Frekuensi Trans TV Terbaru di Parabola

Frekuensi Trans TV di Parabola Terbaru

Trans TV merupakan stasiun TV swasta dari Indonesia dengan motto “Milik Kita Bersama” yang dimiliki Trans Media. Resmi mengudara sejak tahun 2001 dan masih bertahan menjadi salah satu televisi favorit masyarakat. Berapa kode frekuensi Trans TV 2020 di satelit parabola?

Channel satu ini terkenal dengan tayangan film-film Blockbuster dunia dan kerap memutar film-film yang pertama kali tayang di layar kaca Indonesia. Walaupun saat ini banyak layanan streaming film Online, tidak ada salahnya menonton TV kalau lagi minim paket data.

Selain itu pemirsa setia Trans TV juga akan disuguhi drama korea yang jarang ditemui di stasiun TV lain. Tidak heran jika banyak orang yang mencari frekuensi terbaru jika Trans TV hilang dari televisi.

Frekuensi Trans TV di Parabola

Trans TV adalah salah satu stasiun TV swasta yang masih dapat disaksikan dengan mudah di parabola. Ada banyak pilihan siaran free to air (FTA) di berbagai satelit baik itu C-band ataupun Ku-band. Kita bisa menikmati dengan sembarang receiver asalkan support format siaran.

Ohya siaran melalui satelit terbaik (kualitas HD) berada dalam TransVision yang sama-sama bernaung di bawah Trans Corp dan Trans Media. Untuk harga cukup mahal karena Pay TV tersebut menargetkan kalangan menengah ke atas. Kalau admin Freqnesia lebih cocok dengan siaran FTA yang gratis.

Frekuensi Trans TV C-Band

Ketika mendengar kata C-band dan TV Indonesia pasti banyak tracker yang terbayang Palapa D. Sayangnya di sana semua tayangan Trans TV masuk Pay TV dan teracak acakan maut. Siaran free to air jalur C-band berada di transponder Telkom 4 atau satelit Merah Putih. Kebetulan juga satu-satunya tayangan yang support receiver lama dengan format MPEG-2.

Nama Satelit Posisi Frekuensi Keterangan
Palapa D113.0°E3600 V 31000$K Vision
DVB-S2
MPEG-4
Palapa D 113.0°E 3960 H 30000$Topas TV
DVB-S2
MPEG-4
Palapa D 113.0°E 4140 V 29900$Nex Parabola
DVB-S2
MPEG-4
ChinaSat 10110.5°E3560 V 30000$Skynindo
DVB-S2
MPEG-4
SES 7108.2°E 2535 H 22500$MNC Vision
DVB-S2
MPEG-4
Telkom 4108.0°E3890 H 6000FTA
DVB-S
MPEG-2
Telkom 4 108.0°E3924 H 7500$NusantaraHD
DVB-S2
MPEG-4

Alternatif lain adalah Skynindo satelit Chinasat 10. Pay TV satu ini sering menggratiskan channel premium setiap hari Kamis dan Minggu, contohnya seperti Nickelodeon, Animax, Boomerang, Gem TV, Sony One, Celestrial Movies, Thrill dan masih banyak lagi. Gila ga tuh? Kalau di TV berlangganan lain pasti masuk paket berbayar yang enggak murah.

Frekuensi Trans TV Ku-band

Siaran di jalur pita frekuensi Ku untuk pengguna parabola mini ada di beberapa satelit seperti Measat 3a, Measat 3b, SES 9, Thaicom 4, Chinasat 11, Telkom 3s dan ABS 2A. Channel yang mendapatkan hak siar Piala Dunia 2018 Rusia ini memang masuk Pay TV namun banyak yang free to air.

Nama SatelitPosisiFrekuensiKeterangan
JCSAT 4B124.0°E12490 H 30000FTA BigTV
DVB-S2
MPEG-4
Thaicom 4119.5°E11686 V 6666FTA Aora TV Satelit
DVB-S2
MPEG-4
Telkom 3S118.0°E12560 H 10000$TransVision
DVB-S2
MPEG-4
SES 9108.2°E11921 V 45000$Nex Parabola
DVB-S2
MPEG-4
ChinaSat 1198.0°E12560 V 43200FTA Ninmedia
DVB-S2
MPEG-4
Measat 3a91.4°E12436 H 31000FTA Garmedia K-Vision
DVB-S2
MPEG-4
Measat 3b91.5°E12643 H 30000$TransVision
DVB-S2
MPEG-4
Measat 3b91.5°E12683 V 30000$TransVision
DVB-S2
MPEG-4
HD
ABS 2A75.0°E12290 V 44000$SMV FreeSat TV
DVB-S2
MPEG-4

Penonton siaran TV gratis Ku-band biasanya menargetkan Ninmedia dan Garmedia untuk menyaksikan channel Trans TV. Keduanya hingga saat ini masih free to air yang dapat ditangkap dengan receiver apa saja asalkan sudah support DVB-S2 dan format video MPEG-4. Seperti biasa tidak ada siaran MPEG-2 di jalur Ku-band.

Belakangan ini ada trend baru, banyak orang yang beralih memilih K-Vision atau Nex Parabola. Alasannya karena di sana lebih banyak pilihan TV Nasional termasuk stasiun televisi dari MNC Group dan Emtek. Syarat menonton gratis adalah membeli receiver yang direkomendasikan lalu berlangganan paket sekali saja.

Cara Mencari Trans TV yang Menghilang

Terkadang channel Trans TV tiba-tiba gelap tanpa sebab jelas sehingga tidak dapat disaksikan seperti biasanya. Jangan buru-buru mengotak atik settingan TV, arah parabola, receiver dan peralatan lainnya. Kita cari dulu penyebab kenapa Trans TV hilang di parabola?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek berita terupdate untuk memastikan apakah siaran sudah berakhir, teracak, ganti frekuensi, gangguan atau sekedar maintenance.

Untuk mencari berita terbaru dapat dilakukan dengan mengunjungi forum facebook yang berisi pengguna parabola. Jika memang siaran Trans TV hilang pasti banyak yang membicarakannya.

Cara lain adalah cek fanspage facebook, twitter atau sosmed lain dari layanan televisi yang anda gunakan misal Ninmedia, K-Vision, Nex Parabola dll.

  • Kalau ada error atau pemeliharaan transponder satelit, yang harus kita lakukan adalah menunggu proses perbaikan selesai. Stay tune di fanspage yang bersangkutan untuk menunggu berita terbaru.
  • Kalau ganti frekuensi namun masih satu satelit. Tinggal hapus channel yang gelap, masukkan frekuensi baru dan scan ulang.
  • Kalau ganti frekuensi dan pindah satelit. Solusinya mengatur ulang arah parabola, masukkan satelit terbaru termasuk posisi bujur, frekuensi, polaritas, symbol rate dll. Terakhir tinggal scan satelit baru.
  • Kalau siaran berakhir, lebih baik mencari siaran di satelit lain yang masih Free To Air.

    Silahkan cek daftar frekuensi Trans TV 2020 di atas sebagai bahan pertimbangan sebelum memilih yang paling cocok. Freqnesia akan selalu mengupdate artikel ini supaya bisa menjadi rujukan teman-teman mencari informasi frekuensi terbaru.
  • Kalau siaran teracak, kita harus mencari cara membuka. Biasanya saat ada pertandingan olahraga pasti gelap. Tingkat kesulitan tergantung jenis acakan yang digunakan. Kalau cuma BISS pasti banyak yang share bisskey, selain itu lebih baik cari siaran alternatif lain.
  • Kalau tidak ada berita dan ternyata banyak channel TV lain yang hilang maka kemungkinan ada masalah di alat tempur atau pengaturan televisi anda.

    Silahkan cek receiver, apakah kualitas sinyal bagus? Jika sinyal jelek sebaiknya atur ulang parabola untuk mendapatkan sinyal lebih baik. Lihat perubahan yang terjadi! Tidak ada salahnya menghapus channel lama dan scan ulang.

    Masih tidak dapat sinyal? Periksa semua peralatan mulai dari dish parabola, tiang fokus, LNB, diseqc switch, konektor hingga kabel. Pastikan tidak ada yang mengalami kerusakan. Jika rusak ya wajib ganti dengan yang baru. Bagi pemula daripada menduga-duga lebih baik panggil teknisi.

Masalah Trans TV yang hilang di parabola bukanlah hal baru, sebut saja beberapa bulan yang lalu saluran Trans TV dan saudaranya Trans 7 menghilang dari paket Matrix Garuda di satelit Palapa D : 4100 V (C-band) dan SES 9 : 11101 V (Ku-band).

Berita ini tentu mengecewakan pelanggan yang memfavoritkan kedua channel dari Trans Media tsb. Protes pun percuma, solusi terbaik adalah lock siaran di satelit lain yang masih FTA.

Channel Trans TV yang hilang tidak hanya terjadi pada siaran melalui satelit. Pada bulan Juli 2019 daerah Malang dan sekitarnya kehilangan channel satu ini di jaringan terestrial UHF. Kabarnya disebabkan masalah legalitas ijin frekuensi namun hingga sekarang belum ada kejelasan.

Kesimpulan

Di akhir tahun 2020 ini masih banyak siaran Trans TV yang free to air (FTA) baik itu untuk satelit C-band dan Ku-band. Semua satelit yang menyiarkan memiliki sinyal kuat yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Dijamin bisa lock meskipun dengan dish parabola yang tidak terlalu lebar.

Sangat disayangkan jumlah siaran FTA di jalur C-band jauh lebih sedikit dibandingkan Ku-band. Padahal masyarakat yang belum terjangkau sinyal terestrial lebih banyak yang menggunakan parabola jaring. Alternatif untuk pengguna C-band adalah Pay TV yang menggratiskan TV Nasional secara free to view (gratis tetapi harus pakai receiver khusus).

Faktanya permasalahan channel Trans TV yang menghilang sering disebabkan perubahan frekuensi. Oleh karena itu silahkan bookmark artikel nomor frekuensi Trans TV ini untuk mendapakan informasi terbaru dengan cepat. Freqnesia akan selalu mengupdate artikel ini untuk memberikan data yang sesuai.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *