TV yang Menyiarkan Copa America 2021 di Parabola

TV yang Menyiarkan Copa America 2021 di Parabola

Kompetisi sepak bola bergengsi benua Amerika Selatan segera dimulai. Namun belum jelas TV yang menyiarkan Copa America 2021 di parabola wilayah Indonesia. Channel mana yang memegang hak siar pada tahun 2021?

Turnamen ini akan menjadi gelaran Copa America ke 47 yang dimulai pada 13 Juni dan berakhir 10 Juli 2021. Awalnya bakal diselenggarakan di dua negara yaitu Argentina dan Kolombia. Namun karena adanya unjuk rasa terhadap President Ivan Duque, status Kolombia sebagai tuan rumah dicopot.

Total ada sepuluh Negara CONMEBOL yang mengikuti Copa Amerika 2021 dan terbagi dalam 2 group. Akan ada banyak pemain bintang yang unjuk kebolehan menggocek si kulit bundar. Tidak heran apabila turnamen ini selalu diminati masyarakat termasuk pengguna parabola C-band dan Ku-band.

Cara Nonton Copa America 2021 di Parabola

Sudah bulan Juni 2021 namun belum ada kabar tentang siapa pemegang hak siar Copa America 2021 untuk wilayah Indonesia. Bandingkan dengan EURO 2020 yang dimulai pada minggu yang sama. Sekarang sudah ada MNC Group melalui RCTI dan K-Vision untuk menyiarkan turnamen benua Eropa tsb.

Mari kita tengok sejarah, K-Vision lah yang menyiarkan gelaran Copa America pada beberapa tahun terakhir. Mulai dari 2015, Centenario 2016 dan 2019. Wajar rasanya jika tahun 2021 juga ada di K-Vision.

Alasan lain adalah Bein Sports yang mendapatkan hak siar untuk beberapa negara. Kita tahu bahwa Bein Sports bekerja sama dengan K-Vision dengan menghadirkan paket BEIN.

Namun sekarang K-Vision sudah punya Euro 2020, mereka sangat gencar promosi pada sebulan terakhir. Apakah 2 kompetisi kelas dunia ini bakal masuk ke dalam 1 paket murah?

Andai ini terjadi hanya pemilik receiver K-Vision pasti akan bahagia. Namun sebaliknya NEX Parabola dan Nusantara HD harus gigit jari. Harapan lain adalah siaran gratis/ FTA di jalur UHF Terestrial.

Pemegang Hak Siar Copa America 2021

Seperti biasa kalau tak ada harapan resmi dari channel dan Pay TV Indonesia maka kita dapat mencari siaran luar negeri. Satelit itu jangkauannya luas, cukup mudah menangkap siaran asalkan alat tempur mumpuni.

Berikut ini adalah channel dari negera tetangga yang mungkin saja disiarkan FTA dan bisa ditangkap dari Indonesia,

NegaraChannel
MalaysiaRTM
BruneiRTB
RusiaMatch TV
KambojaCBS Group
VietnamFPT Telecom

Terlihat adanya CBS Group dari Kamboja yang terkenal dengan ketika channel TV, Mytv, CTN, CNC. Ada juga FPT Telecom yang memiliki VTV. Radio Television Brunei juga ada, channel ini sempat viral karena menyiarkan Piala Dunia FTA di 2014.

Yang jadi pertanyaan channel mana yang akan menyiarkan Free to Air? Seperti kita semua ketahui, dalam dua tahun terakhir siaran bola FTA itu sulit dicari. Kebanyakan siaran negara tetangga pasti terenkripsi acakan maut. Tidak ada yang tahu sebelum nanti Copa America dimulai pada 13 Juni 2021.

Match TV yang berada di satelit Yamal 601 49.0°E juga populer belakangan ini. Channel dari Rusia ini sering menayangkan turnamen bola secara Free to Air. Sayang cukup sulit menangkap sinyal satelit karena Indonesia outbeam.

Cara nonton Copa America 2021 yang paling ditunggu tentu saja feed di Asiasat 5. Sudah banyak tracker yang siap lock satelit yang ada di 100.5° Bujur Timur ini. Meskipun bakal teracak BISS namun dapat dibuka dengan bisskey Copa America 2021 terbaru.

Bagi yang tidak bisa bobol sendiri, pantengin saja grup dan halaman Facebook pengguna parabola. Dijamin sebulan kedepan grup bakal ramai karena ada dua kompetisi bergengsi yang digelar berbarengan. Jangan lupa berterima kasih pada para mastah yang telah membantu.

Kesimpulan

Hingga sekarang belum ada informasi tentang pemegang hak siar wilayah Indonesia. Prediksi kemungkinan ada di channel Bein Sports HD 1 atau Bein Sports 2 yang ada di K-Vision.

Pilihan bagi pengguna parabola jaring C-band tentu saja feed di Asiasat 5 yang teracak BISS. Satelit ini mudah dilock dari Indonesia bahkan bisa digabungkan dengan Telkom 4.

Channel yang diprediksi menyiarkan Free to Air adalah Match TV di Yamal 601. Sayang sangat sulit menangkap sinyalnya karena wilayah Indonesia outbeam.

Itulah cara nonton Copa America 2021 di Parabola. Kompetisi sepak bola yang diselenggarakan oleh CONMEBOL ini bakal diikuti 10 tim saja. Mereka adalah Brazil, Kolombia, Ekuador, Peru, Venezuela, Argentina, Bolivia, Chile, Paraguay dan Uruguay. Sayang sekali dua tim undangan (Qatar dan Australia) tidak bisa hadir karena pandemi Covid 19.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *