Kenapa RCTI MNCTV Global TV Hilang di Parabola

RCTI, MNCTV dan Global TV (GTV) adalah tiga stasiun TV yang sama-sama berada di bawah Media Nusantara Citra (MNC Group). Tidak heran jika sering berada dalam transponder dan satelit yang sama, kalau menghilang pun pasti bersamaan.

Secara kualitas harus diakui channel dari MNC Group adalah salah satu yang terbaik di Indonesia. Ketiganya dikenal sebagai saluran TV Nasional yang sulit didapatkan di TV Digital Satelit, untuk antena Terestrial UHF masih aman.

Siaran yang dulu gratis untuk pengguna parabola jaring C-band dan dish mini Ku-band pun teracak acakan maut. Pertanyaannya kenapa rcti mnctv global tv hilang dari parabola?

Sejak bulan Juli 2019, tiga stasiun TV dari MNC Group ini hanya bisa ditonton pengguna parabola melalui Pay TV. Sebelumnya sejak April 2019, siaran RCTI selalu teracak di prime time (setiap malam) dan kembali cling di waktu lain.

Tenang kok bapak Hary Tanoe tidak sepelit itu, ketiga channel masih gratis asal pakai decoder rekomendasi milik TV Satelit Berlangganan seperti K-Vision, NEX Parabola dan Nusantara HD.

Dulunya syarat untuk nonton RCTI, MNC TV dan GTV gratis cukup aktivasi untuk pelanggan baru. Namun ada kebijakan baru di awal Januari 2022 (seperti gambar di bawah).

cara berlangganan paket cling K-Vision

Per 1 Januari 2022, di K-Vision channel RCTI, MNC TV, GTV dan iNews TV hanya bisa disaksikan sebagai bonus pembelian paket berlangganan.

Ini termasuk paket baru bernama CLING yang sangat murah dengan harga Rp.9.900 hari atau 99.000/ 12 bulan.

Jadi masih tetap gratis, cuma cara mendapatkannya saja yang berbeda. Kini tiap bulan kita harus berlangganan salah satu paket K-Vision, bukan cuma aktivasi di awal dan gratis selamanya.

Freqnesia tak masalah dengan kebijakan ini, asalkan paket CLING tetap Rp.9.900 dengan deretan channel sama. Murah lho Rp.9.900 dibagi 30 hari, hanya Rp.330/ hari.

Untuk siaran di Pay TV lain seperti NEX Parabola dan Nusantara HD kemungkinan gelap atau diisi program pengganti. Entah apa nanti yang akan terjadi, kita tunggu saja pengumumannya.

Ohya hingga sekarang channel MNC Group masih free to air di TV Digital untuk antena terestrial UHF walaupun untuk GTV zonk untuk TV Analog di beberapa daerah.

Sayangnya sinyal DVB-T2 dari MNC Group belum menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Kalaupun terjangkau sering kali siaran RCTI, MNCTV dan Global TV di digital hilang dan kembali.

Sedangkan untuk mendapatkan siaran di TV Kabel sepertinya sulit kecuali ada kerja sama dengan pihak MNC Group. Sering kali terdengar berita pengusaha TV kabel nakal yang ditangkap karena distribusi komersil channel MNC Group tanpa ijin.

Belakangan ini yang paling gencar adalah promosi layanan streaming yang gratis yaitu MeTube, RCTI+ dan Vision+ (dulu MNC Now, gratis trial 30 hari).

Menurut freqnesia dari semua pilihan, RCTI+ adalah yang terbaik. Berbeda dengan siaran di parabola dan UHF, streaming online ini bisa dipause, putar kembali bahkan ada On Demand TV. Kita bisa nonton siaran ulang 7 hari kebelakang. Tak perlu khawatir ketinggalan sinetron kesayangan seperti dulu.

Cara Mencari Siaran RCTI MNCTV GTV Hilang

Berlangganan Pay TV

Bagi anda yang masih ingin menonton channel MNC Group di parabola, wajib hukumnya menggunakan PayTV. Tidak harus berlangganan setiap bulan, MNC Group cukup baik dengan memberikan RCTI, MNCTV dan GTV gratis asalkan membeli receiver khusus.

Siaran gratis ini bisa dinikmati melalui penyedia layanan TV satelit populer seperti K-Vision, Nusantara HD dan NEX Parabola. Ketiganya memiliki paket terjangkau bagi masyarakat menengah ke bawah. Untuk paket yang lebih lengkap namun mahal ada di MNCVision dan TransVision.

Dari semua pilihan tersebut, Freqnesia menyarankan K-Vision. Alasannya karena K Vision adalah bagian dari MNC Vision Networks (MVN) yang berada di bawah MNC Group (setelah saham diakusisi pada Juli 2019). Dijamin paling aman jika ada peraturan yang berubah, harga paket juga relatif murah.

Sejak Februari 2020 banyak program acara yang tayang EKSKLUSIF di MVN saja, di tempat lain akan teracak, mengaktifkan batas atau diisi program pengganti dengan alasan Pembatasan Hak Siar. Program tersebut seperti MasterChef Indonesia season 6, Miss Indonesia 2020, Indonesian Idol, Billboard Music Awards 2020.

Pada Januari 2022 muncul kebijakan baru dimana RCTI, GTV, iNews dan MNCTV hanya bisa ditonton sebagai bonus beli paket berlangganan K-Vision.

Hal ini berbeda dengan promo di tahun 2019-2021 dimana keempat channel tersebut gratis setelah aktivasi dan top up pertama untuk pelanggan baru.

Pasti banyak yang bertanya bagaimana cara membuka acakan dari MNC Group. Sayang sekali acakan yang digunakan oleh PayTV adalah acakan maut bahkan siaran di Telkom 4 pun teracak Conax.

Tidak ada metode untuk menjebol enkripsi ini, satu-satunya cara ya membeli set top box rekomendasi. Freqnesia telah membahas lengkap di Cara Membuka Siaran TV yang Bertanda $.

Streaming Online

Di tahun 2022 banyak orang yang menggunakan Internet rumahan dan memiliki smart TV.

Dari pada harus mengeluarkan uang ekstra untuk berlangganan Pay TV lebih baik streaming saja. MNC sendiri memiliki beberapa layanan streaming yang menyediakan RCTI, GTV dan MNC TV free to air.

Kalian bisa menikmati melalui website resmi ataupun aplikasi yang bernama metube (metube.id), RCTI+ (rctiplus.com) dan Vision+ : Nonton TV & Film Streaming (visionplus.id).

Beberapa situs besar dari MNC juga mengambil video dari ketiga layanan tersebut untuk menyediakan video streaming seperti video.sindonews.com dan tv.okezone.com.

Di sini tidak hanya ada siaran langsung namun ada catch up yang bisa digunakan untuk nonton siaran yang ketinggalan. Jadi misal hari ini tanggal 7 Januari 2020, disediakan tayangan ulang hingga 1 Januari 2020. Lumayan banget bagi emak-emak yang tidak sempat nonton sinetron favoritnya.

RCTI

  • rcti.tv/livetv
  • metube.id/live/RCTI
  • rctiplus.com/tv/rcti
  • visionplus.id/channel/2/rcti/watch

MNC TV

  • mnctv.com/streaming
  • metube.id/live/MNCTV
  • rctiplus.com/tv/mnctv
  • visionplus.id/channel/4/mnc-tv/watch

Global TV atau GTV

  • gtv.id/livetv
  • metube.id/live/GTV
  • rctiplus.com/tv/gtv
  • visionplus.id/channel/3/gtv/watch
Cara Mencari Siaran RCTI MNCTV GlobalTV

Dari semua pilihan, Freqnesia menyarankan RCTI+ karena saat ini semua bisa dinikmati gratis tanpa harus login. Ini termasuk Catch Up, cuplikan di balik layar, adegan yang salah dan Library dari Sinetron, Sitcom, Film TV lawas yang dulu tayang di RCTI, MNC TV, iNews dan Global TV.

Apakah layanan streaming dari MNC Group ini akan gratis selamanya? Jelas tidak, lihat saja Vision+ yang sekarang mengharuskan kita registrasi untuk menikmati siaran trial selama 30 hari. Nikmati saja selagi gratis sambil berdoa semoga jaringan Terestrial UHF makin luas sehingga menjangkau masyarakat pelosok.

Akhir Kata

RCTI MNCTV Global TV hilang di parabola terjadi karena siaran yang berubah menjadi premium eksklusif. Pengguna parabola hanya bisa menikmatinya melalui K-Vision, MNC Vision, NEX Parabola dan Nusantara HD/ TransVision.

Per 1 Januari 2022 ada kebijakan baru yang mengubah aturan siaran gratis dari yang bonus aktivasi untuk pengguna baru menjadi bonus pembelian paket premium

Tidak ada cara menjebol siaran yang mengaktifkan batas atau teracak seperti penggunaan Bisskey, PowerVu ataupun Tandberg. Yang paling murah untuk pengguna antena parabola ya FTV dari Pay TV di atas.

Harga receiver kurang lebih Rp.300.000-an (bisa lebih tergantung daerah). Sebelum membeli pertimbangkan bonus channel, harga dan paket premium yang diberikan.

Cara mencari siaran RCTI, MNC TV dan Global TV selain di Pay TV adalah streaming melalui beberapa layanan milik MNC seperti MeTube, RCTI+ dan Vision+. Siaran channel MNC Group juga masih gratis di Terestrial UHF, sayangnya hanya di analog saja sedangkan digital belum ada.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *