Frekuensi SCTV Terbaru di Satelit Palapa D

Frekuensi SCTV Terbaru

SCTV singkatan dari Surya Citra Televisi yang saat ini dikelola oleh Surya Citra Media. Merupakan stasiun TV swasta kedua di Indonesia setelah RCTI. Sekarang siarannya dapat dinikmati melalui terestrial, kabel, IPTV dan satelit. Dalam artikel ini Freqnesia akan membahas nomor frekuensi SCTV terbaru di parabola.

Channel TV satu ini dikenal dengan program FTV (Film Televisi) yang tayang 3-5 judul berbeda dalam sehari. Ceritanya unik dengan artis cantik dan ganteng yang dikemas dalam komedi romantis. Pemilihan judul yang nyeleneh terbukti dapat menarik minat masyarakat seperti Miss Mendoan Jadi Idaman, Ada Cinta Dibalik Bed Cover, Cinta Lewat Getek, Prewedding Hasil Giveaway dll.

Pada jam tayang utama (Prime Time) SCTV menayangkan sinetron populer produksi Sinemart. Contohnya Anak Langit, Cinta Anak Muda, Cinta Karena Cinta yang selalu sukses mendapatkan rating tinggi. Tidak heran saat SCTV hilang di parabola pasti pemirsa setianya langsung berburu kode frekuensi terupdate.

Frekuensi SCTV di Parabola

Walaupun memiliki NEX Parabola namun EMTEK masih berbaik hati dengan menyiarkan SCTV secara FTA. Namun terhitung sejak 12 Januari 2021, frekuensi SCTV MPEG-2 di Telkom 4 telah mengakhiri siaran. Format video MPEG-2 memang sudah ketinggalan jaman, tidak heran banyak stasiun TV yang beralih ke MPEG-4.

Sebaliknya untuk parabola jaring dengan LNB Ku-band, tidak tersedia pilihan FTA. Wajib menggunakan receiver khusus jika ingin siaran SCTV gratis. Yang bisa kalian beli adalah K-Vision, NusantaraHD, NEX Parabola dan SMV Freesat. Pilihan terbaik adalah NEX Parabola karena sudah berkualitas HD.

Frekuensi SCTV C-band

Frekuensi SCTV di Telkom 4 Terbaru
Foto oleh Joni Kemod

Pengguna parabola jaring masih bisa menikmati siaran gratis di transponder Telkom 4. Sepaket langsung dengan Indosiar dan O Channel yang juga bernaung di bawah EMTEK dan Surya Citra Media. Selain itu SCTV juga masuk dalam paket K-Vision Bromo dan NEX Parabola.

Nama SatelitFrekuensiKeterangan
Telkom 4 108.0°E4005 H 9000FTA, MPEG-2
Telkom 4 108.0°E4015 H 7400$, MPEG-4, HD
Telkom 4 108.0°E4060 V 31000$K-Vision, MPEG-4
Telkom 4 108.0°E4121 H 12250FTA, MPEG-4
Telkom 4 108.0°E4180 V 29800$NEX Parabola, MPEG-4, HD
Telkom 4 108.0°E4180 V 29800$NEX Parabola, MPEG-4

Siaran di satelit C-band memang sangat sedikit namun masih ada yang free to air. Kita tidak tahu sampai kapan tetap gratis, mungkin nanti berhenti siaran ataupun teracak.

Akhirnya pada Januari 2021 siaran MPEG-2 telah berakhir di Telkom 4. Solusi bagi pengguna decoder MPEG-2 yang siaran SCTV hilang adalah beralih ke MPEG-4.

Sebenarnya ada frekuensi baru dengan kualitas HD namun terenkripsi Xcrypt. Freqnesia menyarankan Pay TV karena memiliki jumlah TV Nasional yang lebih lengkap. Pilihan paling aman jelas NEX Parabola yang sama-sama bernaung di bawah EMTEK.

Frekuensi SCTV Ku-band

Frekuensi SCTV Ku-band Terbaru
Foto oleh Ibnul Qoyim

Pilihan untuk menikmati Surya Citra Televisi di parabola mini jauh lebih banyak dibandingkan jaring. Sayangnya semua masuk ke paket TV berlangganan yang teracak acakan maut. Di tahun 2021 sudah tidak tersedia lagi siaran free to air yang dapat ditonton pakai sembarang decoder.

Nama SatelitFrekuensiKeterangan
SES 9 108.2°E11921 V 45000$NEX Parabola, MPEG-4, HD
SES 9 108.2°E11921 V 45000$NEX Parabola, MPEG-4
Measat 3a 91.4°E12436 H 31000$K-Vision, MPEG-4
Measat 3b 91.5°E12603 H 30000$TransVision/ Nusantara HD, MPEG-4
ABS 2A 75.0°E12290 V 44000$SMV Freesat TV, MPEG-4

Meskipun teracak namun kita masih bisa menikmat siaran SCTV secara gratis. Sebagian besar Pay TV di atas menggratiskan channel TV Nasional termasuk SCTV sebagai bonus membeli receiver. Sebut saja di NEX Parabola, SMV Freesat TV dan K-Vision yang semuanya memberikan siaran free to view dengan batas waktu tertentu.

Frekuensi SCTV di Ninmedia Asiasat 9 sudah menghilang di akhir September/ awal Oktober 2020. Kemungkinan besar, kontrak sudah berakhir dan tidak dilanjutkan. Pengguna Ninmedia mau tidak mau harus berganti receiver kalau ingin menonton kembali.

Cara Mencari SCTV yang Menghilang

Cara Mencari SCTV yang Menghilang di Ninmedia Telkom 4
Foto oleh Matheus Cardoso dari Pexels

Seperti yang freqnesia bahas di awal, sejak awal September 2019 banyak siaran SCTV hilang di beberapa satelit populer. Alasannya adalah pembatasan hak siar dari pihak EMTEK. Kemungkinan besar bertujuan supaya banyak orang yang beralih ke NEX Parabola demi menyaksikan SCTV dan Indosiar di parabola

Siaran Teracak

Walaupun pengaturan frekuensi SCTV sudah benar, jika siaran diacak ya tetap tidak dapat disaksikan. Ini sering terjadi kalau ada pertandingan bola live, siaran akan gelap atau diisi siaran pengganti. Acakan yang digunakan bukanlah BISS jadi mustahil untuk dibobol.

Saat ini kebanyakan siaran SCTV di parabola memang teracak. Beruntungnya kita masih dapat menyaksikan gratis tanpa biaya bulanan asalkan memakai receiver rekomendasi. Hal semacam ini lebih tepat disebut sebagai free to view.

Kebanyakan pengguna parabola mini menyarankan lebih baik memilih NEX Parabola dibandingakn yang lain. Alasannya karena siaran yang sudah bening dengan format video High Definition. Cocok sekali bagi fans serial FTV romantis dan deretan sinetron SCTV.

Siaran Berakhir

Contoh hilangnya siaran SCTV di Ninmedia yang berbarengan dengan Indosiar dan Citra Drama. Fakta ini menguatkan dugaan bahwa kerjasama EMTEK dan Ninmedia yang tidak dilanjutkan.

Solusi masalah ini adalah pindah ke Pay TV lain yang menyediakan SCTV di jalur Ku-band. Pengguna mau tidak mau harus berganti receiver karena tidak ada pilihan Free To Air di Ku-band. Jika tidak mau Pay TV sebaiknya beralih ke C-band, otomatis ganti LNB dan receiver juga.

Kasus terakhir adalah hilangnya siaran MPEG-2 di Telkom 4. Penyebabnya karena SCTV fokus ke format siaran MPEG-4 yang dirasa lebih baik. Agar dapat nonton kembali, para pengguna wajib beralih ke receiver MPEG-4.

Siaran Bola Teracak

Beberapa tahun belakangan channel dengan slogan “Satu untuk Semua” ini selalu sukses mendapatkan hak siar pertandingan bola Eropa. Di tahun 2019 ini mereka memperoleh UEFA Champions League mulai dari babak kualifikasi hingga nanti babak final. Selain itu juga dapat UEFA Europa League dan UEFA Super Cup.

Sama hanya dengan TV lainnya, siaran bola pasti teracak sebelum kick off. Ingin membuka dengan bisskey? Belum tentu bisa karena dengan makin kesini makin jarang yang menggunakan BISS. Jenis enkripsi tersebut dinilai tidak aman karena mudah sekali dibobol.

Solusi yang gak pake ribet adalah NEX Parabola, pilih paket Champion seharaga Rp.99.000/ hari. Berisi SCTV, Champions TV 1 dan 2 yang menayangkan Liga Champions, Liga Eropa, Liga Inggris Divisi Championship dan Liga Voli Indonesia. Champhions TV merupakan channel sports yang sering menayangkan turnamen olahraga.

FAQ

  • Berapa frekuensi SCTV di Telkom 4 Terbaru?

    Yang sering dilock pengguna parabola jaring C-band adalah 4005 H 9000 dan 4121 H 12250. Selain itu ada yang masuk Pay TV, 4060 V 31000 di K-Vision dan 4180 V 29800 di NEX Parabola.

  • Berapa frekuensi SCTV Free To Air (FTA)?

    Hanya tersedia di jalur C-band saja di Telkom 4 yaitu 4005 H 9000 dan 4121 H 12250. Untuk Ku-band sudah tidak ada lagi siaran free to air yang dapat dilihat sembarang receiver.

  • Berapa frekuensi SCTV MPEG-2?

    4005 H 9000 yang sepaket langsung dengan Indosiar dan O Channel. Sayang sekali siarannya hilang pada Januari 2021, sebaiknya lock frekuensi MPEG-4 atau beralih ke Pay TV. Saat ini tidak ada cara nonton SCTV di decoder MPEG-2.

  • Berapa frekuensi SCTV di Ninmedia Asiasat 9?

    Tidak ada karena sudah menghilang. Kerjasama antara EMTEK dan Ninmedia sudah berakhir.

  • Berapa frekuensi SCTV HD terbaru?

    Berbarengan dengan hilangnya siaran MPEG-2, EMTEK mengeluarkan frekuensi baru dengan siaran HD. Transponder 4015 H 7400 tidak hanya diisi SCTV namun juga ada O Channel, Indosiar dan Mentari TV dengan format High Definition.

Kesimpulan

Saat ini NEX Parabola adalah pilihan terbaik untuk menyaksikan SCTV di parabola dengan tayangan berkualitas HD. Kita juga bisa menyaksikan Liga Champions tanpa khawatir teracak dengan membeli paket premium. Alasan lain keduanya bernaung di bawah EMTEK sehingga siaran lebih eksklusif dan kecil kemungkinannya akan hilang.

Untuk pengguna parabola jaring C-band masih ada siaran free to air di satelit Telkom 4. Sayangnya tidak ada pilihan MPEG-2 untuk decoder lama. Sedangkan di jalur Ku-band semua siaran SCTV masuk televisi berlangganan yang teracak namun bisa gratis jika menggunakan receiver khusus.

Freqnesia akan selalu mengupdate artikel frekuensi SCTV terbaru demi memberikan informasi yang tidak ketinggalan jaman. Silahkan bookmark laman ini agar lebih mudah mencari channel SCTV yang hilang di berbagai satelit. Terima kasih atas kunjungan anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *