Ikatan Cinta Hilang di NEX Parabola

Awal Januari 2022 ini tiba-tiba sinetron Ikatan Cinta hilang di NEX Parabola. Apa yang menyebabkan dan bagaimana cara mengatasi agar bisa nonton siaran kembali?

Pada jam tayang Ikatan Cinta tepatnya pukul 20.00 WIB channel RCTI digantikan dengan Citra Drama. Siaran RCTI kembali ketika sinetron Andin dan Aldebaran berakhir. Kasus ini mirip dengan teracaknya RCTI saat prime time dan kembali cling pada jam lain yang terjadi sekitar awal 2019.

Contoh lain adalah hilangnya Indonesian Idol di NEX Parabola tahun 2020. Selanjutnya dibalas hilangnya Liga Dangdut dari K-Vision. Sebuah bukti bahwa persaingan ketat dari TV satelit berlangganan.

Mengapa Ikatan Cinta Hilang di NEX Parabola?

Alasannya perubahan hak siar, Ikatan Cinta dinilai sebagai sinetron berkualitas yang pantas dijadikan program premium eksklusif. Sebagai informasi sinetron RCTI ini selalu mendapatkan rating pertama di Indonesia.

Program eksklusif dari RCTI yang disiarkan melalui satelit pastinya ada di K-Vision, MNC Vision dan MNC Play (bagian dari MNC Vision Networks/ MVN).

Untuk siaran di UHF terestrial antena biasa (analog dan digital) tetap aman-aman saja. Streaming official di aplikasi dan website RCTI+ juga cling.

Di NEX Parabola dan Matrix Garuda siaran hilang dan digantikan program pengganti. Yang menarik ada di Nusantara HD, sempat hilang 2 hari namun tadi malam cling kembali.

Kita sebagai user hanya bisa berharap terjadi kesepakatan antara MNC dan EMTEK. Mudah-mudahan tidak ada perang acak antar Pay TV.

Sayang belum ada pengumuman resmi, namun kemungkinan alasan yang diberikan kurang lebih sama dengan kasus teracaknya Indonesian Idol dan Liga Dangdut yaitu Hak Siar.

Satu hal yang pasti per 1 Januari keempat channel MNC Group di K-Vision hanya bisa ditonton sebagai bonus membeli paket. Sedikit berbeda dengan dulu sebagai bonus aktivasi bagi pelanggan baru.

Kemungkinan kebijakan ini bakal berdampak pada siaran RCTI, GTV, MNCTV dan iNews di Pay TV lain. Kita tunggu saja pengumuman selanjutnya.

Solusi Ikatan Cinta Hilang di NEX Parabola

Bagi pecinta sinetron Ikatan Cinta, ada beberapa cara agar kalian bisa nonton kembali.

1. Membeli Salah Satu Paket Premium

Pada 10 Januari 2022, Ikatan Cinta cling kembali di NEX Parabola. Setelah itu muncul rumor bahwa kita bisa menonton kembali dengan membeli salah satu pilihan paket berlangganan.

Namun ternyata kembali Zonk, siaran digantikan oleh Citra Drama. Dihubungi via DM, CS NEX Parabola menyebutkan bahwa mereka tidak memiliki hak siar atas program tersebut.

Hingga sekarang belum ada pengumuman resmi dari pihak NEX Parabola. Para teknisi pun puyeng karena komplain dari para user.

2. Beralih ke K-Vision

Solusi termudah adalah membeli decoder K-Vision, belakangan banyak teknisi yang promo (seperti gambar). Total biaya sekitar 300-400 rb tanpa ganti antena parabola, LNB dan kelengkapan.

Cara Mengatasi Ikatan Cinta Hilang di NEX Parabola dengan K-Vision

Untuk parabola jaring C-band bisa beli Bromo C2000. Sedangkan dish mini Ku-band bisa memilih Cartenz K2000 atau salah satu receiver Gardiner, Optus dan LGsat.

Oh iya RCTI dan K-Vision sama-sama di bawah MNC Group jadi lebih aman jika ada kebijakan baru. Satu-satunya siaran RCTI yang High Definition juga hanya di K-Vision.

Freqnesia tidak menyarankan buru-buru ganti decoder. Takutnya nanti ada kebijakan baru dan Ikatan Cinta kembali cling di NEX Parabola. Lebih baik coba solusi lain.

3. Streaming di RCTIplus

Layanan ini memberikan AVOD (layanan audio dan video sesuai permintaan) dan streaming langsung dari RCTI, GTV, iNews dan MNCTV.

Kalian bisa nonton Ikatan Cinta secara live ataupun Catch Up. Freqnesia lebih menyarankan Catch Up karena kita bisa nonton siaran 7 hari kebelakang. Emak-emak tidak perlu begadang sampai malam untuk nonton live.

Enaknya Streaming itu bisa Pause, Ulangi lagi dan bisa skip iklan dari RCTI yang lama. Kekurangannya butuh kuota yang lumayan banyak. Untuk menghemat bisa mengurangi resolusi video.

4. Kembali ke Antena Biasa

Maksudnya kembali ke jalur Terestrial baik itu analog atau digital DVB-T2. Kebetulan sekarang pemerintah mempercepat digitalisasi, mungkin sekarang daerahmu sudah tercover sinyal UHF terestrial.

Coba pasang kembali antena biasadan scan ulang untuk mengecek apakah sekarang RCTI sudah ada.

Jika iya berarti tidak perlu ganti K-Vision atau pusing mikirin NEX Parabola. Kalau belum tercover sebaiknya menggunakan Streaming dulu sembari menunggu kebijakan terbaru.

Kesimpulan

Ikatan Cinta hilang di NEX Parabola yang digantikan Citra Drama disebabkan oleh hak siar.

Terjadi perubahan dimana Ikatan Cinta berubah menjadi program eksklusif yang hanya ada di K-Vision. Apakah ini tanda bahwa kisah Aldebaran dan Andin hampir tamat?

Freqnesia menyarankan emak-emak nonton via RCTI+ baik itu website atau aplikasi. Jangan buru-buru beralih ke K-Vision kecuali ada banyak duit nganggur.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.