Frekuensi SCTV Terbaru di Satelit Palapa D

Frekuensi SCTV Terbaru

SCTV singkatan dari Surya Citra Televisi yang saat ini dikelola oleh Surya Citra Media. Merupakan stasiun TV swasta kedua di Indonesia setelah RCTI. Sekarang siarannya dapat dinikmati melalui terestrial, kabel, IPTV dan satelit. Dalam artikel ini Freqnesia akan membahas nomor frekuensi SCTV terbaru di parabola.

Channel TV satu ini dikenal dengan program FTV (Film Televisi) yang tayang 3-5 judul berbeda dalam sehari. Ceritanya unik dengan artis cantik dan ganteng yang dikemas dalam komedi romantis. Pemilihan judul yang nyeleneh terbukti dapat menarik minat masyarakat seperti Miss Mendoan Jadi Idaman, Ada Cinta Dibalik Bed Cover, Cinta Lewat Getek, Prewedding Hasil Giveaway dll.

Pada jam tayang utama (Prime Time) SCTV menayangkan sinetron populer produksi Sinemart. Contohnya Anak Langit, Cinta Anak Muda, Cinta Karena Cinta yang selalu sukses mendapatkan rating tinggi. Tidak heran saat SCTV hilang di parabola pasti pemirsa setianya langsung berburu kode frekuensi terupdate.

Frekuensi SCTV di Parabola

Sejak September 2019 banyak yang menyebutkan bahwa PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) akan meluncurkan NEX Parabola. Dampaknya banyak satelit yang berhenti menyiarkan SCTV dan Indosiar seperti Skynindo di Chinasat 10.

Ada juga yang awalnya free to air namun berubah teracak acakan maut seperti di Ninmedia Chinasat 11. Mengapa siaran SCTV hilang? Alasannya karena pembatasan hak siar dari pihak EMTEK.

Akhirnya pada Oktober 2019, NEX Parabola resmi diluncurkan dan bisa dibeli masyarakat Indonesia. Pilihan untuk C-band berada di satelit Palapa D sedangkan Ku-band ada di SES 9. Ternyata eh ternyata SCTV dan Indosiar bisa dinikmati gratis dengan syarat menggunakan receiver dari NEX Parabola. Dalam dunia parabola, siaran seperti ini disebut Free To View.

Frekuensi SCTV C-band

Pengguna parabola jaring masih bisa menikmati siaran gratis di transponder Palapa D milik EMTEK dan Surya Citra Media. Kebetulan satu-satunya siaran yang dapat disaksikan dengan receiver MPEG-2. Saat ini SCTV juga masuk dalam paket K-Vision Bromo, walaupun sudah ada siaran SCTV free to air tersebut.

Nama Satelit Posisi Frekuensi Keterangan
Palapa D 113.0°E 3600 V 3100 $K-Vision
DVB-S2
MPEG-4
Palapa D 113.0°E 3835 H 7000 FTA
DVB-S
MPEG-2
Palapa D 113.0°E 4131 H 12250 FTA
DVB-S2
MPEG-4
Palapa D 113.0°E 4140 V 29900 $NEX Parabola
DVB-S2
MPEG-4
HD
Palapa D 113.0°E 4140 V 29900 $NEX Parabola
DVB-S2
MPEG-4
SES 7 108.2°E 2655 H 22500 $MNC Vision
DVB-S2
MPEG-4

Siaran di satelit C-band memang sangat sedikit namun masih ada yang free to air. Kita tidak tahu sampai kapan tetap gratis, mungkin nanti berhenti siaran ataupun teracak. Pilihan paling aman jelas NEX Parabola yang sama-sama bernaung di bawah EMTEK. Di sana juga ada pilihan siaran dengan gambar High Defintion (HD).

Frekuensi SCTV Ku-band

Pilihan untuk menikmati Surya Citra Televisi di parabola mini jauh lebih banyak dibandingkan jaring. Sayangnya semua masuk ke paket TV berlangganan yang teracak acakan maut. Persaingan sangat ketat apalagi setelah munculnya receiver baru bernama Nusantara HD dari TransVision Tanaka.

Nama Satelit Posisi Frekuensi Keterangan
Telkom 3S 118.0°E 12560 H 10000 $TransVision
DVB-S2
MPEG-4
SES 9 108.2°E 11921 V 45000 $NEX Parabola
DVB-S2
MPEG-4
HD
SES 9 108.2°E 11921 V 45000 $NEX Parabola
DVB-S2
MPEG-4
ChinaSat 11 98.0°E 12500 V 43200 $Ninmedia
DVB-S2
MPEG-4
Measat 3a 91.4°E 12436 H 31000 $K-Vision
DVB-S2
MPEG-4
Measat 3b 91.5°E 12603 H 30000 $TransVision
DVB-S2
MPEG-4
ABS 2A 75.0°E 12290 V 44000 $SMV Freesat TV
DVB-S2
MPEG-4

Meskipun teracak namun kita masih bisa menikmat siaran SCTV secara gratis. Sebagian besar Pay TV di atas menggratiskan channel TV Nasional termasuk SCTV sebagai bonus membeli receiver. Sebut saja di Ninmedia, NEX Parabola, SMV Freesat TV dan K-Vision yang semuanya memberikan siaran free to view dengan batas waktu tertentu.

Cara Mencari SCTV yang Menghilang

Seperti yang freqnesia bahas di awal, sejak awal September 2019 banyak siaran SCTV hilang di beberapa satelit populer. Alasannya adalah pembatasan hak siar dari pihak EMTEK. Kemungkinan besar bertujuan supaya banyak orang yang beralih ke NEX Parabola demi menyaksikan SCTV dan Indosiar di parabola

Siaran Teracak

Pada Senin 2 September, saluran Indosiar dan SCTV di Ninmedia hanya bisa dinikmati dengan STB Rekomendasi. Kabar ini jelas menghebohkan jagat parabola. Fanspage Ninmedia banjir komentar dari netizen, mayoritas menyayangkan keputusan yang tidak pro rakyat tersebut.

Sebenarnya SCTV masih menempati transponder lama dalam satelit Chinasat 11 namun terkunci (ada lambang dollar $). Acakan yang digunakan bukanlah BISS namun Starguide yang tidak dapat dibuka dengan bisskey. Solusi satu-satunya untuk menikmati kembali adalah membeli STB rekomendasi lalu pairing akun Kugo.

Kebanyakan pengguna parabola mini menyarankan lebih baik memilih K-Vision atau NEX Parabola dibandingkan Ninmedia. Alasannya karena pilihan TV Nasional yang jauh lebih lengkap, bahkan ada channel dari MNC Group seperti RCTI, GTV dan MNC TV. Lagian kita masih bisa menikmati siaran free to air Ninmedia dengan sembarang receiver.

Siaran Berakhir

Berbeda dengan Ninmedia yang hanya teracak, siaran SCTV di Skynindo dan Aora sudah berakhir dan digantikan channel lain. Tidak ada harapan menyaksikannya kembali karena sudah tutup tirai permanen.

Bagi pelanggan Skynindo sebaiknya lock satelit Palapa D karena disana masih ada siaran SCTV yang FTA di jalur C-band. Sedangkan untuk Ku-band tidak ada pilihan yang FTA, semua paket televisi mewajibkan menggunakan receiver khusus.

Siaran Bola Teracak

Beberapa tahun belakangan channel dengan slogan “Satu untuk Semua” ini selalu sukses mendapatkan hak siar pertandingan bola Eropa. Di tahun 2019 ini mereka memperoleh UEFA Champions League mulai dari babak kualifikasi hingga nanti babak final. Selain itu juga dapat UEFA Europa League dan UEFA Super Cup.

Sama hanya dengan TV lainnya, siaran bola pasti teracak sebelum kick off. Ingin membuka dengan bisskey? Belum tentu bisa karena dengan makin kesini makin jarang yang menggunakan BISS. Jenis enkripsi tersebut dinilai tidak aman karena mudah sekali dibobol.

Solusi yang gak pake ribet adalah NEX Parabola, pilih paket Champion seharaga Rp.99.000/ hari. Berisi SCTV, Champions TV 1 dan 2 yang menayangkan Liga Champions, Liga Eropa, Liga Inggris Divisi Championship dan Liga Voli Indonesia. Champhions TV merupakan channel sports yang sering menayangkan turnamen olahraga.

Kesimpulan

Saat ini NEX Parabola adalah pilihan terbaik untuk menyaksikan SCTV di parabola dengan tayangan berkualitas HD. Kita juga bisa menyaksikan Liga Champions tanpa khawatir teracak dengan membeli paket premium. Alasan lain keduanya bernaung di bawah EMTEK sehingga siaran lebih eksklusif dan kecil kemungkinannya akan hilang.

Untuk pengguna parabola jaring C-band masih ada siaran free to air di satelit Palapa D yang support receiver MPEG-2. Sedangkan di jalur Ku-band semua siaran SCTV masuk televisi berlangganan yang teracak namun bisa gratis jika menggunakan receiver khusus.

Freqnesia akan selalu mengupdate artikel frekuensi SCTV terbaru demi memberikan informasi yang tidak ketinggalan jaman. Silahkan bookmark laman ini agar lebih mudah mencari channel SCTV yang hilang di berbagai satelit. Terima kasih atas kunjungan anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *