa menonton melalui website rctiplus.com ataupun aplikasi RCTI+ di handphone (tersedia di PlayStore dan Appstore).

Dengan layanan VOD dari RCTI Plus selain dapat menyaksikan siaran langsung, kita juga bisa menonton program acara yang sudah tayang tujuh hari kebelakang. Misalnya hari ini tanggal 16 Oktober artinya siaran tanggal 10, 11, 12, 13, 14, 15 dan 16 Oktober masih dapat disaksikan. Mantap banget kan? Dengan begini kita tidak akan ketinggalan program acara favorit.

Selain itu disediakan Library berisi film, sinetron dan acara lawas yang pernah populer di channel MNC Group. Contohnya Putri yang Ditukar, Buku Harian Nayla dll. Yang menarik kualitas video sudah HD lho, terkecil 360p hingga 720p. RCTI+ tergolong masih baru jadi harap maklum jika banyak error ataupun episode yang tidak lengkap.

Ohya untuk bisa menikmati siaran RCTI+ kita harus menyiapkan koneksi internet yang cepat dan tentu kuota yang lumayan. Minimal kecepatan 3-4 Mbps supaya lancar tanpa buffering saat streaming video HD. Layanan dari RCTI+ lebih cocok bagi mereka yang berlangganan internet unlimited kalau enggak dijamin tekor kuota.

Beralih ke UHF

Untuk anda tinggal di area terjangkau sinyal terestrial, lebih baik kembali lagi ke antena biasa jika ingin menikmati RCTI tanpa membeli receiver baru. Hingga sekarang semua stasiun TV dari MNC Group masih dapat disaksikan gratis. Untuk frekuensi RCTI di UHF berbeda-beda tergantung tempat tinggal. Lebih baik scan otomatis saja, toh proses pemindaian tidak sampai 10 menit.

Kesimpulan

Terbukti sekarang tidak ada siaran RCTI yang free to air (FTA) di parabola, tentu hal ini mengecewakan pemirsa setia yang tinggal di daerah belum terjangkau terestrial. Mau gimana lagi, wong cilik seperti kita hanya bisa pasrah dengan kebijakan semacam ini. Solusi termurah adalah beli receiver K-Vision atau Nex Parabola yang harganya masih terjangkau.

Freqnesia menyarankan pilih K-Vision kalau target anda ingin nonton RCTI, MNC TV dan GTV. Alasannya karena pada bulan Juli kemarin, MNC Vision Networks mengakusisi 60% saham K-Vision. Tahu kan kalau RCTI adalah channel andalan dari MNC Group, dijamin siarannya lebih eksklusif dibandingkan di tempat lain. Kabarnya siaran SEA Games 2019 di K-Vision juga tidak akan diacak sedangkan di Nex kemungkinan teracak.

Nex Parabola juga bagus dimana banyak siaran premium berkualitas yang digratiskan secara free to view. Belum lagi di sana tayangan SCTV dan Indosiar sudah berkualitas High Definition (HD), cocok untuk penggemar Sinema Tobat, Dangdut, FTV dan Sinetron Mas Boy dkk.

Sekian artikel frekuensi RCTI terbaru di parabola yang disiarkan melalui satelit baik itu C-band ataupun Ku-band. Karena masuk pay TV kemungkinan jarang terjadi pindah transponder atau gonta ganti frekuensi. Semoga dapat menjawab pertanyaan teman-teman yang bingung karena siaran RCTI yang hilang.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *