Cara Membuka Siaran TV yang Bertanda $

Cara Membuka Siaran TV yang Bertanda $

Dengan menggunakan parabola dan receiver digital, kita dapat menangkap banyak channel televisi menarik. Tidak hanya siaran lokal dari Indonesia, stasiun TV luar negeri pun bisa didapatkan. Lebih banyak lagi apabila menambah LNB untuk menangkap beberapa satelit sekaligus.

Mayoritas siaran TV bisa ditonton setelah proses blind scan. Channel TV yang seperti ini disebut dengan Free To Air (FTA) artinya dapat disaksikan gratis asalkan menggunakan receiver yang support format siaran. Nah dari semua pasti ada yang tidak bisa terbuka dan ditandai dengan lambang $ (dolar).

Saat muncul tanda $, siaran TV gelap tidak bisa disaksikan seperti biasa. Ingat lho ini bukan masalah sinyal yang jelek, arah parabola kurang tepat ataupun frekuensi yang salah. Bagi yang masih penasaran tentang lambang $ di TV parabola, Freqnesia akan membahas semua secara tuntas.

Cara Membuka Siaran TV yang Bertanda $

Tanda $ berarti Scrambled yang artinya siaran Teracak dengan enkripsi tertentu. Cara untuk membuka siaran TV yang bertanda $ tergantung jenis acakan yang digunakan. Ada yang bisa dibuka ada yang tidak. Kita juga harus menggunakan receiver yang support acakannya. Silahkan cek box kemasan atau cari spesifikasi receiver di google untuk mengecek support tidaknya.

Saat ini di pasaran banyak receiver yang sudah support acakan BISS, PowerVu, Xcrypt dan Tandberg. Selanjutnya kita memerlukan key atau kunci untuk membuka siaran terkunci misalnya bisskey bagi acakan BISS. Nantinya kita tinggal input key tersebut ke pengaturan receiver dan siaran terbuka jika key sesuai.

Untuk mendapatkan key kita harus menggunakan program rahasia. Prosesnya memang ribet dan butuh waktu dimana program bekerja secara brute force artinya mencoba semua kemungkinan kombinasi yang ada. Sebut saja bisskey yang terdiri dari 16 karakter huruf dan angka. Bayangkan berapa banyak kombinasi yang mungkin dari 0-9 dan A-Z.

Tak perlu khawatir! Kita tidak perlu mencari bisskey sendiri karena para mastah akan berbagi bisskey terbaru di forum satelit parabola dan tempat perkumpulan tracker Indonesia. Inilah mengapa sebaiknya berterimakasih kalau berhasil membuka siaran TV yang bertanda $ berkat key yang diberikan.

Perlu diingat bisskey hanya bisa digunakan untuk acakan BISS saja bukan yang lain. Jadi sebelumnya mencari bisskey ke sana kemari pastikan dulu jenis acakan yang terapkan. Sebut saja channel MNC Group di satelit Palapa D, RCTI, MNCTV dan GTV diacak pakai Conax sehingga tidak bisa dibuka dengan bisskey.

Mungkinkah Membobol TV Berbayar?

Di semua satelit pasti ada siaran yang teracak bahkan di Palapa D dan Chinasat 11 yang terkenal sebagai satelitnya siaran gratis atau FTA. Acakan digunakan oleh penyedia layanan TV satelit agar siaran tidak bisa disaksikan oleh mereka yang tidak berlangganan paket premium.

Acakan yang digunakan PayTV dikenal dengan acakan maut. Mereka adalah Irdeto, StreamGuard, Conax, Navigrasion, ABV, Tongfang, Starguide dll. Di pasaran belum ada receiver yang support acakan tersebut. Satu-satunya jalan membuka siaran TV bertanda $ adalah berlangganan paket berlangganan.

Beruntungnya belakangan banyak penyedia siaran satelit yang memberikan channel premium secara gratis. Seperti K-Vision, NEX Parabola dan Ninmedia. Channel yang awalnya teracak dapat dinikmati gratis asalkan membeli receiver khusus. Yang seperti ini sering disebut dengan Free to View (FTV).

Ohya acakan juga digunakan ketika stasiun TV menayangkan program olahraga seperti sepak bola. Siaran yang awalnya cling akan gelap ketika pertandingan dimulai. Hal ini dilakukan berkaitan dengan hak siar. Sebut saja TVRI yang tiba-tiba gelap saat menayangkan liga Inggris. Alasannya karena TVRI hanya punya hak siar untuk jaringan terestrial, sedangkan untuk siaran satelit sudah dimiliki oleh Mola Matrix.

Akhir Kata

Bisa disimpulkan bahwa cara membuka siaran TV yang bertanda $ adalah memasukkan key ke pengaturan receiver yang support. Saat ini yang paling sering dishare adalah bisskey bagi acakan BISS. Untuk Tanderg, PowerVu dan Xcrypt sebenarnya sudah ada receivernya namun jarang ada yang berbagi key.

Pay TV semacam TopasTV, MNCVision, K-Vision, NEX Parabola menerapkan acakan maut sehingga kita tidak bisa membobolnya dengan mudah. Jalan untuk membuka siaran TV berbayar adalah membeli paket berlangganan.

Perlu diingat yang namanya membobol paksa sebenarnya bukan hal yang baik. Mudah-mudahan teman-teman mendapatkan rejeki lebih agar bisa berlangganan TV favoritnya. Alternatif lain yang bisa dipertimbangkan adalah streaming, di tahun 2020 ini banyak kok layanan TV online gratis.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *