Solusi Siaran MotoGP Menghilang di Ninmedia

Solusi Siaran MotoGP Menghilang di Ninmedia

MotoGP atau secara resmi disebut FIM MotoGP World Championship adalah divisi tertinggi dari gelaran balap motor yang ada di dunia. Tidak heran jika banyak pecinta motor yang selalu menanti kehadirannya di layar kaca. Di Indonesia pemegang hak siar MotoGP adalah Trans7 dan Fox Sports.

Pengguna parabola mengenal MotoGP sebagai olahraga yang jarang teracak, berbeda dengan sepak bola, badminton, voli dll. Sayangnya sejak tahun lalu siaran Trans7 di Ninmedia Chinasat 11 selalu diacak ketika menayangkan MotoGP. Bagaimana cara mengatasi MotoGP menghilang di Ninmedia.

Siaran MotoGP Menghilang di Ninmedia

Penyebab tayangan MotoGP yang hilang di Ninmedia adalah pembatasan hak siar seperti yang tertulis dalam gambar di bawah. Satu hal yang menarik adalah siaran Trans7 di satelit lain masih cling lho, bahkan di Telkom 4 C-band yang FTA. Mengapa cuma Ninmedia yang dibatasi hak siar? Entahlah mungkin sudah kesepakatan antara kedua belah pihak.

pembatasan hak siar motoGP di Ninmedia

Jenis acakan Ninmedia di Chinasat 11 adalah StreamGuard sehingga tidak mungkin terbuka dengan bisskey. Solusi dari siaran MotoGP yang teracak di Ninmedia adalah mencari siaran Trans7 Ku-band yang masih menayangkan MotoGP secara free to air. Kebetulan memang ada beberapa pilihan, baca Frekuensi Trans7 Ku-band.

Yang sering disarankan oleh mastah di forum-forum parabola di facebook adalah,

Siaran Trans7 pada kedua satelit di atas sifatnya free to air sehingga bisa disaksikan dengan receiver Ninmedia anda. Freqnesia menyarankan tambah LNB untuk lock satelit di atas dalam 1 dish bersama Chinasat 11. Tutorial detail bisa dicari di youtube, gunakan kata kunci “gabung Ninmedia dan Garmedia”.

Sebuah video yang super banget adalah milik channel Parabola Kipas Dan Wajan yang mengajarkan kita lock 5 satelit Ku-band FTA populer. Mereka adalah Measat 3a, Chinasat 11, SES 9, Thaicom 4 dan JCSAT 4B. Tutorial bisa dicari dengan kata kunci “Cara pasang 5 LNB in 1 dish”.

Bagi anda yang sangat menyukai MotoGP, disarankan mencoba Nusantara HD. Alasannya karena di sana terdapat pilihan Trans7 dengan kualitas gambar HD. Siaran MotoGP pasti lebih bening dibandingkan layanan TV satelit lainnya. Di Nusantara HD juga ada paket Olahraga berbayar dengan channel Fox Sports.

Selain itu Nusantara HD merupakan bagian dari TransVision yang satu induk dengan Trans7. Andai suatu saat terjadi perubahan peraturan misal hak siar, siaran MotoGP di sana pasti paling aman. Seperti kita ketahui belakangan ini persaingan siaran TV satelit sangat ketat, masing-masing ingin terlihat lebih eksklusif dan berkelas.

Tambahan: banyak tracker handal yang menyarankan PPTV HD 36, pemegang hak siar MotoGP untuk wilayah Thailand. Kebetulan terdapat beberapa siaran di jalur Ku-band yang bisa dilock dengan receiver Ninmedia. Sayangnya jangkauan sinyal hanya sampai ujung utara pulau Sumatra, bagi yang tinggal di pulau Jawa ke timur pasti kesulitan lock karena outbeam. Siaran TV Thailand ini teracak dengan enkripsi BISS yang harus dibuka dengan bisskey terbaru.

Akhir Kata

Siaran MotoGP menghilang di Ninmedia Chinasat 11 disebabkan karena adanya pembatasan hak siar. Pengguna tidak bisa berbuat apa-apa, membeli receiver rekomendasi pun tidak berpengaruh. Hingga sekarang belum ada pilihan paket premium di sana yang menayangkan MotoGP.

Beruntungnya masih ada harapan siaran MotoGP yang free to air di satelit Ku-band lain yaitu Measat 3a dan JCSAT 4B. Keduanya bisa disaksikan dengan receiver Ninmedia sehingga tidak perlu membeli receiver baru. Nikmati saja tayangan MotoGP di sana selagi masih gratis.

Melihat trend program TV yang dieksklusifkan di Pay TV tertentu misal Indonesian Idol yang hanya di MNC Vision Networks. Membuat kita sedikit was-was, sewaktu-waktu bisa saja MotoGP eksklusif di TransVision dan Nusantara HD saja. Akhirnya pengguna receiver lain misal NEX Parabola, K-Vision, Ninmedia dan SMV Freesat hanya bisa gigit jari.

Alternatif lain jika tidak mau repot mengeser dish parabola adalah streaming MotoGP. Silahkan cara tanya ke mbah google untuk memperoleh link streaming terbaru. Kekurangannya kita harus menyediakan kuota yang cukup banyak dan kecepatan internet stabil agar bisa menyaksikan dengan lancar terutama kualitas HD.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *