Frekuensi Temanggung TV di Telkom 4

Frekuensi Temanggung TV di Telkom 4

Temanggung TV merupakan stasiun televisi lokal milik Pemerintah Kabupaten Temanggung yang mulai dibangun pada tahun 2016 atas prakarsa Bupati saat itu Drs. H. Bambang Sukarno.

Awalnya uji coba penyiaran akan dipancarkan melalui Telkom 1 namun karena ada kerusakan satelit lalu dialihkan ke Telkom 3s. Sekarang frekuensi Temanggung TV 2019 ada di Telkom 4.

LPPL (Lembaga Penyiaran Publik Lokal) Kabupaten Temanggung bertujuan memberikan informasi terpercaya kepada masyarakat dan sebagai promosi potensi daerah ke seluruh Indonesia. Program acara di dalamnya antara lain kegiatan pemerintahan, budaya, kepariwisataan, industri rumah tangga, berita terbaru satelit dan edukatif untuk anak-anak.

Frekuensi Temanggung TV Terbaru

Sejak awal tahun 2019 channel TV lokal dari Temanggung ini berada di Telkom 4 atau lebih dikenal dengan nama sateli Merah Putih. Kualitas tayangan sudah support standar DVB-S dengan format video MPEG-2. Untuk kualitas masih Standard Definition (SD), saluran televisi Indonesia memang jarang yang HD.

Satelit Telkom 4 berada pada orbit 108° bujur timur yang sering diduetkan dengan Palapa D. Kedua satelit adalah favorit pengguna parabola jaring. Tidak heran sekarang Temanggung TV memiliki pemerisa setia dari berbagai daerah Nusantara. Terlihat keseriusan pemerintah daerah mempromosikan kebudayaan dari Kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan dataran tinggi dan pegunungan ini.

Logo siaran Temanggung TV juga berbentuk gunung lho!

Slogannya “Temanggung untuk Indonesia”.

Transponder yang ditempati oleh Temanggung TV di Telkom 4 adalah 3971 H 3000, berikut ini detail lengkapnya,

Nama Satelit Telkom 4
Posisi 108.0°E
Frekuensi 3971 Mhz
Polaritas Horisontal
Symbol Rate kSps/kHz
FEC 3/4
SID 2
VPID 512
APID 256 Ind
Sistem DVB-S
MPEG-2/SD

Dalam satelit Telkom 4 yang baru diluncurkan pada bulan Agustus 2018 ini terdapat beberapa stasiun TV Indonesia yang disiarkan free to air dan support decoder MPEG-2 seperti

  • ANTV
  • CNN Indonesia
  • MTA TV
  • Trans TV
  • Trans 7
  • Ruai TV
  • TVRI lokal dari Kalteng, Papua Barat, Papua dan Bengkulu.

Cara Nonton Temanggung TV

Cara menangkap sinyal Telkom 4 tidaklah sulit karena beamnya menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Terletak di 108° bujur timur artinya berada di barat pulau Kalimantan, arah parabola berbeda-beda tergantung tempat tinggal. Dari Temanggung arahnya ke Selatan terus geser ke Barat sedikit. Gambar di bawah adalah pengaturan yang ditunjukkan oleh situs dishpointer.

Arah Satelit Telkom 4 dari Kabupaten Temanggung

Selain disiarkan melalui satelit, Temanggung TV juga sering melakukan Live Streaming melalui akun Youtube. Hampir setiap hari ada siaran langsung dengan durasi sekitar 3-9 jam dalam sehari. Silahkan klik link streaming yang bisa disaksikan secara gratis ini, Link siaran di Youtube.

Stasiun TV lokal ini sangat cocok disaksikan oleh warga asli Temanggung yang merantau ke luar kota. Mayoritas program acaranya adalah liputan tentang budaya, tempat wisata, kesenian tradisional warisan nenek moyang dan berita daerah. Anda tidak akan ketinggalan berita terbaru dari kampung halaman.

Banyak penonton setia yang memberikan saran dan kritik, kebanyakan berharap Temanggung TV meningkatkan kualitas siaran. Menjawab semua masukan tersebut, pada awal Oktober 2019 mereka merekrut Penata Artistik, Kameramen, Editor, Operator Control Room, Penyiar dan Reporter. Info terbaru cek di instagram @temanggungtvofficial.

Frekuensi Temanggung TV jarang sekali berubah, sepertinya sudah nyaman di 3971 H 3000. Satelit merah putih sendiri bari diluncurkan tahun lalu dan diperkirakan dapat beroperasi hingga 15 tahun kedepan. Kemungkinannya kecil akan pindah satelit, kalau cuma transponder sih mungkin banget. Mudah-mudahan nanti ada siaran di jalur Ku-band untuk pengguna parabola mini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *