Daftar Stasiun TV yang Sudah Siaran Digital

Daftar Stasiun TV yang Sudah Siaran Digital

Seperti kita ketahui sistem penyiaran digital sangat dibutuhkan untuk kemajuan dunia penyiaran. Banyak negara di dunia yang sudah migrasi dari siaran analog ke digital DVB-T2. Bahkan negara tetangga, Malaysia sudah switch off analog sejak 31 Oktober 2019. Bagaimana dengan Indonesia? Apa saja Stasiun TV yang sudah siaran digital?

Pastinya sudah banyak masyarakat yang tahu tentang artikel Roadmap TV Digital Indonesia yang diposting Kominfo pada tahun 2013. Di sana tertulis bahwa rencana analog switch-off secara Nasional dilakukan pada awal 2018. Untuk mencapai target dalam Roadmap, Kominfo gencar melakukan sosialisasi TV digital sejak akhir 2012. Tidak hanya langsung ke masyarakat, Kominfo juga mengenalkan siaran digital melalui sosial media dan website.

Sayangnya hingga tahun 2020 sinyal digital terestrial hanya mengcover sebagian wilayah Indonesia. Masyarakat pelosok hanya dapat sedikit daftar channel tv digital, berbeda dengan masyarakat kota yang dapat 20-40 saluran TV digital. Oh iya pada bulan November 2019, digitalisasi kembali dibahas terkait dengan pengesahan RUU penyiaran. Menteri Kominfo Johnny G. Plate mengatakan “Persiapan digitalisasi akan selesai selambatnya tahun 2024. Di (tahun) itulah analog mati dan muncul keseluruhan televisi digital” (dikutip dari bisnis.com).

Stasiun TV yang Sudah Siaran Digital

Saat ini kita berada dalam fase simulcast yang akan berlangsung sampai tahun 2024, masa dimana layanan siaran TV analog dan digital dilakukan secara bersamaan. Stasiun TV terus memperbaiki kualitas siaran, infrastruktur dan sumber daya. Jadi jangan heran apabila ada channel yang datang dan menghilang.

Freqnesia tidak menyarankan buru-buru membeli receiver TV digital terestrial. Banyak netizen yang mengaku hanya dapat 2-3 channel TV saja bahkan ada yang Zonk. Sebaiknya tunggu dulu apakah rencana switch off analog pada 2024-2025 bisa terealisasikan dengan baik. Di tahun 2020 kalau ingin banyak channel lebih bagus memakai TV digital satelit (DVB-S2).

Setiap daerah pasti mendapatkan jumlah saluran TV yang beda, makin dekat dengan kota makin banyak channelnya. Freqnesia telah menghimpun data dari internet (sosial media dan website). Berikut ini adalah daftar saluran TV yang sudah siaran digital di berbagai daerah Indonesia. Informasi ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Kenapa MNC Group Tidak Ada di TV Digital

Daftar channel TV digital berikut ini bisa ditangkap dari Jakarta per tanggal 1 Januari 2020. Untuk RCTI, MNCTV, GTV dan iNews dari MNC Group memang tidak ada di digital sudah lama sekali. Sedangkan kedua channel dari EMTEK yaitu SCTV dan Indosiar menghilang pada akhir tahun lalu, konon katanya sudah habis ijin digitalnya. Begitu juga NET yang kemungkinan sedang OFF namun tidak menutup kemungkinan akan ON kembali dalam waktu dekat.

  • mux 32 (562MHz): MetroTV HD, MetroTV SD, MagnaTV, BNTV, BBSTV
  • mux 34 (578MHz): TVONE DIGITAL, ANTV DIGITAL, SPORT ONE, TVONE2
  • mux 36 (594MHz): Berita Satu, Berita Satu World
  • mux 40 (626 Mhz): TRANSTV, TRANS7, CNN INDONESIA
  • mux 42 (642MHz): TVRI Nasional, TVRI DKI, TVRI 3, TVRI Sport HD, DAII TV, TVMu, NUSANTARA TV, TempoTV, InspiraTV, BadarTV, KompasTV, GramediaTV
  • mux 48 (690 MHz): RTV-1 HD, RTV-2 HD

Untuk daerah sekitar Jakarta kurang lebih mirip dengan yang di atas, makin jauh yang tersedia hanya empat channel TVRI saja yaitu TVRI Nasional, TVRI Sports HD, TVRI 3, TVRI Daerah. Sebagai stasiun TV Nasional, TVRI merupakan televisi yang punya jangkauan sinyal digital terestrial terluas.

  • Bekasi pada Desember 2019: Total 30 channel seperti 4 channel TVRI, BNTV, ANTV, TransTV, MetroTV, BBS TV Jakarta, Sport One, Trans7, MagnaTV, tvOne, tvMu, DAAI TV, Nusantara TV, CCN Indonesia, InspiraTV, Kompas TV, IVM, KTI, GramediaTV, RTV, TempoTV, BadarTV, SCTV dll
  • Depok pada Januari 2020: total 29 seperti 4 channel TVRI, TVmu, TempoTV, NusantaraTV, InspiraTV, BadarTV, KompasTV, GramediaTV, RTV1, RTV2, tvOne, ANTV, SportOne, tvOne2, Berita Satu, Berita Satu World, TransTV, CNN Indonesia, Trans7 yang minus itu EMTEK, MNC Group dan Net
  • Bogor pada Maret 2020: total 31 channel minus MNC Group dan EMTEK
  • Medan pada Maret 2020: 4 channel TVRI, TransTV, Trans7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia
  • Cianjur pada Maret 2020: 4 channel TVRI, Trans7, TransTV, CNN Indonesia, CNBC Indonesia, MetroTV, E-Channel, PersadaTV, InspiraTV, NusantaraTV
  • Indramayu pada Januari 2020: 4 channel TVRI, TransTV, Trans7, MetroTV
  • Cirebon pada Januari 2020: 4 channel TVRI, TransTV, Trans7, MetroTV
  • Purbalingga pada Maret 2020: 4 channel TVRI, tvOne, MetroTV, Trans7, TransTV
  • Pekalongan pada Januari 2020: 4 channel TVRI, RTV, TransTV, Trans7
  • Purwokerto pada Desember 2019: 4 channel TVRI, TransTV, Trans7, MetroTV, tvOne
  • Semarang pada Februari 2020: 4 channel TVRI, TVKU, TransTV, Trans7, MetroTV, CNN Indonesia, CNBC Indonesia
  • Salatiga pada Desember 2019: 4 channel TVRI, Trans7, TransTV
  • Boyolali pada Januari 2020, 4 channel TVRI, Trans7, CNN Indonesia, TransTV
  • Surakarta/ Solo pada Maret 2020: 4 channel TVRI, MetroTV, InspiraTV, TV MU, Tegar TV, CNBC Indonesia, CNN Indonesia, TA TV, Nusantara TV, TransTV, Trans7
  • Bantul Yogyakarta pada Februari 2020: 4 channel TVRI, InspiraTV, NusantaraTV, TegarTV, TA TV, TV MU, TransTV, Trans7, CNN Indonesia, CNBC Indonesia
  • Madiun pada Februari 2020: BBS TV, MetroTV
  • Magetan pada Februari 2020 (rumah admin): MetroTV, BBS TV
  • Kediri pada Maret 2020: Trans7, TransTV, CNN Indonesia, BBS TV, MetroTV
  • Bojonegoro pada Desember 2019: BBS TV, MetroTV
  • Jember pada Maret 2020: BSS TV, MetroTV, Trans7, TransTV
  • Mojokerto pada Desember 2019: 4 channel TVRI, TransTV, Trans7, CNN Indonesia, NusantaraTV, InspiraTV, SBO TV
  • Gresik pada November 2019: 4 channel TVRI, CNN Indonesia, TransTV, Trans7, NusantaraTV, SBO TV, InspiraTV
  • Surabaya pada November 2019: 4 channel TVRI, Trans7, TransTV, CNN Indonesia, MetroTV, BBS TV, NusantaraTV, InspiraTV, SBO TV
  • Banyuwangi pada Januari 2020: 4 channel TVRI, MetroTV, BBS TV
  • Bali pada Januari 2020: 4 channel TVRI
  • Samarinda pada Maret 2020: 4 channel TVRI, TransTV, Trans7, CNN Indonesia, MetroTV, CNBC Indonesia
  • Martapura pada Maret 2020: 4 channel TVRI, InspiraTV, CNN Indonesia, Trans7, TransTV
  • Makassar pada Januari 2020: 4 channel TVRI, InspiraTV, NusantaraTV

Untuk kalian yang tinggal dekat Malaysia dan Singapura bisa lho dapat TV luar negeri. Kualitas siaran HD dengan gambar bening karena mereka sudah switch off analog dan fokus ke digital saja. Indonesia wajib nunggu 2024, harap maklum karena negara kita kepulauan dengan wilayah yang luas.

Kenapa MNC Group Tidak Ada di TV Digital?

Freqnesia sering mendengar keluhan masyarakat Jabodetabek yang belum mendapatkan siaran MNC Group. Sebenarnya RCTI dan kawan-kawannya sudah pernah siaran di digital lho. Berikut ini adalah jejak digital dari fanspage resmi TVdigital Kominfo yang diposting pada Juni 2015.

daftar channel tv digital gratis

Dulu RCTI, MNCTV dan Global TV menempati mux 24 / frekuensi 498 Mhz untuk wilayah Jabodetabek. Silahkan dicek sendiri namun pasti tidak ketemu karena memang sudah OFF Air. Tidak ada solusi untuk mencari siarannya, masyarakat wajib menunggu siaran ON. Untuk menonton MNC Group sebaiknya kembali ke analog walaupun kualitas gambar tidak sebening digital.

Kominfo menyebutkan bahwa Saat ini memang ada Stasiun Tv yang masih ada kalanya Off Air karena pada masa Trasnsisi ini masih banyak hal yang harus disempurnakan di penyiaran ,baik di lapangan mau pun kondisi di management stasiun Tv yang bersangkutan, namun dalam waktu yg tidak lama lagi akan kembali On Air. Terimakasih untk info lebih lanjut Hub Call Center 1500 801.

Menurut freqnesia, kominfo saat ini masih menunggu pengesahan Revisi RUU Penyiaran yang akan menjadi payung hukum proses digitalisasi Indonesia. Banyak pihak termasuk KPI optimis bahwa RUU Penyiaran sudah siap pada tahun 2020. Setelah itu proses migrasi dari siaran analog ke digital kembali dijalankan.

Oh iya saat artikel ini ditulis, website official untuk informasi TV Digital yaitu tvdigital.kominfo.go.id tidak bisa diakses. Akun sosial media yang dulunya dipakai untuk sosialisasi dan menjawab pertanyaan masyarakat juga lama tidak terurus. Silahkan cek sendiri di Facebook @TVdigital.kominfo, instagram @Kominfo_tvdigital, twitter @TVDigital_IDN dan pinterest @TV digital Kominfo.

Akhir Kata

Saat ini banyak stasiun TV yang sudah siaran digital walaupun ada yang OFF sementara. Saluran TV dengan jangkauan siaran digital mencapai berbagai daerah adalah TVRI yang merupakan stasiun TV nasional. Selain itu ada channel televisi milik TransMedia dan tak lupa MetroTV.

Siaran digital DVB-T2 telah kehilangan banyak channel TV Nasional favorit. Sekarang tidak pantas diperjuangan dengan membeli receiver mahal dan memasang antena setinggi-tingginya. Kita tunggu saja keseriusan Kominfo melakukan migrasi di beberapa tahun mendatang.

Freqnesia menyadari bahwa informasi di atas jauh dari sempurna. Kami berharap bantuan teman-teman untuk berbagi daftar channel TV digital di kota anda agar bisa dijadikan acuan teman-teman lain. Silahkan komenter di kolom bawah ya. Sebelumnya terima kasih atas bantuannya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *