Frekuensi Sinema Indonesia X Terbaru melalui satelit parabola

Frekuensi Sinema Indonesia X di Telkom 4 Terbaru

Sinema Indonesia X adalah stasiun TV Indonesia yang sering menayangkan hiburan film karya anak bangsa. Walaupun mayoritas siarannya adalah film jadul namun banyak pengguna parabola yang memburunya. Berapa frekuensi Sinema Indonesia X terbaru di Telkom 4?

Saluran televisi ini bisa dibilang sebagai channel kedua dari Sinema Indonesia yang dikelola oleh Lejel Broadcasting System (eyePLUS). Pilihan film yang ditayangkan lebih ke genre horror dan aksi. Karena hal tersebut Sinema X lebih diminati oleh masyarakat Indonesia.

Di awal Desember 2020 banyak yang mengeluh bahwa siaran Sinema Indonesia dan Sinema X menghilang bersamaan. Siaran yang mengudara lewat satelit Palapa D dan Telkom 4 tiba-tiba gelap. Apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan kembali?

Frekuensi Sinema Indonesia X

Tidak perlu khawatir karena hingga sekarang masih tersedia siaran Free To Air melalui satelit. Channel satu ini bisa ditonton gratis tanpa receiver khusus baik itu C-band dan Ku-band. Biasanya satu transponder dengan channel Lejel Broadcasting System lain, info lengkap dari setiap channel baca di www.eyeplus.co.id.

Frekuensi Sinema X di C-band

Frekuensi SInema Indonesia X di Telkom 4 MPEG-2
Foto oleh Gunawan

Satu-satunya pilihan hanya ada di Telkom 4 yang disiarkan dengan format MPEG-4. Ini berarti sudah tidak ada harapan bagi teman-teman yang masih menggunakan receiver lama MPEG-2. Kalau ditonton memakai receiver yang hanya support MPEG-2, hasilnya gambar tidak bergerak macet.

Nama SatelitFrekuensiKeterangan
Telkom 4 108.0°E3720 H 32727FTA, MPEG-4

Perlahan namun pasti format video MPEG-2 mulai ditinggalkan kebanyakan channel TV. Demi tontonan yang lebih baik sebaiknya berganti ke receiver MPEG-4 terutama milik Pay TV. Tujuannya agar kalian mendapatkan channel TV yang lengkap terutama milik MNC Group dan EMTEK.

Transponder 3720 H 32727 terisi lengkap kesepuluh channel milik eyePLUS. Mereka adalah K-Drama, Lejel Shopping Live, Sinema Indonesia, TV P, FTV, Drakor Plus, M-Cine, Cinta Bolly, TV In dan tentu saja Sinema X.

Frekuensi Sinema X di Ku-band

Pengguna parabola mini silahkan menargetkan Ninmedia satelit Asiasat 9. Siaran free to air yang bisa ditonton tanpa harus menggunakan receiver rekomendasi. Sayangnya di Ku-band tidak sepaket dengan Sinema Indonesia, hanya ada yang X saja.

Nama SatelitFrekuensiKeterangan
Asiasat 9 122°E12655 V 45000FTA Ninmedia, MPEG-4

Oh iya channel lain dari eyePLUS yaitu Drakor Plus, TV P dan K-Drama juga ada di Ninmedia tapi beda transponder. Frekuensinya adalah 12415 V 45000. Pada jalur Ku-band tidak tersedia channel Sinema Indonesia, sepertinya film horror dan drakor lebih diminati masyarakat.

Pemburu siaran gratis tanpa biaya bulanan Ku-band disarankan lock juga frekuensi SES 9. Di sana tersedia banyak saluran TV gratis seperti Magna Channel, Toonmax Channel, BBS, Jogja Istimewa dan masih banyak lagi. Kalau masih kurang tambahkan lagi siaran Measat 3a milik Garmedia K-Vision.

Cara Mencari Siaran Sinema Indonesia X yang Menghilang

Cara menonton siaran SInema X yang hilang di parabola
Foto oleh Pineapple Supply Co

Siaran yang hilang tiba-tiba bukan hal baru di dunia perparabolaan. Selain kerusakan alat tempur ada banyak faktor yang berpengaruh. Pada artikel ini freqnesia akan menjabarkan beberapa hal umum yang menjadi penyebab sekaligus solusi terbaik untuk mengatasi.

Siaran Berakhir

Nah yang satu ini baru saja terjadi di awal Desember 2020, siaran Sinema X MPEG-2 di Palapa D dan Telkom 4 berakhir. Beruntung masih ada 1 siaran tersisa yang masih free to air di C-band.

Untuk mendapatkan kembali, tinggal masukkan frekuensi Sinema Indonesia X terbaru lalu scan ulang. Perlu diingat sekarang hanya tersedia siaran dengan format MPEG-4.

Jika memaksa scan frekuensi MPEG-4 dengan receiver MPEG-2 maka siaran tidak bisa ditonton. Kalian harus ganti ke decoder MPEG-4 agar dapat menonton dengan lancar. Disarankan membeli K-Vision, NEX Parabola atau Nusantara HD demi pilihan TV Nasional yang lengkap

Frekuensi Berubah

Nomor frekuensi yang berubah sangat sering terjadi. Masalah ini bisa diselesaikan dengan mudah, hapus freq lama lalu ganti dengan yang baru dan scan ulang.

Jika ada perubahan biasanya grup facebook pengguna parabola akan heboh. Banyak yang mengeluh siaran hilang/ gelap dan saling berbagi solusi. Untuk mendapatkan informasi kode frekuensi yang baru silahkan kunjungi freqnesia.com.

FAQ

  • Berapa frekuensi Sinema Indonesia X di Telkom 4?

    3720 H 32727 adalah satu-satunya frekuensi yang masih aktif di jalur C-band. Transponder ini juga ditempati channel TV dari Lejel Broadcasting system seperti Sinema Indonesia, Drakor Plus, K-Drama, TV In, Cinta Bolly dll.

  • Berapa frekuensi Sinema X MPEG-2 terbaru?

    Sejak awal Desember 2020 sudah tidak ada lagi pilihan MPEG-2 dari Sinema X di parabola. Kebanyakan siaran melalui parabola mulai upgrade ke MPEG-4. Segera ganti receiver anda dengan yang baru.

  • Mengapa channel Sinema X macet tidak bergerak?

    Siaran MPEG-4 jika ditonton dengan menggunakan Decoder MPEG-2 maka hasilnya macet macet. Mau tidak mau wajib ganti decoder jika ingin gambar video audio kembali lancar.

Kesimpulan

Walaupun banyak yang hilang namun saat ini masih tersedia siaran Sinema Indonesia X yang FTA (Free to Air) melalui satelit. Untuk pengguna parabola jaring bisa lock Telkom 4 sedangkan dish mini lock Ninmedia Asiasat 9. Semua bisa ditonton langsung tanpa biaya langganan bulanan.

Sayang sekali sejak Desember 2020 Sinema X sudah upgrade tayangannya menjadi MPEG-4. Pengguna MPEG-2 tidak bisa lagi menonton dengan lancar seperti dulu. Format MPEG-4 dirasa lebih bagus kualitasnya, gambar lebih tajam dan bening terutama yang HD 1080.

Sekian penjelasan tentang frekuensi Sinema Indonesia X terbaru di Telkom 4 dan Asiasat 9. Semoga dapat membantu kalian mendapatkan siaran yang hilang. Apabila mengalami kesulitan disarankan menelpon teknisi terdekat.

Oh iya selain melalui satelit, eyePLUS juga menyiarkan kesepuluh channel miliknya secara live streaming di website dan aplikasi handphone. Kalian bisa mencari aplikasi dengan nama eyePLUS Entertainment. sayangnya masih banyak bug dan masalah sehingga belum bisa lancar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *