Set Top Box Tidak Ada Suara

Masalah set top box tidak ada suara bisa sangat menjengkelkan bagi pengguna, terutama jika mereka mengalami kesulitan dalam memahami masalah tersebut. Hal ini bisa mengganggu pengalaman menonton TV, dan bisa menjadi masalah yang sulit diatasi tanpa pengetahuan teknis yang cukup.

Berbagai masalah dapat mempengaruhi kinerja audio pada STB, termasuk kabel audio yang terlepas, masalah pengaturan, kerusakan pada speaker TV, masalah dengan kabel HDMI – RCA, atau kerusakan pada set top box itu sendiri.

Jika Anda mengalami masalah ini, artikel ini akan membantu Anda memahami penyebabnya dan cara mengatasinya. Setiap masalah memiliki solusi yang berbeda, jadi pastikan untuk membaca seluruh informasi dan menemukan cara yang paling sesuai untuk masalah STB Anda.

1. Restart Set Top Box

Restarting adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki masalah pada set top box, termasuk masalah suara yang tidak keluar atau tidak jelas. Memang tidak ada tombol restart namun bisa dilakukan dengan mematikan set top box dan kemudian menghidupkannya kembali.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk melakukan restart pada set top box:

  1. Matikan set top box dengan menekan tombol power atau dengan melepaskan kabel daya dari stop kontak.
  2. Tunggu selama beberapa detik (sekitar 30 detik) sebelum menghidupkan kembali set top box. Ini memberikan waktu yang cukup bagi untuk sepenuhnya mematikan semua proses dan memori cache.
  3. Nyalakan kembali set top box dengan menekan tombol power atau menyambungkan kabel daya ke stopkontak.
  4. Tunggu hingga set top box sepenuhnya menyala dan menampilkan tampilan di layar TV.

Setelah STB dihidupkan kembali, Anda dapat mencoba menyalakan suara dan memeriksa apakah masalah telah teratasi. Jika tidak, maka ada kemungkinan masalah terletak pada kabel atau pengaturan audio pada perangkat TV atau set top box.

2. Cek Kabel Audio dari STB ke TV

Kabel audio yang terlepas atau kabel audio yang tidak terhubung dengan benar adalah salah satu penyebab umum mengapa suara tidak terdengar dari STB. Kabel audio ini terpasang antara set top box dan TV yang berfungsi membawa sinyal audio.

Untuk memperbaiki masalah ini, pastikan bahwa kabel audio telah terhubung dengan benar pada kedua ujungnya. Tidak ada salahnya dicopot dulu lalu dipasang kembali, kali ini pastikan terpasang dengan benar. Hati-hati sebaiknya copot dulu TV dan STB dari colokan listrik agar tidak kesetrum.

Anda juga dapat mencoba untuk memeriksa apakah ada kerusakan pada kabel, seperti retakan atau patah pada kabel. Jika kabel rusak, maka akan perlu diganti dengan yang baru.

Bagi yang punya kabel RCA atau HDMI lain, silahkan dicoba dulu. Jika TV bisa mengeluarkan suara dengan kabel baru, bisa dipastikan kabel lama itu rusak. Sebaliknya jika tetap tidak ada suara berarti ada masalah di tempat lain.

3. Cek Pengaturan Volume STB dan TV

Masalah pengaturan baik itu di STB dan TV dapat menyebabkan suara tidak keluar atau tidak jelas. Pengaturan audio yang dimaksud itu seperti pengaturan volume, dimute/ disunyikan dan mode suara.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memeriksa dan menyelesaikan masalah pengaturan pada set top box:

  1. Pastikan pengaturan volume pada set top box tidak terlalu rendah atau dalam mode senyap. Jika volume terlalu rendah, maka suara tidak akan terdengar. Jika volume dalam mode senyap, maka suara tidak akan keluar sama sekali. Pastikan volume sudah diatur dengan benar.
  2. Pastikan tidak sedang dimute yang biasanya ditandai dengan logo speaker disilang. Jika memang tidak sengaja di mute, segera nonaktifkan agar suara terdengar kembali.
  3. Beberapa set top box dan TV memiliki mode suara yang dapat diatur untuk meningkatkan kualitas suara atau mengoptimalkan suara untuk jenis program yang ditonton. Pastikan mode suara sudah diatur dengan benar.

Terkadang, pengaturan audio disetel secara tidak sengaja atau diubah oleh orang lain yang menggunakan TV Anda, sering terjadi pada anak-anak. Jangan buru-buru menduga adanya kerusakan pada STV ataupun speaker TV, cek dulu pengaturan volume.

4. Kerusakan pada Speaker TV

Untuk memeriksa apakah kerusakan ada pada speaker TV, Anda dapat mencoba menghubungkan perangkat audio lain ke TV untuk memeriksa apakah suara masih tidak keluar atau tidak jelas. Jika suara masih tidak keluar atau tidak jelas, maka masalah mungkin terletak pada speaker TV itu sendiri.

Jika speaker TV rusak, maka diperlukan perbaikan atau penggantian speaker oleh teknisi yang terlatih atau pihak yang berwenang. Anda juga dapat mempertimbangkan menggunakan soundbar atau sistem speaker eksternal sebagai alternatif jika speaker TV mengalami kerusakan atau tidak dapat diperbaiki.

5. Masalah dari Set Top Box

Masalah teknis pada set top box seperti kerusakan pada bagian internal perangkat, software corrupt atau kegagalan perangkat keras dapat menyebabkan suara tidak keluar.

Anda dapat mencoba mereset pengaturannya ke pengaturan bawaan pabrik. Ini akan mengembalikan pengaturan audio pada set top box ke kondisi awal dengan harapan dapat membantu memperbaiki masalah pengaturan yang tidak biasa.

Pastikan set top box anda menggunakan Firmware terupdate agar selalu bisa menggunakan fitur lengkap yang ditawarkan.

Tidak ada salahnya bergabung dengan grup facebook pengguna Set Top Box dari merek yang digunakan. Banyak dari anggota yang memberikan tips dan saran untuk menyelesaikan semua masalah berkaitan dengan STB.

Jika masalah tidak dapat diatasi dengan melakukan pemeriksaan dan penyesuaian sederhana pada set top box, maka sebaiknya Anda membawa set top box ke pusat layanan teknis atau hubungi teknisi terlatih untuk mendapatkan perbaikan yang lebih lanjut.

Kesimpulan

Dalam kesimpulannya, masalah tidak adanya suara pada Set Top Box adalah masalah umum yang sering terjadi dan bisa mengganggu pengalaman menonton TV Anda. Namun, dengan memahami penyebabnya dan melakukan langkah-langkah sederhana untuk memperbaikinya.

Jika masalah belum teratasi dengan tips di atas, silahkan memeriksanya ke pusat layanan teknis atau memanggil teknisi terlatih untuk memperbaikinya.

Untuk kerusakan kecil mungkin cuma butuh biaya perbaikan kurang dari 100.000 rupiah. Apabila dimintai biaya lebih mahal, lebih baik membeli STB baru saja. Belakangan ini harga STB baru dipasaran mulai ada sedikit penurunan dibandingkan tahun lalu.