Frekuensi tvOne Terbaru di Palapa D dan Chinasat 11

Frekuensi tvOne Terbaru di Parabola

tvOne merupakan salah satu stasiun televisi swasta Indonesia yang dulu dikenal dengan nama Lativi di awal tahun 2000-an. Bernaung di bawah PT Visi Media Asia Tbk (VIVA) bersama dengan ANTV (Andalas Televisi). Pada artikel ini freqnesia akan membahas daftar frekuensi tvOne terbaru di parabola.

Komposisi siarannya 70 persen berita, sisanya diisi program hiburan dan olahraga. Channel tvOne terkenal dengan “Indonesia Lawyers Club” yang dipandu oleh Karni Ilyas, program talkshow yang membahas topik hangat di masyarakat dari berbagai sudut pandang.

Stasiun televisi ini menjadi favorit pecinta olahraga beladiri berkat program One Pride Mixed Martial Arts (MMA) dan World Boxing. Selain itu tvOne juga sering menayangkan pertandingan sepak bola baik itu dalam dan luar negeri. Tidak heran jika siaran tvOne hilang di parabola pasti banyak yang mencari frekuensi dan bisskey terbaru.

Frekuensi tvOne di Parabola

Sama halnya dengan kebanyakan stasiun TV berita, tvOne memiliki deretan siaran free to air di satelit C-band ataupun Ku-band. Banyak pilihan yang dapat disaksikan dengan sembarang receiver tanpa harus membeli paket berlangganan. Yang terkenal ada di satelit Telkom 4, Palapa D, Chinasat 11 dan Measat 3a.

Frekuensi tvOne C-band

Siaran FTA yang menjadi favorit pengguna parabola jaring ada dalam transponder Telkom 4 dengan frekuensi 3720 H 32727 dan 4174 H 6000. Keduanya masih support untuk receiver MPEG-2. Alternatif lain di jalur C-band adalah di satelit Palapa D yang mungkin akan menghilang sebentar lagi.

Nama SatelitPosisiFrekuensiKeterangan
Palapa D113.0°E3880 H 29900FTA
DVB-S
MPEG-2
Telkom 4108.0°E3720 H 32727FTA
DVB-S2
MPEG-2
Telkom 4108.0°E3860 V 31000$K-Vision
DVB-S2
MPEG-4
Telkom 4108.0°E4174 H 6000FTA
DVB-S2
MPEG-2

Saat ini ada beberapa pilihan free to air di Telkom 4 yang merupakan channel pengungsi dari satelit Palapa D yang konon akan deorbit sebentar lagi. Stay tune terus di freqnesia untuk mendapatkan informasi frekuensi tvOne di Telkom 4 terbaru.

Frekuensi tvOne Ku-band

Terdapat tiga siaran free to air di pita frekuensi Ku yaitu Ninmedia, AoraTV dan Garmedia. Ketiganya dapat disaksikan dengan sembarang merek dan tipe decoder asalkan sudah support standar DVB-S2 dan MPEG-4.

Sedangkan siaran free to view ada dua yaitu NEX Parabola dan SMV FreesatTV. Untuk membuka channel yang terkunci, kita harus menggunakan receiver khusus dari layanan TV tersebut.

Nama SatelitPosisiFrekuensiKeterangan
Thaicom 4119.5°E11686 V 6666FTA Aora TV Satelit
DVB-S2
MPEG-4
Telkom 3S 118.0°E12560 H 10000$TransVision
DVB-S2
MPEG-4
SES 9 108.2°E 11921 V 45000$Nex Parabola
DVB-S2
MPEG-4
ChinaSat 1198.0°E12500 V 43200FTA Ninmedia
DVB-S2
MPEG-4
Measat 3a91.4°E12436 H 31000FTA Garmedia K-Vision
DVB-S2
MPEG-4
Measat 3b91.5°E12643 H 30000$TransVision
DVB-S2
MPEG-4
ABS 2A75.0°E12290 V 44000$SMV FreeSat TV
DVB-S2
MPEG-4

Data freq Ku-band di atas benar-benar mirip dengan frekuensi ANTV yang juga bernaung di bawah Grup Bakrie. Perbedaan hanya di Ninmedia saja yang beda transponder namun masih satu satelit yaitu Chinasat 11.

Cara Mencari tvOne yang Menghilang

Sering kali siaran tvOne tiba-tiba gelap tanpa sebab yang jelas. Banyak yang bertanya mengapa tvOne menghilang di parabola? Ok untuk menjawab pertanyaan ini, Freqnesia akan membahas satu persatu masalah yang mungkin menjadi penyebab. Jangan buru-buru mengotak atik arah parabola ataupun pengaturan decoder.

Pertama silahkan tanyakan ke tetangga yang menargetkan satelit yang sama, apakah tvOne miliknya juga hilang. Jika jawabnya tidak berarti peralatan anda yang sedang bermasalah. Sebaliknya jawabanya iya berarti tvOne hilang berjamaah seluruh Indonesia. Kemungkinan karena beberapa hal di bawah ini.

Ganti Frekuensi dan Pindah Satelit

Seperti yang terjadi pada bulan Juni 2020, banyak siaran yang migrasi dari Palapa D ke Telkom 4 dimana salah satunya adalah tvOne. Untuk ini kita harus tracking ulang, mengarahkan parabola dari Palapa D ke Telkom 4. Kalian bisa memasukkan frekuensi tvOne di atas atau cukup pindai buta Telkom 4.

Siaran Teracak

Seperti kebanyakan channel TV lain, tvOne pasti akan gelap saat menayangkan turnamen olahraga sepak bola ataupun tinju. Alasannya adalah Hak Siar, tvOne hanya boleh menyiarkan melalui antena UHF. Inilah mengapa layanan melalui satelit ataupun TV streaming pasti teracak.

Di parabola untuk membuka siaran kembali, kita harus melihat dulu jenis acakan yang digunakan. Kalau hanya BISS berarti bisa dibuka dengan bisskey terbaru, kalian bisa cari di grup forum satelit. Sedangkan jika XCrypt ya pasrah, tracker menyebutnya dengan acakan maut karena belum dapat dibobol.

Berhenti Siaran

tvOne termasuk channel yang adem ayem, jarang ganti frekuensi ataupun tutup tirai. Meskipun begitu tidak menutup kemungkinan suatu saat akan berhenti siaran dalam satelit tertentu. Sebut saja beberapa bulan yang lalu saluran tvOne hilang dari SES 9 transponder 11024 V.

Solusi terbaik mengatasi masalah ini adalah lock satelit lain yang masih menyiarkan tvOne FTA. Silahkan lihat tabel frekuensi tvOne terbaru di atas sebagai bahan pertimbangan. Untuk C-band masih Telkom 4 sedangkan Ku-band di Chinasat 11, Measat 3a dan Thaicom 4.

Ternyata eh ternyata tvOne tidak hanya menghilang di parabola. Beberapa waktu yang lalu saudara dari ANTV ini hilang di beberapa kota di Jawa Timur, katanya sih karena legalitas ijin frekuensi UHF yang expired. Berbeda dengan siaran satelit yang ada banyak alternatif, pengguna antena UHF hanya bisa pasrah.

Kesimpulan

Hingga tahun 2020 ini, tvOne masih bisa dinikmati secara gratis baik itu di jalur C-band ataupun Ku-band. Kita bisa menyaksikan tvOne dengan sembarang receiver tanpa harus berlangganan televisi berlangganan manapun.

Untuk pengguna parabola jaring disarankan lock Telkom 4 yang memiliki beberapa pilihan free to air. Satelit yang mengorbit di 108° bujur timur ini punya deretan tv Indonesia yang FTA. Ohya hindari Palapa D untuk saat ini, satelit tersebut sudah berakhir masanya sehingga bisa menghilang sewaktu-waktu.

Sedangkan untuk pengguna parabola mini yang sering direkomendasikan adalah Ninmedia dan Garmedia. Keduanya punya banyak tv lokal yang free to air. AoraTV sebenarnya juga bisa dijadikan alternatif, sayangnya jumlah channel sangat sedikit.

Sekian artikel frekuensi tvOne terbaru di berbagai satelit dari freqnesia. Kami akan sesegera mungkin mengupdate informasi di atas apabila ada perubahan freq. Semoga dapat membantu teman-teman mencari siaran tvOne yang tiba-tiba menghilang di parabola.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *