Frekuensi Trans 7 di K-Vision dan NEX Parabola

Freqnesia akan membahas frekuensi Trans 7 2022 di berbagai satelit parabola baik itu C-band atau Ku-band. Tak hanya yang FTA MPEG-2 namun yang masuk K-Vision dan NEX Parabola.

Trans 7 merupakan stasiun TV swasta dari Indonesia bernaung di bawah CT Corp bersama dengan Trans TV. Channel yang dulunya bernama TV7 ini disiarkan melalui terestrial, satelit, IPTV dan kabel.

Masyarakat Indonesia mengenal Trans 7 sebagai saluran TV yang memiliki deretan program anak yang selain menghibur juga edukatif. Selain itu hak siar Moto GP hampir selalu didapatkan tiap tahunnya. Maka tidak heran banyak yang mencari kode frekuensi terbaru ketika siaran Trans 7 hilang.

Frekuensi Trans 7 C-band

Frekuensi-Trans-7-di-Telkom-4
Foto oleh Ajis Muin

Channel yang mendapatkan hak siar MotoGP 2021 ini disiarkan free to air melalui Telkom 4 (satelit Merah Putih). Cocok untuk pengguna dish mesh dengan LNB C-band.

Frekuensi Trans 7 gratis di parabola hanya 3906 H 6250 yang MPEG-2 dan 3888 H 9600 yang HD. Entah mengapa selalu satu transponder dengan Trans TV.

Siaran lain teracak yang sifatnya Free to View di K-Vision dan NEX Parabola yang mengudara di Telkom 4. Oh iya ada juga alternatif lain dari Skynindo di satelit Chinasat 10.

Nama SatelitFrekuensiKeterangan
ChinaSat 10 110.5°E3520 V 30000$Skynindo, MPEG-4
Telkom 4 108.0°E3906 H 6250FTA, MPEG-2
Telkom 4 108.0°E3888 H 9600FTA, HD, MPEG-4
Telkom 4 108.0°E4060 V 31000$K Vision, MPEG-4
Telkom 4 108.0°E4180 V 29800$Nex Parabola, MPEG-4

Terlihat satu-satunya siaran yang mendukung receiver lama MPEG-2 hanyalah siaran di transponder Telkom 4. Disarankan segera mengupgrade ke decoder MPEG-4 untuk mendapatkan siaran HD terutama rekomendasi Pay TV.

Pada November 2020, Trans 7 mulai mengudara dengan format High Definition. Keputusan ini disambut baik oleh masyarakat, apalagi siarannya tetap free to air.

Yang menarik transponder 3888 H terisi keempat channel dari Trans Media yang semuanya HD 1080p. Sayangnya untuk CNBC dan CNN Indonesia teracak BISS yang sering rolling bisskey.

Frekuensi Trans 7 Ku-band

Frekuensi Trans 7 Ku-band
Foto oleh Achear Lubis Lubis

Dulunya siaran free to air di satelit Ku-band lebih banyak dibandingkan C-band. Sayangnya masa itu sudah usai, sekarang pengguna dish mini wajib menggunakan decoder Pay TV untuk nonton Moto GP.

Tak ada lagi Trans 7 tanpa acakan di Ninmedia, SMV Freesat dan Aora TV Satelit. Pilihan gratis di frekuensi K Vision Ku-band di Measat 3a pun kini ikut teracak.

Nama SatelitFrekuensiKeterangan
SES 9 108.2°E11921 V 45000$Nex Parabola, MPEG-4
Measat 3a 91.4°E12436 H 31000FTA Garmedia K-Vision, MPEG-4
Measat 3b 91.5°E12563 V 30000$TransVision, MPEG-4, HD
Measat 3b 91.5°E12643 H 30000$TransVision, MPEG-4

Frekuensi trans 7 di NEX Parabola adalah 11921 V 45000. Transponder ini terisi banyak sekali stasiun TV Nasional dan in house dari EMTEK.

Berbeda dengan pita frekuensi C, di Ku tak ada gratisan dengan gambar cling. Kalau mau HD harus memilih Nusantara HD ataupun TransVision yang ada di Measat 3b.

Cara Mencari Trans 7 yang Menghilang

Cara Mencari Trans 7 yang Menghilang
Foto oleh Sammy Singh dari Pexels

Channel Trans 7 hilang di parabola bukanlah hal baru bahkan sudah sering terjadi.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan siaran menghilang seperti ganti frekuensi, maintenance, gangguan, berhenti siaran ataupun teracak. Jangan buru-buru mengotak atik pengaturan parabola dan receiver, kita cek dulu berita terbaru.

Pertama silahkan mengunjungi grup facebook yang berisi para pengguna parabola dari Indonesia.

Kalau ada masalah dengan siaran Trans 7 pasti banyak orang yang mendiskusikan penyebab hilangnya Trans 7. Nah jika ternyata tidak ada berita maka kemungkinan alat tempur anda yang bermasalah.

Ganti Frekuensi

Kasus ini terjadi pada April 2021 dimana kualitas SD ganti dari 3904 H 3200 ke 3906 H 6250 sedangkan HD dari 3908 H 3200 ke 3888 H 9600. Yang harus lakukan cukup hapus channel lama lalu masukkan frekuensi baru dan terakhir tinggal scan ulang.

Keputusan ganti parameter ini membuat Trans 7 dan Trans TV berada dalam satu transponder berdasarkan kualitas siaran. Lebih bagus begini dibandingkan dulu, proses scan ulang lebih mudah.

Gangguan dan Maintenance

Terkadang saluran Trans 7 tiba-tiba gelap karena gangguan satelit atau sekedar pemeliharaan (maintenance).

Saat itu terjadi penyedia layanan TV satelit akan mengeluarkan pemberitahuan melalui layar televisi ataupun fanspage facebook. Tidak ada yang bisa kita lakukan kecuali menunggu siaran normal kembali.

Siaran Berakhir

Sebut saja beberapa waktu yang lalu Trans 7 meninggalkan Palapa D 4100 V dan SES 9 11101 V yang merupakan transponder Matrix Garuda. Yang terupdate Trans 7 dan Trans TV hilang dari Ninmedia.

Jika sudah berhenti siaran maka jalan terbaik adalah mencari alternatif di satelit lain yang FTA seperti Telkom 4 untuk C-band. Tak ada harapan di Ku-band kecuali beli decoder rekomndasi.

Biasanya saat ada yang menghilang pasti akan ada frekuensi baru, bisa beda satelit atau cuma pindah transponder. Freqnesia berusaha secepat mungkin mengupdata artikel frekuensi Trans 7 ini kalau ada perubahan.

Siaran Teracak

Sama halnya dengan kebanyakan stasiun TV lain, Trans 7 akan teracak ketika menyiarkan pertandingan olahraga.

Sebut saja ketika ada pertandingan bola seperti Piala Dunia FIFA 2018. Alasannya karena hak siar yang didapatkan hanya untuk terestrial atau antena UHF, tidak termasuk siaran satelit.

Channel Trans 7 Menghilang di Ninmedia

Trans 7 dari dulu terkenal dengan tayangan MotoGP dari mulai race hingga highlight. Dalam beberapa tahun terakhir mereka selalu mendapatkan kesempatan menyiarkan secara live.

Yang menarik siaran MotoGP di satelit tetap FTA tanpa harus membeli paket berlangganan. Sangat berbeda jika dibandingkan dengan bola, wong pertandingan timnas saja di masukkan paket premium.

Pada layar televisi tertulis “Sehubungan dengan adanya pembatasan hak siar maka program ini tidak dapat ditayangkan

Acakan yang digunakan adalah acakan maut, lebih baik cari alternatif satelit lain yang masih cling misalnya di Telkom 4.

Belakangan siaran Trans 7 menghilang di jaringan terestrial (antena biasa) pada beberapa daerah Nusantara. Sedangkan DVB T-2 digital belum tersebar rata di seluruh Indonesia.

Alternatif selain parabola adalah streaming online, kebetulan sekarang banyak layanan TV Streaming yang legal seperti Usee TV dan Vidio. Gratis namun memakan banyak kuota.

Kesimpulan

Saat ini satelit yang menyiarkan Trans 7 secara free to air hanya Telkom 4 C-band saja. Masih tersedia pilihan MPEG-2 yang bisa ditonton tanpa berlangganan paket premium ataupun menggunakan receiver khusus.

Untuk Ku-band tak ada harapan untuk siaran gratis. Yan terakhir ada di Ninmedia yang hilang di akhir November 2021.

Untuk menangkap sinyal Trans 7 tidaklah sulit karena satelitnya memiliki beam yang mencover seluruh wilayah Indonesia mulai dari dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Sinyalnya luber-luber sehingga tidak membutuhkan ukuran dish yang terlalu lebar.

Channel Trans 7 yang hilang dapat disebabkan banyak hal, salah satunya adalah perubahan nomor frekuensi. Disarankan bookmark artikel frekuensi Trans 7 terbaru ini untuk mendapatkan informasi yang up to date. Kami Freqnesia akan berusaha secepat mungkin menambahkan data terbaru.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *